Channel EKita bisa tertawa karena mendengar, membaca, atau melihat hal-hal yang lucu. Tertawa adalah salah satu respons yang diberikan tubuh kita untuk menyebarkan emosi positif ke lingkungan sekitar.

Ada banyak faktor yang memicu kita tersenyum hingga tertawa terbahak-bahak. Pada saat tertawa, otak kita benar-benar bekerja mengolah lelucon menjadi respons. Namun, ternyata tidak hanya manusia yang bisa tertawa, lo. Hewan sebenarnya bisa menunjukkan respons yang mirip dengan ‘tertawa’ pada manusia.

Nah, supaya kamu tahu bagaimana cara hewan tertawa, mari kita simak penjelasan berikut!

1. Cara Hewan Tertawa

gambar istimewa

Para ilmuwan melakukan penelitian terhadap hewan ketika mereka bermain dengan manusia. Hewan bermain untuk menunjukkan interaksi sosial yang menyenangkan, dan ternyata pada saat itulah mereka mengeluarkan suara. Suara atau vokalisasi inilah yang dianggap peneliti sebagai bentuk yang paling dekat dengan ciri-ciri tertawa pada manusia. Penelitian mengenai cara tertawa hewan ini dilakukan terhadap 65 spesies, yang sebagian besar merupakan hewan mamalia serta burung.

Sedangkan pada primata, ekspresi ketika bermain terlihat lebih mudah dikenali, bahkan beberapa di antaranya juga bersuara. Contoh hewan yang telah diteliti dan terdengar bersuara ketika bermain adalah monyet vervet, kicauan lumba-lumba, hingga gorila.

2. Perbedaan Tawa Hewan dan Manusia

Dari penelitian yang sudah dilakukan di atas, maka para ilmuwan menentukan hipotesis bahwa mungkin saja hewan memang bisa tertawa. Namun, tentu saja tawa ini adalah rasa senang yang mereka tunjukkan saat bermain.

Lalu, apa yang membedakan tawa manusia dan tawa hewan? Ilmuwan menyebutkan yaitu volumenya. Manusia bisa tertawa terbahak dengan keras, namun hewan hanya ‘tertawa’ dengan suara pelan. saat kita melihat atau mendengar sesuatu yang lucu, lobus frontal pada otak merespons hal tersebut dengan tertawa. Uniknya, rata-rata manusia dapat tertawa 17 kali dalam sehari.

Baca Juga :  Ini Hewan Terbesar di Dunia, Beratnya Setara 33 Gajah

 

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here