Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,halo sahabat kanal sejarah islam kali ini kita akan membahas fakta sejarah kejayaan islam ketika islam berjaya 1335 tahun.

masjid

MASA KEJAYAAN ISLAM

Beberapa abad silam, saat Umat Islam berada pada masa-masa kejayaannya, ada  seorang khalifah nan mashur Umar Ibn Abdul Azis berkata, “Bilamana ada orang yang sanggup berjalan dari Sana’a (Ibu Kota Yaman) menuju Darul Baidho (Ibu Kota Maroko di Afrika Utara) untuk mencari orang-orang fakir miskin yang kesusahan, niscaya mereka  tidak akan menemukannya,” ungkapnya.

Begitu hebatnya Islam pada masa-masa kejayaanya, bahkan jauh sebelum itu ketika ada seorang yang menguasai kunci Baitul Maqdis di Palestina, maka pada Pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab dapat mengambil alih kepemilikan Baitul Maqdis dan diserahkan ke Umat Islam. Cerita lain dari seorang perempuan yang pernah menjadi korban dari pelecehan seksual, lalu meminta tolong dengan Umar bin Khatab.

Di satu sisi, mungkin kita berada dalam masa Kejayaan Islam. Kita boleh bersyukur karena saat ini Khutbah Jumat belum di larang. Mungkin kita boleh beruntung, karena suara adzan masih berkumandang di masjid-masjid. Namun sejarah membentangkan kepada kita, saat seorang Mustofa Kemal Artaturk pernah melarang suara adzan berkumandang menggunakan mikrofon (Pengeras Suara) di Masjid-Masjid Turki, padahal Islam sudah menguasai Turki sejak lama.

Ketika Khotib menyaksikan sendiri betapa megahnya peninggalan Kerajaan Islam yang di bangun di puncak bukit seluas 32 hektar di Tanah Andalusia, Spanyol. Al-Hambra, Hambra berasal dari kata Akmar (Merah), karena memang bangunan megah itu di bangun dari bebatuan granit yang berwarna merah. Cahaya kuning kemerahan ketika sinar matahari memantulkan cahaya ke tembok-tembok Al-Hambra makin mempercantik bangunan ini. Ukiran berbahasa Arab dengan bangunan-bangunan khas Tanah Arab menjadi daya tarik tersendiri. Namun kini, bangunan megah peninggalan Umat Islam itu tinggal cerita, saut-saut suara adzan pun sudah tidak terdengar.

Baca Juga :  Inilah Gaya Hidup Remaja Zaman Sekarang
khutbah

Khutbah ini kembali mengingatkan kita, marilah kita wariskan Islam kepada diri, kepada keluarga, anak, cucu, cicit, menantu, supaya jangan sampai apa yang terjadi di tanah Andalusia juga terjadi pada umat saat ini. Islam akan dihormati jika kita punya kekuatan. Kekuatan iman, kekuatan harta, dan kekuatan ilmu pengetahuan. Sebaliknya, Islam akan diremehkan jika kita lemah.

Kekuatan  Islam yang sesungguhnya juga ditunjukan dalam sebuah kisah saat Nabi Muhammad membawa 10.000 pasukan saat memasuki Kota Madinah Al Munawaroh, dan sesampainya di Mekkah beliau bersihkan semua kesyirikan, tetapi tidak ada satu tombak pun yang melayang, dan juga tidak ada satu anak panah pun yang melukai siapa pun. Islam datang dengan penuh kedamaian. Maka pada saat itu turun Surah An- Nasr iżā jā`a naṣrullāhi wal-fat-ḥ (Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan)Wa ra`aitan-nāsa yadkhulụna fī dīnillāhi afwājā (Dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah).

Orang-orang banyak memeluk Agama Islam, bahwa mereka yang masuk Islam bukan hanya satu atau dua orang, dalam surah ini di sebutkanafwājā (berbodong-bondong). Mereka masuk ke Agama Allah secara berbondong-bongong, tidak lain karena Islam menunjukan kekuatan dan juga  penuh kedamaian. Semoga, Allah senantiasa memberikan kita kekuatan, kekuatan iman, kekuatan harta, dan kekuatan ilmu pengetahuan.

BACA JUGA http://SEJARAH PERJALANAN PENJELAJAH MUSLIM CHENG HO PERANG DI JAWA

Nah untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtube “KanalPedia Islam” 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here