Channel E – Bekas luka dapat terbentuk bagian dari proses penyembuhan alami setelah cedera. Ketika dermis, lapisan kedua kulit rusak, tubuh akan membentuk serat kolagen untuk memperbaiki kerusakan. Proses alami inilah yang akan menghasilkan bekas luka. Dalam kebanyakan kasus, semakin cepat luka sembuh, semakin sedikit kolagen yang disimpan dan semakin sedikit bekas luka yang terlihat.

Jenis-jenis bekas luka yang didapat seseorang bergantung pada banyak faktor, seperti: Jenis cedera kulit yang terjadi, seperti jerawat, pembedahan, atau luka bakar Jenis kulit alami seseorang, inilah beberapa jenis bekas luka dapat muncul berbeda berdasarkan ketebalan, warna, dan tekstur kulit seseorang Lokasi cedera, di mana kulit mungkin lebih tebal atau lebih keras di beberapa bagian tubuh, yang dapat memengaruhi munculnya bekas luka Mengetahui jenis bekas luka sangat membantu saat memutuskan cara mengobatinya.

Berikut inilah ada beberapa pengobatan yang efektif untuk orang yang memiliki masalah bekas luka di kulit:

1. Lidah Buaya

gambar istimewa

Lidah buaya bisa membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka membandel. Cara menggunakan nya cukup mudah. Kalian hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area bekas luka, kemudian diamkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih.

2. Madu

gambar istimewa

Madu dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka karena mengandung zat antibiotik dan bisa membantu penyembuhan luka secara alami. terutama bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka atau noda hitam bekas jerawat. Berikut cara menghilangkan bekas luka yang menghitam dengan madu: Sebelum tidur, tutupi bekas luka Anda dengan madu Bungkus bekas luka yang tertutup madu dengan perban Biarkan selama satu malam penuh Di pagi hari, lepas perban dan bersihkan madu dengan air hangat Jadikan ini bagian dari rutinitas anda setiap malam.

Baca Juga :  Inilah Perbedaan Cara Mengatasi Batuk Berdahak dan Batuk Kering

3. Minyak Kelapa

gambar istimewa

Minyak kelapa juga termasuk bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat penghilang bekas luka. Kandungan vitamin E dalam minyak kelapa dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah munculnya bekas luka baru. Berikut cara menghilangkan bekas luka dengan minyak kelapa: Panaskan beberapa sendok makan minyak kelapa atau secukupnya untuk mencairkannya Pijatkan minyak ke bekas luka selama sekitar 10 menit Biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam Ulangi dua hingga empat kali setiap hari Beli minyak kelapa sekarang

4. Cuka Apel

gambar istimewa

Cuka sari apel terbukti efektif dapat meringankan pigmentasi. Berikut ini adalah cara menghilangkan bekas luka dengan cuka apel: Campurkan 4 sendok makan air dengan 2 sendok makan cuka apel Celupkan bola kapas ke dalam campuran bahan tersebut dan oleskan ke bekas luka Anda dengan lembut Biarkan mengering Lakukan ini setiap malam sebelum Anda pergi tidur Cuci area tersebut di pagi hari.

5. Lavender Dan Minyak Zaitun

gambar istimewa

Campuran essential oil lavender dan minyak zaitun dipercaya dapat mengatasi bekas luka di kulit. Berikut cara menghilangkan bekas luka dengan lavender dan minyak zaitun: Campurkan tiga tetes minyak esensial lavender ke dalam tiga sendok makan minyak zaitun extra-virgin Pijat campuran ke area bekas luka selama sekitar 5 menit Biarkan minyak di tempatnya selama sekitar 30 menit Bilas area tersebut dengan air hangat Ulangi proses ini minimal tiga kali sehari.

6. Lemon

gambar istimewa

Air lemon kaya akan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Vitamin C telah terbukti sebagai agen depigmentasi efektif yang menurunkan pembentukan melanin. Melanin adalah pigmen yang secara alami dapat memberi warna kulit manusia. Berikut cara menghilangkan bekas luka yang menghitam dengan lemon: Potong irisan dari lemon segar Gosok lembut sisi lemon yang berair pada bekas luka Biarkan selama sekitar 10 menit sebelum membilas area tersebut dengan air dingin Lakukan ini setiap hari kira-kira pada waktu yang sama

Baca Juga :  5 Manfaat Air Kelapa dalam Produk Skincare yang Wajib Kamu Tahu Manfaat Air Kelapa dalam Produk Skincare

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here