Channel E – Memiliki ukuran yang mungil dan mudah untuk dipetik, blueberry kerap menjadi idaman bagi sebagian besar masyarakat. Rasanya yang mempunyai perpaduan antara asam dan manis membuat orang menjadi ketagihan untuk selalu mencoba. Selain manfaatnya yang luar biasa, blueberry juga kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaat yang bisa didapat adalah untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga daya ingat.

Buah yang berwarna biru ini memiliki banyak manfaat karena ada kandungan nutrisi penting yang bisa didapat, berikut daftar kandungan blueberry:

1. Antioksidan

gambar istimewa

Kandungan gizi dari blueberry yang pertama adalah antioksidan. Hal itu dikarenakan vitamin C yang terkandung di dalamnya yang bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Selain vitamin C, antioksidan lain yang terkandung di dalam buah blueberry adalah antosianin dan flavonoid. Antioksidan pada blueberry bermanfaat untuk menjaga kelancaran aliran darah, mencegah terjadinya aterosklerosis, serta mengurangi risiko kanker.

2. Vitamin

gambar istimewa

Kandungan gizi selanjutnya adalah vitamin. Blueberry ini dikenal sebagai buah yang kaya vitamin. Salah satunya yang termasuk adalah vitamin C dan vitamin K. Vitamin C bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit dan menjaga daya tahan tubuh. Sementara itu, vitamin K diketahui bermanfaat untuk mencegah perdarahan dan menjaga kesehatan tulang. Buah blueberry juga mengandung vitamin B6 dan vitamin E, meski dalam jumlah yang sedikit. Vitamin E mampu menjaga kesehatan kulit dan mata, sedangkan vitamin B6 berperan penting dalam memelihara fungsi dan kesehatan saraf serta mendukung pembentukan darah.

3. Karbohidrat Kompleks

gambar istimewa

Dalam setiap biji blueberry terdiri atas 14 persen karbohidrat dan 84 persen air. Selain itu ada kandungan lemak dan protein dalam jumlah kecil. Sebagian besar karbohidrat pada buah blueberry merupakan jenis karbohidrat yang sehat (karbohidrat kompleks). Tak hanya itu, blueberry juga memiliki indeks glikemik yang cukup rendah sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara drastis. Oleh karena itu, blueberry baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Baca Juga :  Manfaat Konsumsi Jamur, Cegah Kanker Payudara hingga Tunda Kematian

4. Serat

gambar istimewa

Tidak hanya pada sayuran dan buah, serat juga terkandung dalam buah blueberry. Kandungan serat ini baik untuk mengontrol kadar gula darah, kolesterol, dan berat badan, serta mencegah dan mengobati sembelit. 5. Mineral Kandungan gizi yang terakhir adalah mineral yang tentunya baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizi tersebut seperti seperti mangan, tembaga, zat besi, kalium, dan zinc. Oleh karena itu, konsumsi blueberry baik untuk menguatkan tulang dan daya tahan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat blueberry bagi kesehatan:

5. Merawat Kesehatan Jantung

gambar istimewa

Blueberry bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol di dalam darah sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan blueberry banyak mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat mencegah penumpukan lemak dan kerusakan di pembuluh darah jantung.

6. Memperkuat Kesehatan Mental dan Otak

gambar istimewa

Mengonsumsi blueberry secara rutin juga bermanfaat bagi kesehatan otak serta menjaga daya ingat dan konsentrasi. Beberapa studi menyebutkan konsumsi buah blueberry secara rutin, disertai pola hidup sehat dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan otak, seperti penyakit Parkinson, stroke, dan demensia.

7. Membuat Awet Muda

gambar istimewa

Salah satu manfaat blueberry adalah untuk mencegah penuaan dini. Ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan pada blueberry yang dapat merangsang pembentukan kolagen pada kulit. Efek ini menjadikan blueberry baik untuk mencegah keriput, memperbaiki tekstur kulit, dan mencegah kerusakan kulit akibat polusi dan paparan sinar matahari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here