26.3 C
Jakarta
Wednesday, April 24, 2024

Kisah Konyol Nuaiman Sahabat Nabi Yang Menjual Temannya Sendiri

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh halo sahabat kanal pedia Islam, kali ini kita akan membahas kisah konyol nuaiman Sahabat nabi.

Kehidupan rasulullah yang mempunyai sifat dan kebiasaan berbeda-beda salah satunya adalah sahabat yang dikenal konyol cerdik dan sering membuat nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam tertawa terpingkal sendiri bernama lengkap bin Amr bin rafah yang merupakan sahabat dari kaum anshor artinya merupakan seorang penduduk asli kota Madinah. Sering kali menghibur Rasulullah tetapi tidak jarang pula membuat Rasulullah kesal sebab nuaiman merupakan sahabat yang doyan minum arah beberapa kali tertangkap basah oleh nabi ketika biasanya akan mendapat hukuman, hukuman yang sering ia dapat tidak membuatnya kapok,hingga suatu ketika setelah berkali-kali mengulangi perbuatannya nuaiman mendapat ancaman hukuman berat dari nabi dan akhirnya ia mau bertobat. meskipun nuaiman dikenal sebagai sahabat yang gemar memabukan namun, ia tercatat sebagai seorang mujahid dirinya terlibat dalam perang badar kejadian konyol yang pernah dilakukan adalah saat ia menjual temannya sendiri.

NUAIMAN MENJUAL TEMAN NYA SENDIRI

NUAIMAN
NUAIMAN

Suatu hari nuaiman tengah dalam perjalanan menuju basroh bersama sahabat abu bakar untuk berdagang. Selain itu, ikut pula Suwaibith bin harmalah yang bertugas untuk mengamankan bekal makanan dalam perjalanan tersebut karena lapar nuaiman meminta bekal makanan itu kepada Suwaibith tapi ditolak mentah-mentah karena abu bakar yang memimpin perjalanan sedang pergi sejenak tunggulah sampai abu bakar datang kata Suwaibith kepada nuaiman. Karena jengkel Nuaiman pun berniat membalas apa yang dilakukan Suwaibith, ia kemudian menemui sejumlah orang menawarkan bahwa ia menjual seorang budak dengan harga yang cukup murah dalam presentasinya itu Nuaiman menyebut bahwa yang ia miliki sering mengaku kalau dirinya adalah orang yang merdeka setelah ada yang berniat membeli budak itu Nuaiman pun membawa calon pembeli ke hadapan Suwaibith temannya sendiri, Nuaiman langsung menunjuk Suwaibith yang sedang duduk, sontak saja suwaibith merasa terkejut dan mengaku bahwa dirinya orang merdeka, berkali kali Suwaibith menjelaskan bahwa ia orang merdeka. Namun, karena sudah dijelaskan nuaiman,calon pembeli itu berkata pada Suwaibith “tidak usah mengelak kami sudah paham sifatmu” kejadian itu pun diceritakan kepada nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam hingga membuatnya tertawa terpingkal-pingkal bahkan nabi berkata “nuaiman akan masuk surga” sambil tertawa karena ia sering membuatku tertawa.

Nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalPedia Islam”

BACA JUGA Masjid – Masjid di Korea Selatan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles