24.4 C
Jakarta
Sunday, August 7, 2022

Suka Menonton Film Horor? Ternyata Ini Dampaknya bagi Kesehatan

Channel ESiapa yang suka menonton film horor atau film seram? Film horor memang bisa membuat kita takut. Bahkan tak jarang ada orang yang sampai tidak bisa tidur setelah menonton film horor. Namun, ada beberapa orang yang senang menonton film horor karena suka memacu adrenalin.

Ada rasa bangga dan puas jika mereka berhasil menonton film horor tanpa ketakutan. Tahukah teman-teman? Ternyata menonton film horor itu bisa berdampak bagi kesehatan kita, lo. Ada dampak baik dan dampak buruk saat menonton film horor. Apa saja, ya?

Dampak Baik Menonton Film Horor Yaitu :

Baik untuk Kekebalan Tubuh

Ketika sedang mengalami rasa takut saat menonton film horor, ritme pernapasan dan denyut jantung akan meningkat. Pembuluh darah perifer akan menyempit, sementara pembuluh darah pusat akan melebar.
Pelebaran pembuluh darah pusat akan membawa oksigen dan nutrisi yang berlimpah untuk organ-organ penting.
Kadar glukosa dalam darah juga akan bertambah sehingga menyediakan simpanan energi jika dibutuhkan. Begitu juga dengan kadar kalsium dan sel darah putih yang turut meningkat dalam tubuh. Peningkatan jumlah sel darah putih ini tentu baik untuk sistem kekebalan tubuh.

 Dapat Membakar Kalori

Sekelompok peneliti dari Universitas Westminster di London menemukan bahwa orang-orang yang menonton film horor selama 90 menit dapat membakar hingga 180 kalori.
Uniknya, jumlah kalori yang dibakar ini lebih banyak daripada ketika kita berjalan kaki selama 30 menit, lo.

Membantu Mengatasi Rasa Takut yang Sebenarnya

Setiap orang memiliki sifat dasar untuk selalu waspada terhadap adanya bahaya di sekitarnya. Menonton film horor dikatakan dapat membantu seseorang untuk menghadapi rasa takut terhadap bahaya.

Tak hanya itu, menonton film horor juga dikatakan bisa menjadi salah satu langkah yang membantu seseorang dalam mengendalikan rangsangan untuk bertindak jahat.Dengan menonton film horor, orang dapat menahan keinginan untuk melakukan kekerasan.

Baca Juga :  Sinopsis "Oblivion ( 2013)"

Dampak Buruk Menonton Film Horor Yaitu :

Meningkatkan Risiko Pengentalan Darah

Beberapa peneliti menemukan bahwa sering menonton film horor dapat membuat darah semakin mengental. Meski begitu, pembekuan darah yang muncul ini diperkirakan tidak akan mengarah pada pembentukan gumpalan darah.

 Bisa Terkena Gangguan Tidur

Penelitian lain menyebutkan bahwa orang-orang yang menonton film horor sebelum usia 14 tahun akan mengalami gangguan tidur. Kita juga bisa sering merasa cemas dengan kegiatan yang seharusnya aman.
Meski film horor hanyalah cerita yang diciptakan dari imajinasi pembuatnya, kta mungkin akan mempercayai apa yang mereka lihat.

Bahkan adik-adik kecil belum bisa membedakan dengan baik mana yang fantasi dan realita.Karena itu, rasa takut akan membuat kita mengalami kesulitan tidur setelah menonton film seram

Meningkatkan Potensi Pingsan

Saat sedang merasa takut atau cemas, tubuh akan melepaskan hormon adrenalin.  Jantung kemudian memompa darah semakin banyak ke bagian kaki sebagai persiapan untuk lari.

Akibatnya, aliran darah ke bagian tubuh atas, khususnya kepala , menjadi berkurang dan mengakibatkan seseorang mudah pingsan . Kondisi ini bisa saja terjadi ketika kita sangat ketakutan saat menonton film horor. Menikmati film horor memang tidak dilarang, dan terkadang bisa menyehatkan. Namun, kita disarankan untuk menontonnya dengan didampingi orang tua, ya.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,360SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles