“Tak perlu tertawa atau menangis

Pada gunung dan laut

Karena gunung dan laut

Tak punya rasa”

Penggalan lirik lagu di atas rasanya cocok sekali didengarkan sembari meniti jalan menuju puncak gunung. Meski perlu menggendong carrier berat selama berjam-jam, rasa lelah akan terbayarkan saat melihat pemandangan di puncak gunung.

Selain memiliki pulau-pulau yang cantik, Indonesia juga menyimpan jajaran gunung yang siap didaki. Banyak yang berpikir mendaki gunung adalah aktivitas berat. Namun, terdapat juga gunung yang cukup mudah didaki oleh pemula. Untuk itu, kami telah merangkum gunung di Jawa Barat yang cocok didaki untuk pemula.

 

1. Gunung Putri

gambar istimewa

Dengan jalur pendakian yang cukup mudah, Gunung Putri cocok didaki untuk pemula. Terletak di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, kamu bisa mencapai puncak hanya dengan 30 menit perjalanan. Di ketinggian 1587 mdpl, kamu dapat menikmati sunrise dan sunset tanpa tertutupi polusi.

Untuk sampai ke puncak, kamu dapat mengambil jalur dari Pasar Lembang ke arah Tangkuban Perahu, kemudian melewati Masjid Agung Lembang, lalu berhenti di gang menuju Gunung Putri. Dari gang tersebut, kamu hanya perlu mengikuti jalan selama kurang lebih 20 menit untuk sampai di kawasan Gunung Putri.

2. Gunung Salak

gambar istimewa

Memiliki trek yang cukup mudah, Gunung Salak menjadi salah satu tujuan pendaki untuk pemula. Jalurnya yang cukup landai dengan pemandangan yang memesona, akan mengobati lelah kamu di sepanjang jalan. Gunung Salak berlokasi di Kabupaten Sukabumi dengan ketinggian 2.211 mdpl.

Gunung Salak memiliki dua puncak, yaitu puncak I dan II. Untuk menuju puncak II, kamu bisa mengambil jalur Curugnangka di sisi timur. Jika ingin menuju puncak I, para pendaki biasanya melewati daerah Cimelati, dekat Cicurug, Sukabumi.

Baca Juga :  Rekomendasi Birthday Cake Unik yang Bisa Jadi Kejutan Manis

3. Gunung Puncak Mega

gambar istimewa

Gunung Puncak Mega menjadi salah satu rekomendasi untuk pendaki pemula. Untuk sampai ke puncak, kamu perlu mendaki melalui Gunung Puntang di Pangalengan. Sesampainya di puncak, terdapat terusan trek untuk sampai di Gunung Puncak Mega.

Memiliki ketinggian 2.223 mdpl, Gunung Puncak Mega sudah sejak lama dijadikan destinasi wisata. Dengan udara yang sejuk dan segar, kamu bisa berwisata ke bumi perkemahan, kolam cinta, taman bougenville dan Curug Siliwangi.

4. Gunung Papandayan

jawa barat
gambar istimewa

Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.665 mdpl dan sering dijadikan tujuan mendaki untuk pemula. Karena sering dikunjungi pendaki, selama perjalanan menuju puncak kamu akan banyak menemukan toilet atau warung. Daya tarik utama Gunung Papandayan adalah hutan mati yang banyak dijadikan tempat untuk berfoto.

Gunung Papandayan memiliki dua jalur pendakian, yang pertama adalah jalur Cisurupan, yang lebih mudah untuk pendaki pemula. Sedangkan untuk jalur Pandeglang memiliki trek yang lebih terjal.

5. Gunung Gede

jawa barat
gambar istimewa

Gunung Gede merupakan gunung vulkanik dengan ketinggian sekitar 2.958 mdpl. Terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Untuk sampai ke puncak Gunung Gede, kamu bisa memilih antara jalur Gunung Putri yang merupakan trek paling sulit untuk dilalui, jalur Cibodas adalah jalur yang paling sering didaki dan jalur Selabintana dengan rute yang paling panjang untuk menuju puncak.

Ketiga jalur pendakian tersebut adalah jalur resmi karena dikelola oleh pihak Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), adapun jalan lain selain ketiga jalur tersebut adalah jalur ilegal.

7. Gunung Ciremai

jawa barat
gambar istimewa

Salah satu gunung yang paling banyak diminati adalah Gunung Ciremai. Puncak tertinggi di Jawa Barat ini memiliki ketinggian mencapai 3.078 mdpl. Secara administratif, Gunung Ciremai masuk ke dalam wilayah kabupaten Cirebon, Kuningan dan Majalengka. Trek Gunung Ciremai memiliki jalur panjang di pinggir kawah dengan pemandangan yang menyejukkan mata. Pendakian bisa dimulai dari jalur Palutungan di selatan dan jalur Linggarjati di utara.

Itulah rekomendasi gunung di Jawa Barat yang cocok untuk pemula. Sebelum mendaki, persiapkan diri dan peralatan sebaik-baiknya. Cek lokasi dan cuaca sebelum melakukan pendakian, serta pertimbangkan saat yang paling tepat untuk mulai berjalan.

Jangan lupa kunjungi youtube kami diĀ Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here