32 C
Jakarta
Monday, August 15, 2022

TRADISI UNIK IDUL ADHA DI DUNIA

Assalamualaikum warrahmatullahi wabaraktuh halo sahabat dunia Islam,kali ini kita akan membahas tradisi unik perayaan idul Adha di luar negeri.

IDUL ADHA
IDUL ADHA

Idul Adha atau Idul Qurban atau Lebaran Haji merupakan salah satu hari besar yang dirayakan umat Islam di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Perayaan idul Adha berawal dari sejarah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail peringatan hari raya ini memiliki tradisi unik di sejumlah negara luar negeri. Hari Raya Idul Adha diperingati setiap tanggal 10 julhijah dalam penanggalan Islam atau tepatnya 70 hari setelah perayaan hari raya Idul Fitri yang jatuh pada satu Syawal. yang khas dari hari ini adalah penyembelihan hewan kurban untuk memperingati perintah Tuhan kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya Ismail,di Indonesia binatang kurban biasanya berupa sapi, kambing dan kerbau negara lain misalnya di kawasan timur tengah jenis hewan ternak berkaki empat lainnya seperti unta, domba atau biri-biri juga biasa dijadikan kurban Idul Adha. Berikut ini negara-negara yang memiliki tradisi unik pada saat perayaan idul Adha.

1.MAROKO

MAROKO
MAROKO

Warga Maroko biasanya menyembelih domba sebagai hewan qurban dan kemudian diolah menjadi masakan tradisional khas negara di Afrika bagian utara ini, orang Maroko akan memasak daging dari seluruh bagian domba adalah hidangan khusus yang menggunakan kepala, ekor, usus, perut, kaki bahkan otak hingga lemak. Di hari pertama Idul Adha perut dan hati domba panggang menjadi pilihan bagi kebanyakan warga Maroko untuk sebagian orang mungkin tampak aneh dan barang kali mengandung kolesterol tinggi ,namun buat orang Maroko makanan jenis ini justru menjadi favorit loh, malam harinya biasanya disajikan kepala atau daging domba dengan berbagai jenis sayuran termasuk bawang zucchini, labu, wortel, kol, tomat, kol rabi dan kadang ubi jalar, buncis serta cabai. Masakan ini disantap bersama kos kos yakni makanan utama bagi masyarakat Afrika Utara yang terbuat dari beras bagi penduduk Maroko Idul Adha juga menjadi momen liburan untuk saling berkumpul bersama keluarga dan saling berkunjung ada tetangga untuk berbagai hidangan tradisional dengan bahan utama daging kurban.  Setiap idul Adha tiba memakai pakaian tradisional yang paling bagus dan biasanya baru dibeli khusus untuk hari raya ini.

Baca Juga :  Beginilah Pesona Alam Di Uzbekistan

2.INGGRIS

INGGRIS
INGGRIS

Idul Adha juga dirayakan oleh kaum muslimin di Inggris komunitas Islam di beberapa kota di negara ini biasanya menggelar pasar malam sebagai salah satu bentuk perayaan Idul Adha dan dikunjungi oleh warga muslim di kota itu, di hari pertama tentu saja umat Islam di Inggris menjalankan salat Ied serta ada pula yang kemudian menyembelih hewan kurban selain itu di masjid-masjid juga diadakan studi atau kuliah singkat membahas tentang Islam terutama budaya dan sejarah untuk makanan khas idul Adha di Inggris daging kurban biasanya sapi atau kambing biasanya diolah menjadi makanan bercita rasa gurih dapat juga tergantung tradisi masing-masing keluarga muslim di Inggris terutama bagi warga peranakan berdarah timur tengah Afrika Utara, Asia Selatan atau Turki.

3. INDIA

INDIA
INDIA

Umat muslim di India memang diperbolehkan menyembelih sapi saat idul Adha namun untuk menghargai warga Hindu yang sebagian menganggap sapi, lembu atau kerbau sebagai hewan cuci para ulama Islam dan kelompok-kelompok Muslim di India, dia menyarankan agar menyembelih jenis binatang lainnya semisal kambing. Salah satu hidangan khas Idul Adha di India nalini hari yang berbadan daging dan dimasak cukup lama dengan berbagai macam jenis rempah-rempah nalini hari biasanya disajikan bersama sayuran segar dan daun ketumbar.

4. BANGLADESH

BANGLADESH
BANGLADESH

Idul Adha di Bangladesh disebut dengan istilah kurban irit atau bakti it,sebulan sebelum  perayaan dimulai berbagai toko kain,pakaian, oleh-oleh, makanan dan lainnya sudah siap menyambut hari raya ini. Biasanya saat Idul Adha banyak orang Bangladesh yang berbelanja sebelum dengan kerabat dan sanak saudara.

5. PAKISTAN

PAKISTAN
PAKISTAN

Masyarakat Pakistan merayakan idul Adha selama 4 hari, sepanjang perayaan ini tokoh-toko disarankan untuk tutup karena orang-orang menghabiskan hari dengan berdoa dan menyembelih hewan qurban seperti di Indonesia daging hewan qurban kemudian dibagikan kepada saudara,kerabat,teman atau mereka yang membutuhkan. Perayaan Idul Adha di Pakistan juga diramaikan dengan acara kumpul keluarga untuk saling berbagi makanan dan bertukar hadiah.

Baca Juga :  WARISAN ISLAM DI KESULTANAN OMAN

Nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalPedia Islam”

BACA JUGA KOTA HARAR, KOTA SUCI UMAT MUSLIM

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,460SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles