Channel EBagi sebagian orang, memiliki keriput di wajah mungkin tidak menjadi masalah. Keberadaan beberapa garis wajah ini bahkan dianggap bisa menambah karakter pada wajah. Tetapi bukan rahasia lagi, bahwa banyak orang lebih suka untuk bisa mengendalikan keriput.

Tanpa intervensi medis atau bedah, mungkin akan sulit untuk dapat membalik tampilan kulit setelah Anda memiliki keriput. Namun ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil dan perubahan gaya hidup yang bisa Anda lakukan untuk memperlambat kemunculan keriput.

Kulit manusia secara normal akan kehilangan elastisitas seiring bertambahnya usia karena produksi kolagen melambat seiring waktu. Proses ini dapat diperburuk oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari, polusi, dan kebiasaan gaya hidup tertentu. Seiring bertambahnya usia, kulit Anda cenderung menjadi lebih tipis dan lebih kering. Kulit yang tidak memiliki kelembapan atau volume sebanyak sebelumnya juga dapat membuatnya lebih rentan terhadap kerutan.

Berikut ini adalah bebera cara mencegah keriput yang bisa dilakukan untuk membantu kulit Anda terlihat sehat dan awet muda.

1. Lindungi diri dari sinar matahari

Sudah menjadi fakta umum bahwa paparan sinar matahari dapat merusak kulit Anda, menyebabkan penuaan dini dan keriput. Menurut studi pada 2013 yang diterbitkan dalam Jurnal Annals of Internal Medicine, penggunaan tabir surya secara teratur memiliki kemampuan untuk memperlambat tanda-tanda penuaan kulit.

penggunaan tabir surya secara teratur memiliki kemampuan untuk memperlambat tanda-tanda penuaan kulit. Untuk melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet (UV) matahari yang merusak, sangat penting untuk menerapkan SPF antara 30 dan 50 setiap hari, bahkan saat cuaca mendung.

2. Tetap terhidrasi

Air minum sangat penting untuk kesehatan yang baik. Tubuh Anda membutuhkan air untuk hampir semua fungsi yang dilakukannya. Selain fungsi vital seperti membuang racun dari tubuh, membantu pencernaan, dan mengatur suhu tubuh Anda, air juga dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi dari dalam.

Baca Juga :  Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Pada tahun 2015 pernah dilakukan dilakukan pada sekelompok wanita sehat, ditemukan bahwa asupan air yang lebih tinggi dapat berdampak pada hidrasi kulit dan secara positif dapat memengaruhi fisiologi kulit.

3. Makan makanan kaya vitamin

Kalian mungkin pernah mendengar pepatah, “Anda adalah apa yang Anda makan.” Pepatah ini bisa jadi benar. Jadi, perbaiki pola makan Anda untuk memperbaiki juga penampilan Anda. Sebuah penelitian besar di Belanda pada 2019 yang melibatkan lebih dari 2.700 partisipan, menemukan bahwa kebiasaan makan dikaitkan dengan kerutan wajah, terutama pada wanita.

Menurut penelitian wanita yang pola makannya mengandung banyak daging merah dan camilan tidak sehat cenderung memiliki lebih banyak kerutan di wajah daripada wanita yang mengonsumsi lebih banyak buah dalam makanannya.

Makanan yang tinggi sifat anti-inflamasi atau antioksidan juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi dari kerusakan kulit dan penuaan dini.

4. Tidur telentang

Menurut penelitian menemukan bahwa orang yang tidur miring atau tengkurap rentan terhadap kekuatan kompresi mekanis yang dapat mempercepat pembentukan kerutan dan merusak kulit wajah.

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mencoba tidur telentang, bukan miring atau tengkurap. Sarung bantal sutra mungkin juga lebih ramah untuk kulit Anda daripada katun, karena mengurangi gesekan dan membantu mencegah abrasi pada kulit.

5. Rilekskan wajah

Gerakan wajah yang berulang-ulang seperti menyipitkan mata, mengerutkan kening, atau mengerutkan bibir dapat mempercepat pembentukan kerutan atau keriput. Jika Anda sering menyipitkan mata, itu mungkin pertanda bahwa Anda perlu memeriksakan mata atau Anda butuh kacamata. Sementara, jika Anda sering mengerutkan kening atau cemberut, Anda mungkin ingin mencari cara untuk menghilangkan stres.

Beberapa teknik manajemen stres yang mungkin bermanfaat yaitu: Olahraga rutin, Latihan pernapasan dalam, Yoga, Meditasi.

Baca Juga :  Suka Minum Kopi? Inilah Bahaya Minum Kopi Setiap Hari

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here