Inilah 5 Asal Usul Dari Bunga Sepatu Yang Jarang Orang Ketahui

0
103

Channel EBunga Sepatu atau juga dikenal dengan nama hibiscus ini adalah bunga   yang tumbuh Tropis di wilayah Indonesia.
Teman-teman bisa menjumpai bunga sepatu di kebun atau pekarangan rumah.
Tanaman bunga sepatu akan tumbuh dengan subur di tempat yang teduh dan akan memekarkan bunganya yang berwarna merah cerah.

Tanaman ini mempunyai bentuk daun bergerigi dan bisa tumbuh setinggi 4,5 meter, lo! Spesies bunga sepatu ada berbagai macam jenisnya yang tumbuh di Indonesia. Teman-teman bisa memilih jenis apa saja yang bisa ditanam di pekarangan rumah.

Lalu, apakah bunga sepatu juga mempunyai fakta? Tentu saja! Untuk mengetahuinya teman-teman bisa menyimak fakta-fakta bunga sepatu berikut ini. Yuk, simak! 

4. Ciri-Ciri Bunga Sepatu

Bunga sepatu ini mempunyai bentuk kelopak bunga seperti terompet yang berukuran besar. Kelopaknya terdiri dari benang sari dan kepala putik.
Meskipun bunganya terlihat cantik, tapi bunga sepatu tidak punya aroma yang khas.

Jadi, kurang cocok jika ditanam untuk mengharumkan pekarangan rumah.
Selain merah, warna bunga sepatu juga ada yang berwarna ungu, putih, kuning, oranye, biru, dan merah muda.

3. Asal-usul Nama Bunga Sepatu

Tahukah teman-teman kenapa bunga ini dinamakan Bunga Sepatu? Hal ini karena, getah bunga sepatu bisa kita manfaatkan untuk sepatu agar kembali berkilau, lo.

Itulah, asal-usul kenapa bunga ini dinamakan bunga sepatu. Selain itu, bunga sepatu juga bisa kita seduh untuk dijadikan teh herbal yang nikmat.

2. Merawat Tanaman Bunga Sepatu

Tanaman ini bisa kita tanam di pot atau ke tanah langsung, kok. Pastikan jika di dalam pot, teman-teman memilih pot yang mempunyai sistem peresapan yang bagus.

O iya, bunga sepatu juga bisa tumbuh cepat dengan lebat, pilihlah pot yang berukuran besar agar tumbuhan bisa tumbuh dengan bebas. Selain itu, tanaman bunga sepatu juga butuh penyiraman setiap hari agar cepat menumbuhkan bunga.

1.  Dimanfaatkan sebagai Riasan 

Fakta lain dari bunga sepatu adalah mereka sering dimanfaatkan sebagai riasan. Di Tiongkok, bunga sepatu diolah menjadi riasan yang bisa memberi warna alami pada alis. Di Haiti dan Hawaii mereka menggunakan bunga sepati sebagai aksesori yang dipasang di telinga.

Baca Juga :  Asal Usul Roti Manis dengan Berbagai Topping, Martabak Manis dan Terang Bulan

Jika bunga sepatu dipasang di sebelah kanan telinga, artinya mereka belum menikah dan jika di sebelah kiri, mereka sudah menikah. Nah, itulah fakta-fakta menarik dari bunga sepatu. Mulai dari ciri-cirinya sampai dijadikan riasan.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here