27.8 C
Jakarta
Friday, March 29, 2024

Fakta Menarik Tentang Lavender

Channel E – Lavender merupakan tanaman yang termasuk kedalam kategori tanaman rumput yang memiliki setidaknya 25-30 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Asal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India—Dunia Lama. Budidaya tanaman bunga lavender ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit karena tanaman ini mampu tumbuh dan beradaptasi dengan baik di berbagai macam jenis lingkungan. Dan ada beberapa fakta menarik mengenai tanaman lavender yang bisa kamu tanam di depan rumah.

Untuk itu, simak fakta menarik tanaman dan bunga lavender berikut ini:

Bunga lavender, si tanaman hias pengusir binatang-binatang kecil 

Bunga ini beserta tanamannya memang bukan jenis tanaman tropis yang dibudidayakan di Indonesia.  Secara umum, bunga lavender tumbuh dengan sangat baik pada dataran tinggi antara 500-1300mdpl.  Meski demikian, pecinta tanaman hias pun menggunakan tanaman ini sebagai pembasmi tungau maupun pembasmi nyamuk.  Tak hanya membasmi binatang kecil, perawatan tanaman ini pun juga sangat mudah. Percaya tidak percaya, kamu pun akan dengan mudah menemukan zat nya pada lotion anti nyamuk yang kamu beli.

Manfaat lavender sebagai pengharum ruangan organik dengan aroma khas 

Harus diakui jika ada beberapa orang yang mempunyai preferensi terhadap wewangian organik, salah satunya berasal dari bunga lavender.  Penggunaan bunga ini sebagai wewangian rumah sudah kerap digunakan sejak abad ke-16.  Seiring kecanggihan teknologi, bentuk wewangian bunga ini tidak hanya dalam bentuk bunga hidup, namun juga dibuat dalam bentuk serum maupun ekstrak wewangian.

Mengandung zat aromaterapi yang cocok untuk relaksasi. Pantas lavender banyak dijadikan bahan essential oil!

Selain wangi, lavender juga memiliki karakter yang menenangkan. Ini dikarenakan zat anti-neurodepresive pada bunga ini dapat memberikan efek relaksasi dan memberi ketenangan.  Tak hanya sekadar membantu relaksasi, dan juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas tidur, sehingga sangat baik untuk mengatasi insomnia. Untuk melengkapi ritual relaksasi di rumah, kamu pun bisa meneteskan minyak esens sebelum berendam di kamar mandi atau meminum teh yang terbuat dari tanaman berwarna ungu ini.

Baik untuk perawatan kulit dan rambut

Mengoleskan campuran bunga lavender dan cuka apel pada bagian kulit kepala dapat mencegah ketombe sekaligus menyehatkan dan menambah pertumbuhan rambut.  Serangkaian penelitian pun sudah membuktikan jika bunga ini mengembalikan kesimbangan pH kulit sehingga mengurangi iritasi kulit maupun melembapkan kulit kering

Manfaat lavender sebagai obat medis untuk terapi kesehatan mental 

Penggunaan bunga ini sebagai media sebagai aromaterapi telah ada sejak ribuan tahun silam.  Masyarakat Tiongkok kuno mempercayai jika tanaman ini mampu menangani depresi dengan baik. Sebuah penelitian pada Kagoshima University di Jepang menunjukkan bahwa kandungan linalool pada ekstrak bunga lavender dapat menciptakan rasa rileks.

Efek anti cemas dari linalool ini dipertimbangkan untuk obat terapi kesehatan mental.  Umumnya, obat medis ini sangat tepat untuk mengatasi anxiety disorder maupun ketakutan terhadap hal-hal aneh.

Manfaat bunga lavender sebagai atioksidan pencegah kanker 

Selain memulihkan luka luar karena dapat menyeimbangkan pH kulit, lavender juga mengandung senyawa polifenol yang dapat mencegah munculnya radikal bebas dan sel kanker pada tubuh. Untuk merasakan khasiatnya, kamu pun bisa mengkonsumsi teh ekstrak yang terbuat dari bunga ini yang identik berwarna ungu. Meski memiliki nilai estetika yang indah, namun jenis tanaman ini harus kamu perhatikan lebih lanjut sebelum ditanam. Sebab, bunga ini bisa memicu alergi bagi beberapa orang dengan karakter yang sensitif dan peka terhadap indera penciuman. Namun harus diingat jika jenis tanaman ini kaya akan manfaat, khususnya untuk kamu yang sedang melakukan program hidup sehat dan organik. Kamu pun bisa menjadikan tanaman ini sebagai hiasan menarik di halaman rumah maupun berdekatan dengan kamar tidurmu.

Sebagai pengharum ruangan organik dengan aroma khas

Pasti ada orang yang menyukai wewangian organik, salah satunya yang terbuat dari bunga lavender. Penggunaan bunga ini sangatbagus sebagai pengharum rumah sudah sering digunakan sejak abad ke-16, lho. Selain karena kecanggihan teknologi, bentuk parfum lavender tak hanya berupa bunga hidup, tetapi juga dalam bentuk serum atau ekstrak parfum. Aroma ini juga dikenal cukup awet saat digunakan di dalam sebuah ruangan.

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles