Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh halo sahabat kanal dunia Islam, kali ini kita akan membahas fakta fakta menarik masjid Al Aqsa

1). Situs suci umat muslim menjadi kiblat saat sholat dan menjadikan Al Aqsa sebagai kiblat pertama dalam Islam, kiblat itu kemudian merubah arah menjadi menghadap Ka’bah setelah Nabi Muhammad Saw mendapat perintah dari Allah SWT, untuk menjadikan ka’bah sebagai kiblat dalam surah Al Baqarah.

masjid al aqsa
masjid al aqsa

2). Kubah batu menjadi kubah pertama di dunia dalam sejarah arsitektur Islam, kubah ini dibangun oleh Abdul Malik bin Marwan dari dinasti umairah, awalnya kubah tersebut terbuat dari kayu yang dilapisi keramik atau Kuningan, kubah itu kemudian dilapisi dengan marmer dan emas. Didalam kubah batu tersebut terdapat batu yang diyakini sebagai tempat istirahat nabi Muhammad Saw, sebelum naik ke langit ke tujuh saat isra mi’raj.

kubah batu
kubah batu

3). Al Ghazali pernah tinggal dan menulis karya, seorang teolog ahli hukum pilsup asal Rusia bernama abu Hamid Al Ghazali pernah tinggal di Al Aqsa selama beberapa waktu, menurut beberapa sejarahwan Al Ghazali adalah salah satu toko Muslim yang paling berpengaruh dikala itu, di Al Aqsa ia menulis kitab Ulumuddin atau kebangkitan ilmu agama kitab itu lalu dianggap salah satu karya terbesar dan diterapi Islam, dan kini kitabnya menjadi berpengaruh diantara buku yang paling banyak dibaca di dunia muslim, dan terdapat sebuah bangunan di Al Aqsa yang ditandai sebagai kamar Al Ghazali berkarya

4). Terdapat 4 masjid, banyak yang mengira jika masjid Al Aqsa hanya terdiri dari satu bangunan, tempat tersebut sebenarnya adalah sebuah konfliks yang didalamnya terdiri dari 4 masjid, masjid itu yakni masjid qibli, masjid buraq, masjid marwani dan kubah batu. Konleks yang lebih luas dari tempat Al Aqsa dinamakan Al haram As sari atau tempat suci yang mulia.

Baca Juga :  2 MALAIKAT YANG MENANGIS LIHAT IBLIS DILAKNAT

5). Perpustakaan
Masjid Al Aqsa memiliki perpustakaan yang didirikan pada tahun 1923 oleh dewan legislatif muslim tertinggi, perpustakaan itu mencakup kumpulan peristiwa sejarah yang terjadi di Palestina pada awal abad ke 20, isi perpustakaan tersebut terdiri dari beberapa koleksi manuskrip berharga dan karya karya yang diterbitkan dalam studi Islam dan Arab.

perpustakaan
perpustakaan

Nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalPedia Islam”

BACA JUGA Inilah Ilmuwan Muslim Yang Menemukan Air Keras-Jabir Bin Hayyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here