32.1 C
Jakarta
Friday, August 12, 2022

KOTA HARAR, KOTA SUCI UMAT MUSLIM

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, halo sahabat Dunia Islam,kali ini kita akan membahas tentang mengintip Harar di Ethiopia yang dijuluki kota suci Islam ke 4 oleh UNESCO.

Kehidupan Muslim di Kota Harar

Kota harar eutophia

KOTA HARAR
KOTA HARAR

Harar, kota Islam tertua di Afrika mencoba bertahan diri melawan pengaruh budaya luar.
Kota yang juga termasuk kota suci Islam di Afrika ini terletak di bagian timur laut Ethopia dan dikelilingi oleh tembok yang dibangun pada abad ke 13 dan 16. Harar disebut didirikan oleh imigran Arab antara abad ke 10 dan 13. Kota tua di sana disebut dengan harar jugol yang memiliki lima gerbang utama.

Kota harar memiliki 82 masjid dan 102 tempat suci.

MASJID KOTA HARAR
MASJID KOTA HARAR

Dengan masjid Jami yang berada di pusat kota sebagai masjid terbesar. Dilihat dari banyaknya tempat ibadah untuk masyarakat muslim ini, ternyata sepertiga warga Ethiopia memeluk agama Islam. Meski demikian masyarakat muslim disana cukup terbuka dan memiliki toleransi yang tinggi terhadap perbedaan. Terdapat gereja ortodok dan gereja katolik yang berdiri hampir berdampingan dengan masjid di kota tersebut.
Pada tahun 2003 harar mendapatkan penghargaan kota perdamaian dari UNESCO karena toleransi antar umat beragama yang cukup baik disana, dari lama resminya UNESCO juga menyebut harar dengan julukan kota bersejarah yang dibentengi dan kota suci Islam ke-empat dalam Islam, dengan jumlah penduduk sebanyak 120.000 jiwa. Mayoritas penduduk harar tidak bisa dilepaskan dari hal yang berbau mistis.
Hal ini karena pengaruh sufisme yang kuat disana, salah satu tradisi masyarakat harar adalah berziarah di makam Syekh abadeer yang merupakan salah satu pendiri kota harar, uniknya mereka biasa duduk dan mengunyah daun card yang memiliki kandungan psychoactive untuk bisa berdoa selama berjam jam, hingga kini kawasan harar menjadi pusat perdagangan card dan menyumbang 70% devisa dari sektor pertanian.
Jika berkunjung ke daerah ini akan menemukan papan neon besar bertuliskan disitu office. Hal ini karena masyarakat harar hidup bersama dengan damai meskipun terdapat penduduk yang berbeda keyakinan, Kota Harar juga masuk ke dalam daftar warisan dunia sejak tahun 2006, karena memiliki tata kelola yang unik dan khas untuk rumah rumah hari, banyak sekali interior berwarna warni yang dihiasi sejumlah dekorasi seperti pot,wajan, hingga keranjang.
umat Muslim itu, agama menjadi faktor penting.
Saban malam sekawanan Hiena berpesta daging di pinggir tembok purba yang mengitari Harar – salah satu kota Islam tertua di dunia. Selama beribu tahun wajah kota tidak berubah. Perempuan berkerudung memapah kayu bakar di kepala, sementara para lelaki bersarung menggiring kambing di tepi jalan. Hingga kini penduduk kota masih berupaya menjaga tradisi dan warna kental Islam dari godaan dunia luar. Namun betapapun gigihnya Harar memenjarakan diri, modernitas perlahan mulai berjejak di kota tua ini.

Baca Juga :  DERMAWANNYA SEORANG BAJAK LAUT

Perlawanan dari Balik Tembok

Namun begitu sekelompok aktivis bertekad melawan arus pengaruh dari dunia luar. Mereka mendikte semua yang dianggap mencerminkan kebudayaan lokal, mulai dari pakaian hingga teknik kuras buku, dari tari-tarian hingga nyanyian rakyat.

“Karena globalisasi, anda tidak bisa mencegah datangnya perubahan. Tapi budaya dan agama harus bertahan,” kata Abdela Sherif, pemilik sebuah museum yang memiliki koleksi terbesar benda-benda kuno dari Harari.

Kami akan mempertahankan budaya kami, tradisi kami, kebudayaan tua kami. Dan kami akan menyelamatkannya dengan cara merevitalisasi,” imbuh Sherif. Salah satunya adalah dengan mendigitalisasi buku-buku dan lirik lagu kuno yang berasal dari Harar.

Nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalDunia Islam”

BACA JUGA Maroko Masjid Koutoubia

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,420SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles