Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,halo sahabat kanal pengetahuan islam kali ini kita akan membahas 3 larangan waktu mandi menurut islam.

Larangan Waktu Mandi.

gambar istimewa

Mandi adalah kewajiban bagi setiap umat muslim dalam menjaga tubuh agar tetap bersih dan nyaman. Mandi tidak hanya berfungsi membersihkan tubuh dari kotoran, namun juga menyegarkan badan setelah lelah beraktivitas. Sehingga, ketika beribadah pun dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu.

Dalam hadis yang menyebut “kebersihan sebagian daripada iman”, yang artinya dengan menjaga kebersihan, sama artinya kita menjaga kesehatan dan juga keimanan.Hukum mandi yakni wajib. Yaitu apabila mengalami hal-hal yang mewajibkan mandi atau bernazar untuk melakukan mandi sunah. Sunah, yaitu jika terdapat faktor yang menyebabkan mandi sunah.

Terdapat suatu kaidah untuk membedakan antara mandi wajib dan mandi sunah. Yakni setiap mandi yang faktor penyebab mandi tersebut mendahuluinya maka hukumnya adalah wajib, sebagaimana mandi haid dan setiap mandi yang faktor penyebabnya terjadi setelahnya maka hukumnya adalah sunah, sebagaimana mandi Jumat.

Mandi adalah cara untuk membersihkan badan sekaligus dapat membuat badan kembali segar. Namun terdapat tiga waktu menurut Islam dan medis yang kita dilarang untuk mandi. Selain memahami pentingnya mandi, ada satu hal lagi yang harus kita perhatikan, yakni waktu mandi.

Mengapa demikian? Ternyata ada beberapa waktu yang kita dilarang mandi karena dapat berisiko mengganggu kesehatan dalam jangka panjang.

Lantas waktu apa saja yang dilarang mandi menurut medis dan Islam? Terdapat 3 waktu yang yang tidak disarankan mandi pada waktu-waktu tertentu karena kondisi jantung sedang melemah hingga berisiko menyebakan kematian mendadak.

1. 30 Menit setelah Salat Asar

Pada waktu ini, kondisi darah dalam tubuh sedang panas. Sehingga jika kita mandi, maka dapat mengakibatkan rasa lelah dan letih.

2. Setelah Magrib

Mandi setelah Magrib juga termasuk dilarang, karena kondisi jantung pada saat itu mulai lemah. Selain itu, mandi pada saat itu juga meningkatkan risiko penyakit paru-paru basah.

3. Sesudah Isya’ hingga Jam 12 Malam

Sesudah Isya merupakan waktu di mana jantung kita beristirahat. Mandi pada saat itu akan menyebabkan kerusakan jantung.

BCA JUGA http://Ngaku Islam Tapi Percaya Karma! Hukum Karma dalam Islam

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Kanalpedia Islam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!