Channel E  – Salah satu hal yang membuat kepercayaan diri kita turun adalah masalah rambut. Ketombe, misalnya. Bukan hanya menimbulkan serpihan putih pada bahu. Tapi, juga dapat menimbulkan rasa gatal tak tertahankan pada kulit kepala. Jika sudah begini, tentu kita jadi kurang percaya diri, bukan?

Buat kamu yang belum tahu, ternyata terdapat dua jenis ketombe. Jenis yang pertama adalah ketombe kering. Sebenarnya, ketombe kering ini merupakan sel kulit kepala yang kering kemudian terkelupas. Sel kulit kepala ini kemudian berjatuhan dari kepala yang menimbulkan serpihan pada pakaian.

Lalu jenis ketombe lainnya adalah ketombe basah. Berbeda dengan ketombe kering, ketombe basah menempel pada kulit kepala, berwarna agak kekuningan, dan lengket saat dipegang. Biasanya, ketombe basah juga menimbulkan bau yang tak sedap.

Dalam artikel ini, akan dibahas cara menghilangkan ketombe basah yang bisa kamu lakukan di rumah. Simak yuk, selengkapnya berikut ini.

1. Keramas dan bersihkan rambut secara rutin

Ketombe basah timbul akibat kulit kepala yang kotor dan berminyak. Penumpukan kotoran pada kulit kepala inilah yang membuat ketombe basah muncul.  Dengan keramas, kamu bisa menghilangkan kotoran dan minyak yang menumpuk. Sehingga, tak ada lagi ketombe yang muncul di kulit kepalamu.

2. Keramas dengan sampo anti-ketombe

Supaya saat keramas kulit kepalamu bersih maksimal, gunakan sampo anti-ketombe yang dapat kamu beli di minimarket atau e-commerce. Efeknya, rambutmu akan menjadi bersih lebih lama.

4. Gosokkan lidah buaya pada kulit kepala

Jika sampo dirasa kurang cukup, kamu bisa mengatasi ketombe basah dengan bahan-bahan alami. Salah satunya adalah menggunakan lidah buaya. Kamu dapat mengurangi munculnya ketombe dengan rutin menggunakan lidah buaya.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala. Kamu hanya perlu mengupas lidah buaya, kemudian gosokkan daging lidah buaya yang berbentuk gel ke kulit kepala. Diamkan 15-20 menit, lalu keramas dan bersihkan seperti biasa menggunakan air dingin.

5. Gunakan lemon untuk mengatasi ketombe

Selain lidah buaya, lemon juga menjadi salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan ketombe. Lemon dipercaya sebagai astringent alami yang dapat mengontrol produksi minyak pada kulit kepala.

Cara menggunakannya mudah kok, Kamu hanya perlu menyiapkan perasan air lemon yang dicampur sedikit air. Semprotkan pada kulit kepala dan diamkan 15-20 menit sebelum dibilas hingga bersih.

Jika kamu memilih menggunakan lemon, hati-hati, ya,. Kalau kulit kepalamu terdapat luka, air perasan lemon ini akan membuatnya sedikit perih.

6. Manfaatkan garam sebagai scrub alami

Ketombe basah yang mengendap di kulit kepala akan mudah dihilangkan dengan scrubbing. Namun, tidak sembarang scrub bisa kamu gunakan untuk menghilangkan ketombe. Sebab, salah-salah, rambutmu bisa rusak.

Tapi, kamu bisa memanfaatkan garam sebagai scrub alami untuk menghilangkan ketombe. Caranya, ambil garam secukupnya dan kemudian scrub kulit kepala sampai bersih. Setelah itu, keramas untuk menghilangkan kotoran dari sisa scrub. Mudah dan murah, bukan?

8. Gunakan minyak almond

Minyak almond menjadi cara selanjutnya untuk menghilangkan ketombe basah. Cara menggunakannya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak almond pada kulit kepala. Gosok dan pijat selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, bilas rambut dengan air hangat dan dilanjutkan dengan keramas seperti biasa.

9. Pakai minyak tea tree untuk hilangkan ketombe

Siapa bilang minyak tea tree hanya ampuh untuk mengatasi jerawat? Faktanya, minyak ini pun juga mampu mengatasi ketombe basah yang membandel.

Caranya adalah dengan meneteskan minyak tea tree ke kulit kepala. Pijat lembut kulit kepala dan diamkan 5-10 menit. Kemudian, bilas rambut dengan air hangat dan keramas seperti biasa.

10. Konsultasikan dengan dokter

Kamu bisa mengonsultasikan masalah ini ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat. Dokter akan memberikan sampo atau krim anti-jamur agar ketombe tidak muncul kembali.

Itulah tadi cara menghilangkan ketombe basah. Semoga artikel ini dapat membantumu mengatasi masalah rambut, ya!

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here