Kunyit jadi salah satu rempah-rempah yang populer di Amerika bagian tengah dan Asia, termasuk Indonesia. Pusat Medis Universitas Maryland juga meneliti bahwa sifat antioksidan curcumin mampu memerangi radikal bebas, sehingga terhindar dari berbagai penyakit kronis.  Di sisi lain, kunyit juga dianjurkan bagi yang ingin diet menurunkan berat badan guna terhindar dari diabetes dan obesitas. Kunyit dapat menekan respons peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Hal itu dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol dalam tubuh. Kunyit juga memiliki zat yang mampu larut dalam lemak.
intip beberapa manfaat Kunyit yuk!

1Mencegah penyakit jantung Penyakit jantung

Kunyit diketahui dapat mencegah penyakit jantung karena mengandung kurkumin yang mampu meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.  Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas kunyit dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

2Mengurangi depresi

Studi menunjukkan bahwa konsumsi kunyit mampu mengurangi gejala depresi. Hal ini dikarenakan, kurkumin dalam kunyit dapat membantu antidepresan bekerja lebih baik.

3Sembelit

Jika Anda sering mengalami sembelit, kunyit bisa menjadi salah satu penolong anda. Anda bisa minum air rebusan kunyit untuk membantu melancarkan buang air besar akibat sembelit yang sedang Anda alami.

4Asam lambung

Kunyit efektif sebagai obat herbal untuk asam lambung.  Melansir dari Kompas.com, Anda cukup mengeringkan kunyit dan menumbuknya sampai halus.  Setelah itu, Anda seduh bubuk kunyit dengan air hangat lalu minum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here