Channel E – Tahukah teman-teman ketika sedang memiliki gejala batuk atau sakit batuk, kita harus menghindari mengonsumsi buah-buahan tertentu? Bukannya membuat tubuh cepat sehat atau batuk cepat sembuh, beberapa buah-buahan ini justru bisa memperparah gejala batuk, lo!

Hal ini karena ada kandungan yang membuat tubuh kita mengeluarkan senyawa tertentu dan menyebabkan gejala batuk semakin parah. Oleh karena itu, teman-teman perlu menghindari jenis buah-buahan tersebut agar batuk cepat sembuh. Lalu, apa saja jenis buah-buahan yang perlu dihindari ketika batuk?

Untuk mencari tahu, teman-teman perlu menyimak penjelasan berikut ini. Yuk, simak!

1. Pisang

gambar istimewa

Buah pisang ternyata tidak boleh kita konsumsi ketika sedang sakit batuk. Hal ini karena buah pisang yang dikonsumsi ketika sakit batuk, bisa memicu tubuh untuk menghasilkan histamin.

Histamin adalah senyawa yang bisa memicu tubuh untuk merasakan gejala alergi. Meskipun, teman-teman tidak mempunyai alergi pada pisang, lebih baik hindari buah ini ketika batuk.

2. Alpukat

gambar istimewa

Buah selanjutnya yang sebaiknya tidak teman-teman konsumsi ketika sakit batuk adalah buah alpukat. Sama seperti buah pisang, buah alpukat juga mengandung senyawa histamin. Bahkan kandungan histamin pada alpukat lebih tinggi daripada buah pisang. Oleh karena itu, ketika sedang batuk, hindari juga buah alpukat.

Meskipun, banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang baik, karena kandungan histaminnya alpukat jadi kurang baik ketika dikonsumsi ketika tubuh sedang sakit batuk.

3. Jeruk

gambar istimewa

Siapa sangka, buah yang tinggi vitamin C ini kurang baik dikonsumsi ketika kita sedang sakit batuk. Kenapa bisa begitu? Padahal vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar kita bisa cepat sembuh.

Ternyata, hal ini disebabkan jeruk mengandung asam sitrat yang bisa menyebabkan asam pada lambung naik ke tenggorokan. Karena itu, bisa-bisa batuk semakin parah dan mengiritasi bagian tenggorokan. Lebih baik, teman-teman mengurangi konsumsi jeruk ketika sedang batuk, apalagi jika kita mempunyai gejala asam lambung. Makanlah buah lain yang tidak mempunyai kandungan asam sitrat yang tinggi.

Baca Juga :  Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh

4. Strawberry

gambar istimewa

Selanjutnya ada buah stroberi yang tidak boleh kita konsumsi terlalu banyak ketika sedang sakit batuk. Hal ini karena stroberi juga mengandung senyawa histamin. Tentu, senyawa histamin bisa saja memperparah kondisi batuk yang kita alami.

Meskipun kamu tidak mempunyai reaksi alergi pada buah stroberi, sebaiknya hindari jika ingin batuk cepat sembuh. Karena jika batuk tidak sembuh-sembuh bisa mengganggu aktivitas dan membuat tenggorokan tidak nyaman.

 

Jadi, itulah empat buah-buahan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi ketika sedang sakit batuk.

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here