26.3 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

ANGIN KENCANG YANG MEMUSNAHKAN KAUM AAD

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,halo sahabat Kanal Pedia Islam, kembali bersama Kanalpedia Islam kali ini kita akan membahas kisah kaum yang di musnahkan angin kencang.

KEKAYAAN KAUM AAD

Nabi Hud AS adalah nabi dan rasul keempat yang patut diimani. Kisah Nabi Hud banyak terdapat di dalam Alquran. Nama Hud bahkan juga diabadikan dalam sebuah surat, yakni surat Hud, surat ke 11. Hud diutus memberi peringatan kepada kaumnya, yakni kaum Aad. Kaum Aad adalah keturunan Nabi Nuh yang tinggal di Al-Ahqaf, suatu wilayah di bukit berpasir Arab, sesuai dengan QS Al-Ahqaf. Suku Aad termasuk suku tertua di dunia dengan peradaban yang maju. Di dalam QS Al-Fajr disebutkan, kaum Aad memiliki bangunan-bangunan yang tinggi. Allah juga melebihkan kekuatan serta kekayaan pada kaum Aad.

KEKAYAAN KAUM AAD
KEKAYAAN KAUM AAD

KEMAKSIATAN KAUM AAD

BERHALA
BERHALA

Namun, kekayaan yang diberikan pada kaum Aad membuat mereka tamak, lupa diri, dan jauh dari Allah SWT. Mereka mulai menyembah berhala yang diberi nama Shamud, Shada, dan Al-Haba. Maksiat pun ikut merajalela. Allah lalu mengutus Hud untuk memperbaiki akhlak dan kelakuan kaum Aad. Setelah diangkat menjadi nabi dan rasul, Hud mulai memberi peringatan kepada kaum Aad. Dan sesungguhnya telah terdahulu beberapa orang memberi peringatan sebelumnya dan sesudahnya dengan mengatakan ” dan janganlah kamu menyembah selain Allah, sesungguhnya aku khawatir, kamu akan di timpa azab hari yang besar , berikut bunyi Al-Quran ayat 21telah diangkat menjadi Nabi dan Rasul Hut mulai memberi peringatan kepada kaum Aad. Hud menyerukan kepada kaumnya untuk menyembah Allah dengan menunjukkan bukti-bukti keesaan Allah. Alih-alih percaya pada Hud, kaum Aad justru melemparkan cemooh dan menyebut Hud dengan sebutan orang gila. Dengan sabar, Hud menghadapi segala caci maki yang diberikan untuknya. Hud tetap tak gentar menyiarkan agama Allah dan menyatakan bahwa azab akan segera tiba bagi orang yang kafir.

AZAB KAUM AAD

AZAB KAUM AAD
AZAB KAUM AAD

Bukannya menurut, kaum Aad justru balik menantang Hud untuk segera menunjukkan azab itu. Keangkuhan kaum Aad membuat Allah menunjukkan kekuasaannya dengan menurunkan azab dalam sejumlah tahapan. Tahapan pertama pembalasan Allah SWT kepada kaum Aad adalah berupa bencana kekeringan yang melanda ladang dan kebun mereka. Kekeringan itu membuat kaum Aad kehabisan stok makanan. Mereka pun kelaparan. Kepada kaum Aad, Hud menunjukkan kekeringan adalah azab Allah. Namun, kaum Aad tetap tak percaya pada peringatan Hud dan tetap menyembah berhala. Kaum Aad yang semakin kafir membuat Allah SWT murka. Lalu, Allah menurunkan awan hitam yang disambut dengan suka cita oleh kaum Aad. Namun, awan itu bukan awan penanda hujan, melainkan awan disertai angin kencang yang membawa bencana. Maka ketika mereka melihat awan itu yang menuju lembah – lembah mereka, mereka berkata ” inilah awan yang akan menurunkan hujan kepada kita bukan, tetapi itulah azab yang kamu minta agar disegerakan datangnya angin yang mengandung azab yang pedih . Dalam surat Al-Haqqah disebutkan, kaum Aad ditimpa oleh angin yang dingin dan kencang yang berputar membinasakan selama delapan hari tujuh malam. Angin itu menghancurkan dan melenyapkan kaum Aad dari muka bumi. Mayat kaum Aad berserakan ditutup pasir-pasir.  Tak ada yang tersisa dari bencana besar ini selain Nabi Hud AS dan orang-orang beriman yang berlindung di sebuah lembah. Setelah kaum Aad binasa, Nabi Hud dan orang Mukmin hijrah ke Hadramaut memulai kehidupan baru. Kisah Nabi Hud dan kaum Aad ini memberikan banyak hikmah dan pelajaran yang masih relevan hingga saat ini.

Nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalPedia Islam”

BACA JUGA Masjid Tertua dan Bersejarah di Indonesia

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles