Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,halo sahabat kanal sejarah islam kali ini kita akan membahas sejarah pertempuran ankara perang antar saudara muslim bayezid vs timur lenk.

Ankara.

gambar istimewa

Pertempuran Ankara atau Pertempuran Anggota adalah pertempuran yang berlangsung pada tanggal 20 Juli 1402 di lapangan Cubuk(dekat Ankara) antara tentara Sultan Utsmaniah Bayezid I melawan tentara Timur, penguasa Dinasti Timuriah. Pertempuran ini berhasil dimenangkan oleh Timur, dan mengakibatkan terjadinya periode krisis bagi Kesultanan Utsmaniyah. Namun, Dinasti Timuriyah mengalami kemunduran setelah kematian Timur yang hanya tiga tahun setelah pertempuran ini, sementara Utsmaniyah berhasil pulih dan semakin bangkit selama dua hingga tiga abad kemudian.

Bayezid I.

gambar istimewa

Bayezid dikenal sebagai sosok yang sangat pemberani, cerdas, murah hati, dan demikian ambisi untuk melakukan perluasan wilayah Utsmani. Oleh karena itulah dia menaruh perhatian besar pada masalah kemiliteran dan berencana menaklukkan negara-negara Kristen di Anatolia. Hanya dalam jangka waktu setahun, negara-negara itu telah berada di bawah kekuasaan pemerintahan Utsmani. Dalam geraknya Bayezid I digambarkan laksana kilat di antara dua front Balkan dan Anatolia. Oleh karena itu, dia diberi gelar “Sang Kilat” (Bahasa Turki: Yıldırım). Dia juga menghimpun satu dari pasukan terbesar dan terbanyak pada masa itu guna melakukan pengepungan terhadap Konstantinopel, meski misi tersebut pada akhirnya tidak berhasil.

Secara de facto, masa kekuasaan Bayezid berakhir saat kekalahannya pada Pertempuran Ankara dari Timur Lenk yang menyebabkan penawanan dirinya dan berujung pada mangkatnya pada Maret 1403. Sepeninggalnya, Utsmani memasuki masa kekosongan karena anak-anaknya saling berperang menjadi penguasa tunggal negara.

Sebagai Sultan ia mengambil istri seorang putri Serbia yang memantapkan posisinya di pintu eropa. pernikahan tersebut juga mendatangkan korps kavaleri berat Serbia yang terkenal kuat ke dalam pasukannya. ditambah dengan pasukan Janissaries yang semakin matang, pada saat itu kekuatan militer Ottoman menjadi yang terkuat di kawasan menggantikan Romawi Timur yang masa-masa kejayaannya sudah usai ratusan tahun silam.

Baca Juga :  Kebenaran Al-Qur'an Terbukti!! AIR Di Lautan Tidak Tercampur
gambar istimewa

Ada beberapa sebab yang menimbulkan bentrokan antara Timur Lenk (orang Eropa masa itu menyebutnya Tamerlane) dan Bayezid I, yakni:

  • Para petinggi di Irak yang negerinya kini dikuasai Emir Timur meminta perlindungan pada Bayezid, sebagaimana para penguasa di Asia Kecil meminta perlindungan pada Timur Lenk. Akibatnya, pada kedua sisi pihak yang meminta perlindungan ini selalu mendorong terjadinya perang melawan pihak yang lain.
  • Provokasi-provokasi Kristen terhadap Timur Lenk untuk menumpas Bayezid.
  • Adanya surat-surat yang membakar dari kedua belah pihak. Dalam salah satu surat yang dikirim Timur Lenk pada Bayazid, dia menyatakan penghinaan yang sangat pedas tatkala dia menyebutkan secara implisit tentang ketidakjelasan asal usul garis keturunannya. Dia menawarkan pengampunan atasnya, karena dia telah menganggap Utsmaniyah telah banyak membaktikan diri untuk kepentingan Islam. Dia mengakhiri suratnya – sebagai pimpinan Turki – dengan mengecilkan posisi Bayazid yang telah menerima tantangan dan yang dengan terang-terangan mengatakan bahwa dia akan melawan Timur Lenk yang akan merampas kesultanannya.
  • Kedua pemimpin ini sama-sama berusaha untuk meluaskan wilayah kekuasaannya.

BACA JUGA http://Al Jazari Tokoh Muslim Terciptanya Robot

Nah untuk info selanjutnya? Yuk langsung aja mampir ke youtubenya “KanalPedia Islam”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here