Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,halo sahabat kanal dunia islam kali ini kita akan membahas mengenai arab saudi yang kirim kurma ke 107 tujuan internasional.

arab saudi

Kurma yang kita konsumsi seringkali dikira berasal dari Arab Saudi. Padahal, negara ini bukan penghasil kurma terbesar di dunia. Impor kurma Indonesia terbesar juga bukan dari negara ini.

Kurma memang sering dianggap sebagai buah asli Timur Tengah. Hanya, karena buah ini seringnya muncul di bulan Ramadan, banyak orang yang mengira jika kurma yang mereka makan pasti dari Arab Saudi. Padahal, Arab bukanlah negara penghasil kurma terbesar di dunia.

Sebelum jauh membahas negara mana saja yang memproduksi buah ini, kita kenalan dulu dengan buah yang sangat direkomendasikan untuk disantap saat berbuka puasa ini. Jadi gini, Millens. Di pasaran, kurma bisa dibagi jadi kurma kering atau kurma segar. Nah, keduanya sama-sama tinggi kandungan serat, vitamin, mineral, serta antioksidan.

Kandungan fruktosa alias gula alami dari buah ini cukup tinggi. Nah, keberadaan fruktosa inilah yang dipercaya bisa segera mengembalikan energi tubuh yang terkuras seharian karena nggak diisi makanan dan minuman apapun. Menariknya, kandungan gula alami yang tinggi ini justru baik bagi kesehatan tubuh, lo.

Badan Pangan PBB (FAO) menyebut setiap tahunnya, setidaknya ada 9 juta metrik ton kurma yang dipanen di seluruh dunia. Tebak, dari mana kebanyakan kurma tersebut diproduksi? Yap, di negara-negara Timur Tengah.

Tapi, bukan Arab Saudi-lah produsen nomor satunya, melainkan Mesir. Percaya nggak, meski iklim Mesir nggak subur-subur amat dan cenderung panas, setidaknya 18 persen pasokan kurma dunia berasal dari negara ini. Di belakangnya, barulah Arab Saudi yang memasok 17 persen suplai kurma bagi seluruh dunia. Setelah itu ada Iran yang memasok 15 persen suplai kurma sejagat.

Baca Juga :  Kisah Miqdad, Sahabat Rasulullah Saw Yang Menolak Menjadi Pemimpin

Khusus Indonesia, impor kurma kita paling banyak berasal dari Mesir. Di posisi kedua ada Tunisia. Sementara itu, Arab Saudi ada di posisi ketiga pengimpor kurma terbanyak di Tanah Air.

Kurma di pasaran terdiri dari empat jenis. Yang pertama adalah kurma muda atau yang dikenal dengan Kimri. Setelahnya adalah kurma yang sudah matang dengan tekstur yang lembut dan disebut sebagai Rutab. Berikutnya adalah kurma Khalal yang berukuran penuh, dan yang terakhir adalah kurma kering atau Tamr.

BACA JUGA http://Ngaku Islam Tapi Percaya Karma! Hukum Karma dalam Islam

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Kanalpedia Islam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here