Channel E – Di bumi ini, jutaan hewan hidup dengan beragam spesiesnya. Mereka bisa kita temukan di gunung, hutan, sungai, danau, laut, dan bagian-bagian wilayah lainnya. Bahkan beberapa hewan hanya bisa ditemui di wilayah tertentu dengan keunikan dan keanehannya sendiri.

Teman-teman mungkin tidak menyadari kalau ada hewan yang memang mempunyai bentuk yang unik dan aneh hidup di bumi ini. Lalu, kira-kira hewan unik dan aneh itu ada apa saja, ya?

Untuk mengetahui lebih lanjut, teman-teman bisa menyimak informasi berikut ini. Simak yuk!

1. Axolotl

gambar istimewa

Atau salamander meksiko, yang juga mempunyai nama ilmiah Ambystoma mexicanum ini adalah salah satu hewan amfibi. ditemukan di danau Xochimilco dan danau Chalco di Meksiko, Amerika Selatan.

Bentuk fisik axolotl sendiri tidak seperti salamander lainnya yang kehilangan insangnya. Mereka tetap mempunyai insang meskipun sudah dewasa, itulah kenapa hewan ini begitu unik. Bahkan menurut penelitian, axolotl mampu memperbarui hampir seluruh anggota badannya.

2. Salamander Raksasa Tiongkok

gambar istimewa

Masih satu spesies dengan axolotl, salamander raksasa tiongkok atau nama lainnya Andrias davidianus ini mempunyai ukuran yang luar biasa. Tidak seperti jenis salamander lainnya, salamander ini bahkan mempunyai ukuran panjang sekitar 1,7 Meter dan berat sekitar 29 Kilogram. Karena keunikannya tersebut, salamander ini sudah masuk daftar terancam punah dan penurunan populasi akibat diburu untuk pengobatan tradisional.

Keunikan lain dari salamander raksasa tiongkok adalah mereka bisa mengeluarkan suara seperti mendesis, merengek, dan menangis. Untuk menjumpai salamander jenis ini, kita hanya bisa menemukannya di sungai dan danau berbatu di wilayah Tiongkok.

3. Katak Cakar Afrika

gambar istimewa

Katak cakar afrika atau nama latinnya Xenopus laevis ini hidup di danau padang rumput atau di wilayah beriklim semi kering. Untungnya, katak ini populasinya masih cukup banyak dan tidak menuju kepunahan. Keunikan dari katak ini adalah mereka mempunyai cakar di belakang kaki mereka yang digunakan untuk berburu.

Baca Juga :  Sinopsis Flower of Evil: Drama Lee Joon Gi soal Psikopat

Keunikan lainnya, mereka berbeda dari jenis katak lainya yang bisa melompat jauh, katak ini hanya bisa merangkak menggunakan kakinya. Bahkan katak ini tidak mempunyai lidah dan harus dibantu dengan kaki depannya ketika ingin makan. Selain itu, jika danau padang rumput yang mereka tinggali mengering, mereka akan bertahan dengan cara tertidur selama satu tahun untuk mengunggu hujan.

4. Kura-Kura Leher Ular

gambar istimewa

Kura-kura leher ular atau Chelodina longicollis ini bisa hidup di lahan basah, seperti rawa dan sungai di Australia bagian timur dan Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Tidak seperti kura-kura lainnya yang berleher pendek dan bisa menarik kepalanya ke dalam cangkang.

Kura-kura leher ular mempunyai leher yang panjang seperti ular. Ketika, dalam kondisi bahaya kepalanya akan ditarik ke samping ke dalam cangkang. Selain itu, mereka juga akan mengeluarkan bau yang menyengat ketika sedang terancam.

5. Katak Kaca

gambar istimewa

Kata kaca atau nama ilmiahnya Centrolenidae, ini hidup di dalam hutan hujan tropis dengan memakan berbagai macam serangga. Ciri fisik dari katak kaca adalah mereka mempunyai warna hijau cerah seperti jeruk limau.

Lalu apa yang membuat mereka unik? Ternyata, bagian perut mereka mempunyai kulit yang transparan dan bisa ditembus cahaya. Kita pun bisa melihat dengan jelas organ mereka, seperti jantung, hati, sistem pencernaan, bahkan telur.

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here