Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, halo sahabat kanal pedia Islam kali ini kita akan membahas sahabat Rasulullah yang doanya mustajab serta memiliki banyak keutamaan pada dirinya.

Sahabat Nabi SAW adalah orang orang mulia, bahkan yang termulia di tengah umat ini dan dari ratusan ribu sahabat Rasulullah tersebut ada sepuluh yang paling mulia diantara mereka yang dikenal dengan sebutan Al-Mubasyiruna Bil Jannah atau orang orang yang dibedakan masuk surga, diantara sepuluh orang itu tersebutlah nama Said bin Zaid radhiallahu ‘anhu.

SAID BIN ZAID
SAID BIN ZAID

Said bin Zaid dilahirkan pada 22 tahun sebelum Rasulullah Saw hijrah ke Madinah. Ia memeluk Islam bersama dengan Fathimah, istrinya. Bahkan berhasil mengajak seorang laki laki dari kaum Quraisy untuk masuk Islam, yaitu Umar bin Khattab.

Sebelum masuk Islam Said belum pernah menyembah berhala, memakan bangkai atau yang lainnya. Ia bertekad mencari agama yang benar hingga memeluk Islam, ayahnya pun enggan untuk memeluk agama Nasrani saat menjelajah iya adalah seorang yang melakukan penjelajahan spiritual untuk mencari agama yang benar pada masa sebelum Rasulullah diutus menjadi nabi dan rasul.

Kayanya Said pernah bercinta pada seorang sahabat bahwa ia nitip salam pada Rasul jika ia belum sempat bertemu dengan Rasulullah, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bahwa Said bin Zaid pernah berkata pada Rasulullah Saw “Sesungguhnya ayahku Zaid seperti yang engkau lihat dan engkau dengan tentangnya, seandainya ia bertemu denganmu tentunya akan beriman, apakah aku boleh memohon ampun baginya?”
Rasulullah pun menjawab “Ya mohonkan ampun baginya, sesungguhnya dia dibangkitkan sebagai satu umat”
Memang tidak banyak yang mengisahkan tentang Said bin Zaid, namun yang perlu diketahui tentang sahabat nabi satu ini, dia selalu setia dengan Rasulullah dan dikenal dengan doanya yang mustajab yang selalu didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Tidak banyak yang mengisahkan tentang Said bin Zaid,namun yang perlu diketahui tentang sahabat nabi satu ini, dia selalu setia dengan Rasulullah dan dikenal dengan doanya yang mustajab, selalu didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Ini menunjukkan kedekatannya dengan Allah SWT. Suatu hari ada seorang wanita yang memfitnah Said. Ia mengatakan bahwa Said telah mencuri tanahnya dan memasukkan tanah itu kebagian miliknya. Hingga ia mendoakan orang, karena fitnah tersebut benar benar menyakitkan hatinya.

Ia berdoa ” Ya Allah kalau dia dusta, buatlah matanya dusta dan jadikanlah tempat wafatnya, tanahnya sendiri”, selang beberapa hari wanita itu mengalami kebutaan,ia meraba raba berjalan di dinding,hingga wanita itu berkata ” aku telah tertimpa musibah dengan sebabnya doa nabi Said bin Zaid, pada saat ia berjalan ditanahnya,lalu ia melewati sumur dan terjatuh di dalamnya, disitulah kuburannya.

Said bin Zaid selain turut serta bersama Rasulullah dalam semua perang setelah perang badar, ia juga memiliki keutamaan sebagai riwayat hadis “memang tidak banyak hadis yang ia riwayatkan,namun ada beberapa yang ia riwayatkan sejumlah 48 hadis, hingga dikemudian hari Said bin Zaid pun wafat tidak Ira hati pada tahun 50an hijriah, ia wafat pada usia 70 tahun dan jenazahnya dibawa ke Madinah.

Nah untuk info selanjutnya? Yuk langsung mampir ke youtubenya “KanalPedia Islam”

BACA JUGA SAHABAT PEREMPUAN RASULULLAH YANG DIJULUKI SINGA MERAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!