Channel E – Sebagian besar orang pasti mengenal dengan buah yang berasal dari pohon yang menjulang tinggi dan batangnya biasa digunakan untuk kegiatan panjat pinang. Ya, buah pinang memang buah yang berasal dari pohon pinang. Buah yang memiliki bentuk bulat  seukuran bola bekel ini memang memiliki khasiat yang luar biasa.

Akan tetapi, anda perlu tahu bahwa Manfaat dan kandungan biji pinang sangatlah banyak. Biji pinang memang sudah lama dikenal memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan manusia.

Pohon pinang merupakan salah satu jenis palm yang banyak ditemukan di daerah Asia, Pasifik, dan Afrika daerah timur. Ciri khas pohon ini yaitu memiliki batang yang tinggi dan memiliki daun seperti sirip yang melengkung sehingga terlihat indah. Biji pinang yang bulat kecil namun memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan manusia.

Agar teman-teman lebih jelas dalam mengetahui apa saja Manfaat dan kandungan biji pinang, teman-teman dapat melihatnya sebagai berikut ini!

1. Mengatasi masalah cacingan

Sebelum digunakan untuk mengobati cacingan pada manusia, kandungan yang terdapat di buah pinang seperti Arecoline yang berbentuk minyak basa keras yang berfungsi untuk membasmi cacing pita yang terdapat pada unggas, anjing, dan kucing.

Akan tetapi, manusia mulai mengkonsumsinya untuk mengobati cacingan yang efektif tanpa campuran obat kimia sintesis. Teman-teman dapat langsung mengunyah biji pinang yang masih muda dan menghisap cairannya untuk mengobati cacingan. Akan tetapi, jika buah pinang yang dikonsumsi agak tua, anda bisa meremukan isinya dan merebusnya sebelum anda minum.

3. Manfaat tradisional

Secara tradisional, biji pinang dapat digunakan untuk mengobati penyakit diare berdarah, disentri, dan kudisan. Biasanya orang-orang pedesaan banyak yang memanfaatkan biji pinang sebagai ramuan yang berkhasiat untuk mengobati penyakit-penyakit tersebut.

Meski diproses secara sederhana, namun Manfaat dan kandungan biji pinang tetaplah sama dengan ramuan yang diolah dengan cara yang lebih modern. Sudah sejak lama masyarakat tradisional menggunakan biji pinang sebagai ramuan yang mereka andalkan.

4. Mengecilkan Rahim setelah melahirkan

Biji pinang yang masih muda dapat digunakan untuk mengecilkan Rahim wanita yang baru melahirkan. Cara pengobatannya sangatlah mudah. biji pinang dicuci hingga bersih, kemudian direbus hingga mendidih. Setelah dingin, air rebusan biji pinang dapat diminum.

5. Sebagai bahan pewarna alami

Warna merah yang terdapat pada biji pinang dapat dimanfaatkan untuk bahan pewarna serat yang aman. Selain itu, pewarna dari biji pinang memiliki kualitas yang bagus dan tentunya alami. Warna merah pada biji pinang muda dihasilkan oleh senyawa phobapheen yang terdapat di dalamnya.

 

Jadi itulah, beberapa manfaat dan kandungan biji pinang untuk kesehatan!

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here