Sering Dikaitkan Dengan Nasib buruk Dan Asal-Usul Kucing Hitam

0
334

Channel E – Apa yang teman-teman pikirkan jika melihat  kucing hitam? Mungkin, sebagian dari kita ada yang takut, karena kucing hitam sering dikaitkan dengan hal-hal yang berbau seram. Bahkan, kucing hitam juga sering dihubungkan dengan perayaan Halloween. Halloween merupakan perayaan yang dikaitkan dengan hantu, cerita misteri, dan berbagai hal mistis.

Pada perayaan Halloween, banyak orang memakai kostum hantu atau karakter-karakter menyeramkan. Bagi anak-anak, perayaan Halloween pada 31 Oktober menjadi hari berburu cokelat dan permen. Nah, saat perayaan Halloween, ada beberapa dekorasi khas yang digunakan untuk menghias rumah atau tempat-tempat umum, seperti buah labu, penyihir, dan kucing hitam.

Kira-kira, bagaimana asal mula kucing hitam dikaitkan dengan perayaan Halloween, ya?

Mengapa Halloween Dihubungkan dengan Kostum Hantu?

Halloween awalnya adalah festival orang Celtic yang tinggal wilayah Eropa, sekarang adalah Irlandia, Inggris, dan Prancis Utara, sekitar 2.000 tahun lalu. Orang Celtic merayakan tahun baru pada tanggal 1 November. Ini karena hari itu menandai berakhirnya musim panas dan musim panen, serta datangnya musim dingin yang gelap.

Nah, musim dingin ini juga dihubungkan dengan kematian manusia. Orang Celtic percaya saat malam tahun baru, yaitu pada 31 Oktober, roh-roh leluhur kembali ke Bumi, dan mereka merayakannya dengan Festival Samhain.Mereka merayakannya dengan kostum hantu dari hewan-hewan, teman-teman.

Dari sanalah asalnya kostum hantu pada perayaan Halloween.

Asal Mula Kucing Hitam Dikaitkan dengan Halloween

Seperti yang Bobo sebutkan sebelumnya, kucing hitam sering dikaitkan dengan hal-hal mistis dan seram.  Ini karena ada banyak legenda dan cerita rakyat yang berhubungan dengan kucing hitam. Pada abad pertengahan di Prancis dan Spanyol, kucing hitam dianggap membawa nasib buruk, dan dipercaya berkaitan dengan ilmu sihir.

Kepercayaan ini juga dibawa ke Amerika oleh Peziarah Koloni Plymouth ke Amerika.Mereka adalah umat Protestan yang sangat taat dan menghindari hal-hal yang bertentangan dengan agama, salah satunya yang sihir. Nah, salah satu hal yang dianggap berkaitan dengan sihir adalah kucing hitam, teman-teman.

Menurut legenda, para penyhir bisa berubah menjadi kucing hitam . Ada juga yang percaya kalau kucing hitam bisa kembali hidup setelah ia wafat. Akhirnya kepercayaan ini tersebar ke Eropa dan New England, teman-teman. Mitos tentang kucing ini pun semakin berkembang.

Karena Halloween dikaitkan dengan hal-hal gaib dan horor, makanya kucing hitam pun jadi ikut dikaitkan, deh.Apalagi, asal mula Halloween juga berasal dari hari untuk menghormati orang yang sudah meninggal. Tradisi-tradisi kuno pun biasanya memiliki ritual-ritual tertentu, seperti cerita tentang penyihir.

Jadi, begitulah asal mulanya kucing hitam menjadi salah satu hal yang dikaitkan dengan perayaan Halloween!

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!