Channel E – Sebagai salah satu negara yang pernah menjajah Indonesia selama kurang lebih 3,5 tahun, Jepang meninggalkan sejumlah peninggalan bersejarah seperti lubang atau goa jepang. Pada saat itu, tentara Jepang menggunakan goa sebagai bunker atau benteng pertahanan para tentara Jepang.

Namun mengingat proses pembangunannya menggunakan sistem kerja paksa, hampir seluruh goa jepang di Indonesia menyisakan kisah kelam dan berbau mistis. Ditambah lagi sebuah fakta bahwa goa-goa ini seringkali digunakan sebagai tempat untuk menyiksa para tahanan hingga meregang nyawa. Bahkan, jenazah mereka dibiarkan begitu saja di dalamnya.

Lalu, di mana saja letak goa-goa Jepang tersebut? yuk!!! simak artikelnya

1Goa Klungkung Bali

Gambar Istimewa

Gua Jepang yang berada di Desa Banjarangkan di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, merupakan salah satu cagar budaya menyimpan cerita misteri sering terjadi penampakan makhluk astral.  Menurut cerita mulut ke mulut, Goa ini dibangun oleh masyarakat dengan cara romusa (kerja paksa). Fungsinya adalah untuk benteng pertahanan sekaligus tempat penahanan bagi para pribumi (orang-orang Indonesia).Tak terhitung sudah banyak orang yang ditahan dan disiksa sampai mati di tempat ini.

Akibat sejarah kelam tersebut, goa jepang yang memiliki kedalaman 15 meter itu konon menjadi rumah bagi sejumlah makhluk halus. Berdasarkan penuturan penduduk lokal, mereka seringkali melihat sosok penampakan manusia dengan tubuh yang terluka parah. Ada juga yang menyerupai siluman berwajah menyeramkan.

2Goa Jepang Bandung

Gambar Istimewa

Bandung bukan hanya menyuguhkan pemandangan alam, di hutan Indonesia terdapat goa peninggalan zaman penjajahan, yaitu Goa Jepang. Letaknya berada tengah hutan Djuanda.Di dalam Gua ini begitu lembab, gelap. Terdapat juga sejumlah terowongan kecil, penjara, rel kereta hingga rantai-rantai besar yang dulunya digunakan oleh rakyat saat era kerja paksa romusa.

Baca Juga :  BAPAK SOSIOLOGI ISLAM IBNU KHALDUN

Siapa sangka Kota Kembang Bandung juga menjadi saksi bisu kekejaman penjajah Jepang. Goa Jepang di Bandung dibangun pada tahun 1942 dengan fisik dan bangunan yang sangat kuat. Lokasinya berada di Taman Hutan Ir. Juanda di Bukit Dago Pakar, Bandung. Sama seperti goa-goa Jepang pada umumnya, tempat ini juga digunakan sebagai tempat persembunyian dan sel tahanan.

Konon gua Jepang ini dianggap angker. Tak sedikit cerita yang mengatakan, bahwa di area bahkan di dalamnya terdapat arwah-arwah tentara Jepang, hingga warga yang dulunya disiksa dan dibunuh di dalamnya.Selain itu terdapat juga mitos, di tempat ini dilarang menyebutkan nama ‘lada’. Apabila ada yang mengatakannya, maka akan terjadi sesuatu seperti kesurupan hingga ditampakkan sosok yang menyeramkan.

3Goa Jepang Manado

Gambar Istimewa

Masyarakat setempat menyebutnya Gua 100 Kamar. Gua ini memang merupakan sebuah liang yang dalam. Rongga di dalamnya cukup besar dengan pencahayaan yang minim. Sementara kondisi di sekitar gua masih cukup alami. Anda masih harus berjalan kaki sejauh 500 meter untuk mencapai lokasi gua sejarah ini.
Sulawesi Utara adalah wilayah pendaratan Sekutu untuk masuk ke Indonesia dari arah Pasifik. Karena itu, daerah ini menjadi front pertempuran yang sengit.

 Selain digunakan sebagai tempat penyiksaan dan sel tahanan, goa ini digadang-gadang dapat menimbulkan efek ilusi.Percaya atau tidak, banyak pengunjung yang pernah menyaksisakan langsung bahwa goa ini memiliki dua lubang. Padahal setelah mereka melihat secara seksama, gua tersebut hanya memiliki satu jalan masuk. Tak sedikit pula yang pernah mengalami kejadiaan-kejadiaan mistis saat mencoba memasuki area goa.

4Goa Jepang Bukit Tinggi

Gambar Istimewa

Meski sudah menjadi tempat wisata, Lubang Jepang di Bukittingi, Sumatera Barat, ternyata juga menyimpan segudang kisah mistis yang menyeramkan. Pada masanya, Lubang Jepang digunakan sebagai terowongan atau bungker pertahanan yang dulu beroperasi sekitar tahun 1942 silam. Lubang ini juga disebut-sebut sebagai terowongan terpanjang di Asia dengan total panjang mencapi 8 km.

Baca Juga :  Ternyata Ini Hidangan yang Wajib di Santap dari Wilayah Jepang Utara

Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat sekitar 21 lorong kecil dengan berbagai fungsi, mulai dari ruangan khusus untuk menyiksa tahanan tanpa diberi makan dan minum, hingga ruangan kecil untuk membuang jenazah. Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti berapa jumlah korban meninggal akibat pembangunan lubang tersebut karena melalui proses romusa.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here