32.8 C
Jakarta
Sunday, August 7, 2022

Asal Mula TikTok, Diganderungi Milenial tapi Penuh Kontroversial

Channel E –  Aplikasi Tiktok hingga kini masih diganderungi milenial di seluruh Indonesia. Namun, di India, TikTok dijegal lantaran memanasnya hubungan diplomasi kedua negara di perbatasan Himalaya.

Zhang Yiming yang merupakan lulusan software engineer dari Universitas Nankai mendirikan perusahaan teknologi ByteDance pada Maret 2012. Lewat perusahaannya inilah Yiming mengembangkan aplikasi TikTok.

TikTok dikembangkan sebagai pembuat video pendek yang memiliki misi untuk merekam dan menyajikan kreativitas serta momen berharga. TikTok memungkinkan setiap orang untuk menjadi kreator dan mendorong pengguna untuk membagikan ekspresi kreatif melalui video berdurasi 15 detik.

TikTok pun mudah digunakan lantaran sederhana dan membuat siapapun bisa menjadi kreator. Aplikasi yang di negara asalnya dikenal dengan nama Douyin ini secara resmi pada September 2016.
Sepanjang tahun 2018, aplikasi TikTok merajai App Store dengan 500 juta kali unduhan lebih. Sebagian besar pengguna TikTok diketahui merupakan anak muda. Hal tersebut sesuai target TikTok yang menyasar pengguna generasi muda.

Zhang Yiming sang pembuat TikTok pun meminta karyawan membuat video di aplikasi garapannya. Bahkan perusahaan mengadakan kompetisi untuk mengumpulkan banyak like dari video TikTok yang diunggah. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk promosi dan ajang seru-seruan.

Kesuksesan Tik Tok pun berdampak positif bagi ByteDance terutama Yiming. Berkat TikTok, kekayaan Yiming sebagaimana dilansir dari Forbes mencapai USD16,2 miliar atau Rp233,5 triliun.
Meski TikTok dijegal di India, namun Zhang Yiming tetap menempati ranking 61 orang terkaya dunia versi Forbes.

Tik Tok Berhasil Mengakuisisi Musical.ly

Tik Tok aplikasi buatan China ini memang sudah mendulang kesuksesan besar. Bahkan sudah banyak endorsement yang memanfaatkan aplikasi ini untuk mempromosikan produknya. Oleh itu, tidak heran jika Tik Tok mulai membuka program bernama Tik Tok Ads.

Baca Juga :  Asal Usul Covid-19, Pasar Wuhan Disebut Pusat Awal Pandemi

Tetapi sejarah aplikasi Tik Tok yang Mendunia bukan hanya sampai di sini. Perusahaan yang menaungi Tik Tok sekarang bahkan berhasil mengakuisisi Musical.ly pada akhir 2017. Ini membuat di Tik Tok ada banyak lagu dan musik yang bisa dimaksimalkan oleh penggunanya.

Tik Tok yang Mendunia

Berawal dari aplikasi Douyin yang dibuat untuk konsumsi masyarakat China, kini Tik Tok telah berhasil menginvasi dunia. Di Indonesia sendiri, popularitas Tik Tok sudah tidak diragukan lagi. Ada banyak video lucu kreatif yang tersebar di Tik Tok dan juga merambah ke Instagram.
Syukurnya meskipun sempat diblokir di Indonesia karena dianggap tidak mendidik, kini Tik Tok kembali aktif. Kreator Tik Tok dari Indonesia juga sudah menyajikan beberapa fakta menarik dan ilmu bermanfaat melalui aplikasi tersebut.

Dari China untuk Dunia

Pada awal ekspansinya, TikTok menjadi viral dengan cepat, khususnya di Jepang dan Thailand. TikTok menjadi aplikasi gratis yang paling banyak diunduh di dua App Store masing-masing negara pada 2017. Di Indonesia, TikTok juga sempat viral pada 2018. Namun, berbeda seperti sekarang, saat itu kreator TikTok di Indonesia mengalami bully-an karena dianggap aneh. Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) bahkan sempat memblokir TikTok karena dianggap tidak mendidik.
Saat ini TikTok kembali populer di Indonesia dengan kreator yang lebih beragam. Mulai dari orang biasa yang sekadar mengisi waktu luang dengan membuat video TikTok, sampai merambah ke artis dan pejabat. Di Amerika Serikat, TikTok bahkan membantu melambungkan nama Lil Nas yang mempromosikan lagunya, “Old Town Road” sebagai meme di TikTok. (ERA) Itulah sejarah aplikasi Tik Tok yang Mendunia. Semoga bermanfaat, ya.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

Baca Juga :  5 Cocokologi Asal Usul Kota Versi Warganet

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,360SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles