Channel ETampil percaya diri dengan gigi yang putih dan bersih menjadi impian banyak orang. Bahkan, nggak sedikit yang rela mengeluarkan budget lebih demi mendapatkan gigi yang putih dan bersih. Nah, sebelum mencari cara memutihkan gigi, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa yang membuat gigi kamu menjadi kuning.

Gigi bisa saja menguning karena beberapa faktor meskipun Anda sudah rajin menggosoknya sesuai anjuran. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan hidup seperti makanan dan minuman. Selain menguning umumnya juga akan menimbulkan bau terutama bagi para perokok. Akibatnya tentu membuat orang lain kurang nyaman berada di dekat Anda.

Nah, tapi tidak perlu khawatir, karena gigi yang menguning bisa kembali putih hanya dengan bahan alami kok. Penasaran bagaimana cara memutihkan gigi kuning secara alami? Let’s check this out!

1. Garam

gambar istimewa

Garam menjadi salah satu bahan alami yang efektif untuk memutihkan gigi yang kuning dan membunuh kuman penyebab gigi berlubang. Karena garam mengandung anti-mikroba dan bersifat abrasif. Untuk itu, kamu bisa berkumur-kumur dan menggosok gigi menggunakan air garam. Lakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang signifikan.

2. Lemon

gambar istimewa

Cara memutihkan gigi kuning secara alami berikutnya adalah dengan lemon. Mengandung asam sitrat dan senyawa d-limonene,  lemon dipercaya mampu menjaga kebersihan mulut dan membantu memutihkan gigi. Cara menggunakannya juga sangat mudah, ambil satu sendok perasan lemon lalu dicampur dengan satu sendok teh air. Lalu aplikasikan kedua bahan tersebut menggunakan sikat gigi. Agar gigi terlihat lebih putih dengan cepat, tips ini bisa kamu lakukan satu kali dalam seminggu.

4. Kunyit

gambar istimewa

Nggak hanya mencerahkan kulit, ternyata kunyit juga bisa membantu memutihkan gigi dan menjaga kesehatan mulut karena mengandung vitamin C, magnesium, dan selenium. Cara menggunakannya, siapkan satu sendok teh bubuk kunyit dan sedikit garam, lalu aplikasikan dengan gosok gigi selama lima menit. Lalu, kumur hingga mulut terasa bersih.

5. Stroberi

gambar istimewa

Tak hanya lezat, buah stroberi menyimpan vitamin C yang dapat membantu mencerahkan dan memutihkan gigi kamu. Selain itu, buah storberi juga kaya akan anti-oksidan yang  menjaga kesehatan mulut dan gigi. Tentu saja, cara menggunakannya juga mudah banget, ambil buah stroberi lalu gosok secara perlahan pada gigi.

6. Daun sirih

gambar istimewa

Sejak jaman nenek moyang, daun sirih sudah dipercaya untuk membersihkan mulut dan gigi. Pasalnya, kandungan yang di dalam daun sirih dapat membunuh kuman penyebab kerusakan gigi dan memutihkan gigi secara alami. Cara memutihkan gigi kuning secara alami menggunakan daun sirih adalah dengan mengambil selembar daun sirih yang masih segar, lalu aplikasikan ke gigi dengan cara digosok secara perlahan.

7. Daun Mimba

gambar istimewa

Mungkin untuk beberapa daerah bahan ini asih asing, namun manfaatnya sangat baik untuk membuat gigi semakin putih secara berkala. Tentunya Anda harus menggunakannya rutin bukan hanya satu atau dua kali saja. Selain itu harus menghindari penyebabnya seperti minum coklat berlebihan.

Kandungan azadirachtin yang terdapat dalam daun mimba bertugas untuk membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Cara menggunakannya yakni dengan mengoleskan bahan ini ke bagian gigi secara merata. Hanya saja pengaplikasian sendiri tidak boleh berlebihan guna menghindari dampak buruk.

8. Jahe

putih
gambar istimewa

Di dalam jahe mengandung antibakteri untuk meminimalisir gigi berlubang serta bau mulut. Selain itu Anda bisa menggunakannya sebagai pemutih gigi alami dengan cara menggosok-gosokkannya ke seluruh bagian secara merata. Namun perlu diketahui efeknya tentu akan terasa sedikit pedas.

Baca Juga :  Manfaat Buah Murbei yang Wajib Diketahui!

Jahe juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh misalnya untuk obat masuk angin serta menghangatkan ketika musim dingin. Saat ini jenisnya sendiri terbilang cukup banyak salah satu yang terkenal akan kualitas dan memiliki efek panas tinggi yakni jahe merah.

9. Kulit Pisang

putih
gambar istimewa

Setelah memakan pisang, sebaiknya kulitnya jangan segera dibuang, karena berdasarkan beberapa penelitian mengungkapkan jika kandungan di dalamnya bisa memutihkan gigi. Caranya yakni dengan menggosokkannya secara merata. Pastikan mengaplikasikannya secara berkala sesuai arahan.

Namun tidak semua jenis kulit pisang bisa digunakan untuk memutihkan. Umumnya adalah pisang ambon karena bagian tersebut juga cukup tebal sedangkan bau serta rasanya terbilang enak. Untuk itu jika menggunakannya maka seseorang tidak akan merasa terbebani atau terganggu.

10. Susu

putih
gambar istimewa

Susu memang disarankan untuk diminum terutama saat masih dalam masa pertumbuhan karena didalamnya terkandung zat-zat penguat tulang dan gigi yakni fosfor dan magnesium. Menurut beberapa sumber terpercaya juga sering digunakan untuk menyamarkan warna kuning pada gigi.

Bagi penyuka susu tentu carasatu ini akan dijadikan pilihan, sebab Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dengan meminumnya sesuai takaran. Sebaiknya dukung dengan cara mengurangi konsumsi bahan-bahan yang menyebabkan gigi menguning seperti kopi, tek, bahkan soda.

11. Biji buah pinang

putih
gambar istimewa

Di beberapa daerah biji buah pinang semakin sulit untuk didapatkan karena ada banyak yang ditebang karena dianggap kurang bermanfaat. Namun tahukah Anda jika tumbuhan satu ini dapat membuat gigi semakin bersih. Di samping itu juga memperkuat daya tahannya sehingga tidak mudah keropos.

So, itu dia 11 cara memutihkan gigi kuning secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi dengan rutin menggosok gigi dan kurangi minuman berwarna ya!

Baca Juga :  6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak Anda!

Jadi itu dia tujuh cara menghilangkan bruntusan di jidat yang efektif dan alami. Kamu mau mencoba cara yang mana nih?

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here