Channel EApakah teman-teman menyukai bunga? Berbagai jenis bunga segar bisa kita beli di toko bunga langganan. Bunga segar itu selain bisa dijadikan hadiah, bisa juga kita gunakan sebagai dekorasi di ruangan rumah

Dengan adanya bunga ini, rumah terasa lebih cantik dan harum alami bunga. Biasanya, bunga segar ini akan kita masukkan ke dalam vas yang sudah diisi air, agar mereka tetap segar dan tidak mudah layu. Namun, meskipun begitu sering kali bunga ini tetap layu lebih cepat dari perkiraan teman-teman.

Lalu, bagaimana caranya membuat bunga segar ini awet lebih lama di dalam vas bunga, ya? Yuk, cari tahu dengan menyimak informasi berikut ini yuk.

1. Cara Menjaga Bunga Tetap Segar

gambar istimewa

Ada beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan, agar bunga segar di dalam vas tetap segar dengan begitu, bunga tidak cepat layu dan mati dan aromanya tidak hilang begitu saja. Berikut ini beberapa caranya.

2. Memangkas Batang Setiap Hari

gambar istimewa

Cara pertama yang bisa teman-teman lakukan adalah memangkas batang bunga setiap hari. Jadi, jangan langsung atau asal memasukkan bunga ke dalam vas. Rawatlah bunga segar agar lebih tahan lama, karena pembusukan pada batang bisa menghambat penyerapan air.

Dengan pemangkasan ini, air jadi tidak terhalang dan bisa memasok air secara terus menerus. Gunakanlah gunting yang tajam dan bersih untuk memangkas bagian ujung batang dan lakukan di bawah pancuran air.

3. Mengganti Air Setiap Hari

gambar istimewa

Selain memangkas bagian batang, teman-teman juga harus melakukan pergantian air setiap hari. Hal ini berguna untuk mengurangi pertumbuhan bakteri, sekaligus juga kita bisa membersihkan bagian dalam vas sebelum diisi air kembali.

Baca Juga :  Inilah 4 Fakta Unik Kalajengking Serangga Beracun

Setelah vas bunga bersih, isilah kembali dengan air dingin, karena jika air terlalu hangat hanya akan membuat bunga cepat layu. Bahkan kita juga menambahkan obat sakit kepala (aspirin), pemutih, logam seng, gula putih, atau cuka apel ke dalam air agar kesegaran bunga lebih lama.

4. Memangkas Daunnya

gambar istimewa

Bunga segar yang ada beberapa helai daunnya juga bisa kita pangkas, kok. Pastikan, pemangkasan ini tidak merusak permukaan batang. Jadi, kita hanya akan memotong daunnya dengan tepat.

Cara ini juga bisa mencegah pertumbuhan bakteri di dalam air yang menyebabkan pembusukan lebih cepat. Memangkas daun bisa dilakukan pada bunga jenis apapun, termasuk bunga baby’s breath.

5. Menjauhkan dari Sinar Matahari

gambar istimewa

Letakkanlah vas bunga yang berisi air dan bunga segar jauh dari sinar matahari. Karena, sinar matahari yang cerah bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri di dalam air dan membuat bunga jadi layu lebih cepat. Jika terpaksa terkena sinar matahari, teman-teman bisa menghalangi sinar matahari menggunakan tirai yang dipasang di jendela atau pintu masuk.

Selain itu, bunga segar jangan diletakkan di dekat jendela berkaca. Jauhkan juga dari sumber panas seperti lemari es, oven, dan kamar mandi beruap.

6. Mendinginkan Semalam

gambar istimewa

Sebelum dipajang di vas bunga dan diletakkan di sudut rumah sebagai dekorasi. Bunga segar yang kita beli bisa didinginkan semalaman terlebih dahulu. Suhu yang dingin ini bisa membuat bunga tetap segar lebih lama. Kita bisa membungkusnya dengan kertas koran atau langsung dimasukkan saja ke dalam kulkas. Namun, pastikan bunga tidak tertindih sesuatu agar kondisinya kelopaknya tetap utuh, ya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga bunga segar lebih tahan lama di dalam vas.

Baca Juga :  Artis Baim Wong Akhirnya Lepas Citayam Fashion Week

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here