32.9 C
Jakarta
Friday, August 12, 2022

Kisah Sejarah Islam di Kamboja

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, halo sahabat kanal dunia Islam,kali ini kita akan membahas kisah sejarah Islam di Kamboja, berkembang pesat sebelum dikikis Khmer merah.

Di Asia tenggara, beberapa negara seperti Indonesia mayoritas penduduknya beragama Islam, namun beberapa negara di Asia tenggara umat muslim merupakan minoritas salah satunya adalah Kamboja. Islam masuk sekitar abad ke 10 dan 11 saat Kamboja masih mempunyai beragam kerajaan yang paling dikenal adalah kerajaan champa sebagian besar etnis camp memeluk Islam pada abad ke 16 dan 17, menjelang runtuhnya kerajaan Jeumpa banyak dari mereka yang berpindah ke daerah lain atau Malaysia, Indonesia dan Cina tapi sampai saat ini komunitas Camp masih ada di Kamboja dan mereka sebagian besar adalah Muslim.

ISLAM
ISLAM

Komunitas Camp memegang peran penting dalam menyebarkan Islam di Kamboja mereka punya hubungan yang turun naik dengan raja Kamboja, mereka berbaur dengan komunitas Muslim Melayu yang sudah ada di Kamboja sejak abad ke 13.

Penganiayaan Khmer Merah

Sebelum kemerah pada 1975 komunitas Muslim Kamboja sebenarnya terdiri dari kaum camp dari bekas kerajaan campa di Vietnam yang runtuh pada 1470, kaum camp pada mulanya diislamkan oleh para pedagang dan pengrajin dari Arab dan India kaum tersebut berimigrasi dalam jumlah besar ke Kamboja pada abad ke 15, selain kaum etnis camp Muslim Melayu dari Indonesia dan kawasan yang sekarang bernama Malaysia juga memasuki Kamboja pada abad yang sama, kaum Arab kaum imigran dari anak benua india dan pribumi yang masuk Islam juga menjadi bagian dari komunitas Muslim di Kamboja saat ini pada 1975, Islam sudah sangat berkembang itu bisa diketahui dari tumbuhnya ratusan masjid dengan sekitar 310 agama dan 300 Khotib banyak diantara guru guru tersebut yang belajar di Malaysia dan beragam universitas Islam di kairo India atau Madinah,namun penganiayaan di bawah rezim komunis kemer merah yang sangat kejam dan otoriter mengakibatkan sejumlah mereka terkikis, bagaimana pun dan pada akhir 1980, mereka mungkin tidak mendapatkan kembali kekuatan mereka sebelumnya.

Baca Juga :  Ternyata JACK SPARROW Adalah Seorang Muslim
Khmer Merah
Khmer Merah

Khmer merah menggunakan pola yang konsisten untuk membunuh orang orang camp,mereka kerja paksa di ladang atau menangkap mereka karena tuduhan adanya perlawanan atau pemberontakan partai komunis. Tak hanya memeluk Islam semua penganut agama termasuk Budha dianiaya sepanjang kekuasaan Khmer merah, waktu itu sebanyak 132 masjid dihancurkan dan Umat Islam tidak diizinkan beribadah. Mereka juga dipaksa makan daging babi lalu dibunuh jika menolak, setelah pemerintahan Khmer berakhir aturan terkait agama dipulihkan sebanyak 185.000 camp kecatat kembali tinggal di Kamboja pada pertengahan 1980.

Masjid pun masih ada yang berdiri perlahan Blade Islam kembali menguat seperti dulu,meski tak sekuat dulu saat belum dikikis oleh Khmer Merah.

Nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalDunia Islam”

BACA JUGA KISAH PERJUANGAN IBUNDA NABI MUSA AS

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,420SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles