Channel E – Ada seekor ikan yang diberi gelar ikan berusia berpuluh-puluh tahun di akuarium tertua di dunia, lho, Seekor ikan berjenis Australian Lungfish atau Ikan Lempung Australia bernama Methuselah diyakini menjadi ikan akuarium tertua di dunia. Methuselah ini memiliki umur yang sangat panjang dalam usia ikan dan manusia, yakni 90 tahun.

1. Fakta Menarik Methuselah

gambar istimwa

Methuselah sebagai ikan Australian Lungfish memiliki panjang 1,2 meter dan berat 18,1 kilogram. Methuselah merupakan spesies ikan primitif (ikan kuno) yang memiliki paru-paru dan insang.

Jenis ikan Methuselah ini diyakini sebagai setengah ikan dan setengah amfibi. Saat ini, Methuselah hidup di akuarium yang ada di San Fransisco Amerika Serikat. Diketahui bahwa Methuselah dibawa dari Australia ke museum San Francisco pada tahun 1938.

Setelah diberi waktu adaptasi, Methuselah sudah akrab dikunjungi oleh pengunjung akuarium San Francisco Chronicle sejak tahun 1947. Methuselah ini diyakini berjenis kelamin 95 tahun, teman-teman.

2. Kebiasaan Unik Methuselah

gambar istimewa

Methuselah dijuluki sebagai underwater puppy atau anak anjing bawah air karena tingkahnya yang menggemaskan. Soal makanan, ternyata Methuselah agak pilih-pilih, lo. Methuselah suka memakan buah-buahan kecil yang segar.

Buah kesukaan Methuselah adalah buah ara atau buah tin segar. Selain buah ara, Methuselah suka mengunyah buah beri hitam, anggur, dan selada, lo. Selain buah, makanan Methuselah juga mencakup berbagai ikan, kerang, udang, dan cacing.

Methuselah juga tinggal bersama dua Australian Lungfish lain yang berusia lebih muda. Keduanya bernama Medium yang tiba di museum pada tahun 1952 dan Small yang tiba pada tahun 1990.

Medium dan Small sama-sama diambil dari Sungai Mary, di Queensland Australia. Berat kedua ikan itu masing-masing sekitar 11 kilogram dan 7 kilogram. Sayangnya, pengiriman ikan Australian Lungfish dari Australia ke Amerika Serikat terancam tidak akan diizinkan lagi.

Baca Juga :  Inilah 5 Hewan Unik dan Aneh yang Hidup di Bumi

Hal ini disebabkan oleh kelangkaan Australian Lungfish di Australia dan menjadi hewan dilindungi. Walau berusia 90 tahun, ada ikan Australian Lungfish yang lebih tua, lo. Dialah Granddad, Australian Lungfish tertua yang mampu hidup hingga usia 95 tahun.

Sayangnya Granddad sudah mati pada 2017 yang lalu. Oleh karena itu, rekor ikan akuarium tertua berpindah ke Methuselah.

 

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami diĀ Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here