30.5 C
Jakarta
Sunday, August 14, 2022

Asal muasal komodo hingga fenomena penutupan pulau komodo

Channel E – Seperti yang kita tahu Pulau Komodo memiliki keindahan menakjubkan dan juga masuk dalam 7 keajaiaban dunia (Seven wonders). Lebih jelasnya yuk simak ulasan mengenai legenda sejarah komodo berikut.

Mengulik Folklore Komodo

Sebagai masyarakat Indonesia kamu patut bangga karena dunia telah mengakui the dragon komodo kita sebagai salah satu keajaiban dunia.
Dari sekian banyak cagar warisan dunia dalam negeri kita Indonesia.
Salah satunya adalah hewan purba yang satu-satunya di dunia yang hingga kini masih ada serta hidup dalam Pulau Komodo dan Pulau Rinca Situs Warisan Dunia UNESCO

Komodo atau The Dragon yang merupakan satu spesies kadal ini dahulunya punya panggilan “Orah” oleh masyarakat setempat.

Orah panggilan masyarakat lokal setempat.

Legenda sejarah Komodo ini menceritakan pada zaman dahulu kala, ada seorang putri yang bernama Putri Naga. Ia hidup dalam sebuah pulau dan kemudian menikah dengan Moja pemuda pulau sebrang.
Singkat cerita sang putri hamil dan kemudian melahirkan putra kembar yang keduanya memiliki kelamin laki-laki. Hanya saja salah satunya memiliki bentuk berbeda yang mirip dengan kadal dan membuat pasangan ini malu.
Keduanya memberi nama Orah untuk putra yang mirip dengan kadal dan memberi nama Gerong untuk bayi yang normal.
Orah terasingkan ke dalam hutan sementara Gerong diasuh sendiri oleh Putri Naga dan Moja.

Seiring berjalan waktu yang berlalu, Gerong sudah tumbuh besar dengan tubuh gagah. Hingga saat Gerong berburu rusa ia bertemu dengan kadal raksasa yang kemudian Gerong kejar dan hendak menghunuskan tombak.
Namun, tiba-tiba Putri Naga datang dan melarang untuk membunuh kadal raksasa yang saat ini dikenal komodo. Putri Naga menjelaskan kepada Gerong bahwa kadal itu adalah saudara kembarnya yang bernama Orah.
Sejak saat itu masyarakat sekitar selalu memperlakukan komodo sebagai saudara. Itulah sedikit cerita legenda asal muasal Komodo bernama Orah dan menjadi hewan yang terjaga dengan baik hingga saat ini oleh masyarakat setempat.

Baca Juga :  Jenis Anggrek di Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Si Komodo Kadal Raksasa Mematikan

Varatus Komodoensis/Biawak Komodo atau Orah merupakan salah satu spesies reptil legenda yang terbesar sejarah dunia.
Habitat Komodo saat ini hidup hanya dalam Pulau Komodo, Flores, Gili Matang, Gili Dasami dan Rinca Nusa Tenggara Timur Indonesia.

Penemuan & Sains

Pada tahun 1910, Letnan Jacques Karel Henri van Steyn van Hensbroek ditempatkan di Pulau Flores Indonesia timur oleh pemerintahan kolonial Belanda. Ketika ia menerima kabar tentang “buaya darat” yang berukuran sangat besar yang hidup di pulau Komodo oleh masyarakat lokal.


Penasaran, ia berangkat ke pulau tersebut untuk menyelidiki sendiri. Ia kembali dengan foto dan kulit binatang itu, yang dia kirim ke Pieter Ouwens, yang saat itu direktur Java Zoological Museum dan Botanical Gardens Buitenzorg (Sekarang Kebun Raya Bogor).Hewan itu bukan buaya dalam bentuk apa pun, tetapi kadal raksasa yang besar. Ouwens menyadari bahwa hewan ini baru dalam sains dunia dan langsung menerbitkan deskripsi formal pertama tentang hewan tersebut, yang sekarang kita kenal sebagai komodo, Varanus komodoensis.

Bisa Racun Mematikan

Komodo termasuk spesies reptil yang memiliki bisa mematikan. Kemampuan mematikan tersebut didapat lantaran kuatnya gigitan serta racun berbisa yang muncul dari ribuan kelenjar pada gusinya.Beberapa orang menyebutnya sebagai ribuan bakteri mematikan yang ada di liur mulutnya. Tetapi ada sanggahan dari beberapa ilmuan peneliti racun dari University of Melbourne di Australia mengatakan bahwa “semua bakteri itu adalah dongeng ilmiah,” kata Bryan Fry.  Ini tertulis dalam kutipan nya Bryan Fry di National Geographic “komodo dragons kill with venom“.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,450SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles