Channel EMemiliki kulit yang sensitif tentu membuat seseorang sangat hati-hati dalam memilih produk skincare yang digunakan. Tapi sebenarnya, apa sih penyebab kulit menjadi sensitif? Salah satunya ternyata adalah terlalu tipisnya skin barrier pada kulit. Skin barrier sendiri adalah lapisan terluar dari kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit sehingga tetap sehat dan juga lembap. Lapisan kulit ini biasanya terletak di bagian atas dermis dan menutupi bagian lainnya seperti otot, arteri dan masih banyak lagi.

Melemahnya skin barrier dapat menimbulkan keadaan kulit sensitif dimana akan mudah teriritasi sampai mudah berjerawat. Jadi, bagaimana cara untuk meningkatkan kekuatan skin barrier pada kulit agar tidak jadi sensitif? Berikut ini 6 cara untuk meningkatkan kekuatan skin barrier pada kulit sensitif!

 

1Membuat Skincare Routine yang Simpel

Merawat kulit melibatkan berbagai produk skincare, namun ternyata menggunakan produk skincare yang terlalu kompleks juga menjadi alasan kenapa skin barrier menjadi lemah. Karena itu, apabila kamu merasa memiliki kulit sensitif, fokuslah untuk memperbaiki skin barrier terlebih dahulu. Salah satu caranya dengan membuat skincare routine menjadi lebih simpel. Gunakan cleanser dengan kandungan gentle, toner yang menghidrasi kulit, pelembap yang juga mengunci kelembapan serta sunscreen untuk pagi sampai siang hari.

2Hindari Skincare Mengandung Scrub

Saat skin barrier terasa melemah ditandai dengan kulit terasa lebih sensitif, ada baiknya kamu menghindari proses physical exfoliation. Untuk itu, pastikan produk skincare yang kamu gunakan tidak mengandung scrub dan jangan terlalu sering menggosok muka karena akan memperparah keadaan kulit. Gunakan skincare dengan kandungan yang gentle, dan apabila kamu menggunakan aplikator skincare juga gunakan yang memiliki bahan yang lembut untuk menghindari iritasi kulit akibat skin barrier yang sedang tidak dalam keadaan yang kuat.

Baca Juga :  Inilah 4 Hal yang Membuat Kucing Saling Menampar Satu Sama Lain

3Memahami Kandungan Skincare

Saat memutuskan menggunakan sebuah skincare, tentu kamu bukan cuma membeli berdasarkan rekomendasi dong? Kamu juga wajib mengetahui kandungan yang ada dalam produk skincare tersebut. Sebelum membeli produk skincare, biasakan untuk mengecek terlebih dahulu kandungan di dalamnya. Apabila perlu, lakukan riset terlebih dahulu agar kamu bisa meminimalisir kondisi dimana mungkin ada kandungan skincare yang tidak cocok dengan kulitmu.

4Mencuci Muka dengan Suhu Air yang Sedang

Ternyata menggunakan air terlalu panas atau terlalu dingin juga bisa menyebabkan melemahnya skin barrier sehingga membuat kulit mengalami kondisi yang sensitif. Sebaiknya untuk menghindari keadaan tersebut, gunakan air dengan temperatur sedang untuk mencuci muka. Selain itu gunakan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit serta yang memiliki kandungan yang lembut.

5Menghindari Stres

Ternyata stres bisa jadi salah satu penyebab skin barrier kita melemah. Kulit adalah bagian organ yang paling besar ada di dalam tubuh kita oleh karena itu nutrisi yang diberikan harus diperhatikan baik dari luar dan dalam. Dikutip dari Get The Gloss, stres menjadi salah satu penyebab lamanya penyembuhan luka pada kulit serta perbaikan skin barrier kita. Oleh karena itu, penting juga untuk mengelola stres dengan benar agar tidak mempengaruhi skin barrier.

Menggunakan Sunscreen

Salah satu hal paling mudah untuk melindungi skin barrier adalah dengan memastikan bahwa sunscreen sudah masuk didalam daily skincare product yang kamu gunakan. Pastikan sunscreen yang kamu gunakan mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas serta cukup untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung saat kamu beraktivitas.

 

Itu tadi 6 cara untuk meningkatkan kekuatan skin barrier pada kulit sehingga tidak mudah mengalami kondisi sensitif. Semoga artikelnya bermanfaat!.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Micellar Water untuk Remaja

Jangan lupa kunjungi youtube kami diĀ Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here