Channel E – Manfaat buah gowok langka mempunyai daging buah yang berwarna putih atau merah keunguan. Dagingnya banyak mengandung sari buah yang terasa asam manis dan agak sepat. Nah, menariknya, di dalam buah gowok terdapat biji gepeng dengan kulit berwarna merah ungu. Warnanya yang mengilat akan menarik perhatian. Jika dilihat dari ukurannya, buah gowok termasuk berukuran kecil. Buah ini hanya memiliki diameter sekitar 2-3 cm.

tumbuhan asli di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Buah gowok telah tersebar secara alami di Pulau Jawa hingga Kalimantan. Tanaman dari buah gowok langka atau Syzygium polycephalum memiliki daun tunggal yang berbentuk lonjong. Panjang daun buah gowok sekitar 17-25 cm, serta lebarnya sekitar 6-7 cm. Perbungaannya berbentuk malai dengan mahkota bunga berwarna putih dan benang sari banyak.

Ciri khas lainnya dari buah gowok, yaitu berkerumun di batang pohok, lengkap dengan kelopak yang menempel di bagian ujungnya. Nutrisi dalam buah gowok ternyata banyak sekali, lho! Buah gowok adalah sumber beragam nutrisi, yaitu:

  • Karbohidrat
  • Vitamin C
  • Serat
  • Kalsium

Buah gowok juga memiliki sejumlah kecil fosfor, zat besi, beta-karoten, vitamin A, dan vitamin B kompleks. Terdapat kandungan asam galat, antioksida kuat dan flavonoid. Buah gowok juga memiliki khasiat anti inflamasi, anti tumor dan antibakteri.

4. Meredakan Diare

Manfaat buah gowok yang pertama, yaitu mampu meredakan diare. Diare adalah gangguan pencernaan yang umum oleh siapa pun, baik orang dewasa atau anak-anak. Nah, kandungan saponin yang terdapat dalam buah gowok mampu meredakan diare yang dialami oleh Moms. Cara mengonsumsi buah gowok untuk mendapatkan manfaat ini, yaitu dengan merebus kulit batang buahnya.

Sederhana saja, Kalian cukup merebus beberapa gram kulit batang buah gowok langka, diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu dinginkan. Minum rebusan kulit batang buah gowok untuk memulihkan diare yang sedang dialami. Perlu dipahami bahwa umumnya banyak orang terkena diare karena mengonsumsi makanan atau air yang tidak higienis dan mengandung bakteri dan parasit.

Baca Juga :  Kapan Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat Dilakukan pada Masyakarat Umum?

3. Mengurangi Mabuk Alkohol

Ada banyak penyebab seseorang menjadi mabuk, salah satunya karena terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas apabila rasa mabuk tersebut tidak benar-benar hilang.

Nah, kamu dapat mengonsumsi buah gowok langka untuk mengurangi rasa mabuk karena alkohol. Bagaimana caranya?

  1. Ambil ekstra buah gowok.
  2. Hancurkan buah gowok dan ambil sari buahnya.

Sari buah gowok tersebut yang dapat dikonsumsi untuk menetralkan pengaruh mabuk karena minuman beralkohol. Sekilas tentang buah gowok, ternyata buah ini memiliki banyak nama lain, lho, Buah ini juga sering disebut gowak, kupa, dompyong di daerah Jawa, dan kaliasem di daerah Bali. Terlepas dari apa pun nama yang disebutkan, buah gowok dapat menjadi pertimbangan untuk dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

2. Meredakan Asam Lambung yang Tinggi

Bagi Moms yang berjuang dengan penyakit asam lambung, bisa dikatakan bahwa sangat sulit menemukan buah yang aman untuk dikonsumsi. Nah, kabar baiknya, Moms dapat makan buah gowok karena berfungsi untuk menstabilkan asam dalam lambung. Karena buah gowok memiliki sifat antibakteri yang kuat. Selain itu, kalau dilihat dari teksturnya yang tebal, buah gowok mampu membuat rasa kenyang lebih lama, mengenyangkan, serta dapat meredam gas di dalam lambung.

Perlu diperhatikan juga, buah gowok ini termasuk buah-buahan yang kaya serat, lho, Moms! Jadi, cobalah pertimbangkan makan buah gowok saat asam lambung sedang kambuh. Itulah penjelasan tentang manfaat dari buah gowok untuk kesehatan. Buah gowok dapat dimakan mentah atau dicampur dengan gula dan garam. kamu juga dapat mencampurkan buah gowok ke dalam yogurt atau dijadikan rujak, lho! Buah gowok dapat bertahan selama beberapa hari pada suhu kamar dan dapat disimpan di lemari es hingga seminggu. Nah, tertarik untuk mencoba buah gowok?

Baca Juga :  Manfaat Mengonsumsi Klorofil

1. Menjadi Sumber Karbohidrat

Dilansir dari laman Specialty Produce, buah gowok menjadi sumber karbohidrat yang baik dalam tubuh. Seperti yang sudah diketahui, karbohidrat adalah zat gizi utama yang terdapat pada sajian makanan harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, karbohidrat memiliki banyak fungsi untuk memaksimalkan kinerja tubuh, lho!

Fungsi utamanya adalah sumber energi dalam tubuh. Ketika seseorang mengonsumsi karbohidrat, tubuh akan memecah gula dan pati. Setelah itu, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa. Agar lebih berenergi saat beraktivitas, setiap orang memerlukan glukosa. Fungsi karbohidrat bagi tubuh juga membantu meningkatkan produksi hormon serotonin sebagai zat dalam tubuh yang membuat Moms akan merasa bahagia.

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here