Channel E – Wilayah Thailand sebagian besar didominasi oleh hutan tropis yang lebat, pegunungan, rawa dan sungai. Oleh karena itu, Thailand memiliki banyak sekali hewan endemik yang unik sekaligus langka yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para peneliti khususnya di bidang ilmu zoologi. Memang sih, kebanyakan hewan tersebut tersebar di beberapa daerah Taman Nasional agar lebih terlindungi keberadaannya. Dengan bentuk penampilannya yang menarik serta mempunyai kebiasaan hidup yang unik di alam liar. Inilah lima spesies hewan endemik yang dapat ditemukan di Thailand.

Simak Bersama Yuk!

1. Giant Black Squirrel

gambar istimewa

Merupakan spesies tupai yang memiliki ukuran tubuh besar dengan berat mencapai 1,5 kilogram serta panjang 1 meter. Sesuai namanya, bulu dari tupai ini didominasi warna hitam serta warna coklat pada bagian dadanya. Mereka dikenal memiliki ekor yang sangat panjang dengan intesitas bulu lebat. Untuk bertahan hidup, giant black squirrel memakan berbagai jenis buah-buahan dan biji-bijian. Di alam liar, hewan ini sering terlihat menyelinap dan bersembunyi di antara dedaunan pohon. Namun, sayangnya dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir lebih dari 30 persen populasi giant black squirrel hilang akibat perusakan habitatnya.

2. Buaya Siamese

gambar istimewa

Buaya siamese hanya dapat ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara termasuk Thailand dan Kamboja. Dilansir dari laman Wildlifetrip, spesies buaya ini sangat sulit dijumpai di alam liar dikarenakan populasinya yang tinggal sedikit. Namun, jika kamu ingin melihat buaya Siamese secara langsung, kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Pang Sida dimana mereka dilepaskan di dalam sungai yang ada di wilayah tersebut. Selain itu, buaya Siamese juga banyak hidup di penangkaran Samut Prakarn bersama beberapa spesies buaya lainnya.

3. Harimau Indocina

gambar istimewa

Saat ini, populasi dari harimau Indocina di wilayah Thailand sangatlah memprihatinkan. Diperkirakan hanya tersisa sebanyak 200 hingga 250 ekor yang hidup di alam liar sehingga membuat mereka masuk dalam daftar hewan terancam punah. Harimau Indocina memiliki panjang tubuh hingga 3 meter serta bobot mencapai 200 kilogram. Sedangkan untuk membedakan jenis kelamin, harimau Indocina betina memiliki ukuran tubuh 25 persen lebih kecil ketimbang jantan. Salah satu faktor mengapa populasi dari hewan ini terus berkurang disebabkan perburuan liar karena seekor harimau Indocina bisa dihargai 50 ribu dolar AS atau setara Rp700 juta untuk diambil organ tubuhnya.

4. Crab-eating Macaque

gambar istimewa

Bagi masyarakat Thailand, crab-eating macaque termasuk salah satu hewan suci yang sangat dihormati. Hewan ini dinamai crab-eating macaque dikarenakan kebiasaannya yang suka memakan kepiting sebagai makanan utamanya. Monyet ini memiliki kemampuan berenang yang handal karena setiap hari harus berjuang mencari kepiting dan hewan laut lainnya di laut. Crab-eating macaque dapat dijumpai di hampir seluruh wilayah di Thailand yang hidup berdampingan bersama manusia.

5. Gaur

gambar istimewa

Gaur (Bos gaurus) adalah jenis kerbau liar yang berhabitat di Asia Selatan dan Tenggara. Mereka disebut juga seladang atau bison india. Dengan ukuran panjang mencapai 3,3 meter, tinggi 2,2 meter hingga ke bahu, serta berat mencapai 1 ton, gaur adalah spesies kerbau liar terbesar di dunia.

Gaur bisa bersikap agresif meskipun tidak diprovokasi. Dengan ukuran yang sangat besar serta tanduk yang mengerikan, gaur bisa sangat berbahaya bagi manusia. Akan tetapi, ironisnya justru gaur lebih terancam oleh manusia, karena perburuan dan kerusakan habitat terus menggerus populasi mereka.

6. Lutung Berkacamata

bali
gambar istimewa

Kita juga bisa menemukan spesies primata unik di Thailand, salah satunya lutung berkacamata (Trachypithecus obscurus). Sebutan berkacamata diberikan karena mereka memiliki pola lingkaran putih di sekitar matanya. Panjang mereka mencapai 60 cm plus ekor 85 cm, sementara bobotnya bisa sampai 9 kg. Seperti spesies lutung lainnya, lutung berkacamata adalah pemakan daun, namun mereka juga suka makan buah dan biji-bijian. Mereka sangat lincah di atas pohon pada siang hari, namun pada malam hari mereka tidur di dekat akar.

Nah, itulah beberapa hewan endemik unik yang dapat kamu jumpai di wilayah Thailand. Namun, sebagian besar populasi dari hewan tersebut di habitat aslinya semakin langka keberadaannya.

 

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!