Channel EBagi sebagian orang, Sarapan Bubur adalah pilihan yang tepat, salah satunya bubur sumsum. Bubur yang terbuat dari tepung beras dan santan ini adalah kuliner legendaris yang banyak ditemukan di pasar tradisional atau ada juga yang dijajakan keliling dari rumah ke rumah. Cara membuat bubur sumsum pun sebenarnya cukup mudah.

Sayangnya, saat ingin membuat sendiri banyak yang masih gagal. Biasanya teksturnya terlalu padat hingga menggumpal. Tentu saja ini mengurangi kenikmatan saat memakannya. Padahal cara membuat bubur sumsum cukup mudah, lo. Supaya bisa lembut dan nggak menggumpal juga ada triknya. Yuk, simak gimana cara membuat bubur sumsum antigagal!

Gambar Istimewa

10. Tips supaya bubur sumsum lembut dan nggak menggumpal

Gambar Istimewa

Sebelum mengetahui cara membuat bubur sumsum yang lebih detail, ketahui dulu tips bagaimana supaya tekstur bubur bisa lembut dan nggak menggumpal. Hal ini cukup penting, karena cara membuat bubur sumsum sendiri sangat simpel, tapi nggak semua orang bisa menghasilkan bubur yang lembut. Begini tips yang harus diperhatikan:

9. Pilih tepung beras yang kering

Berbagai merek Tepung Beras memiliki tingkat kekeringan yang berbeda, maka pilihlah tepung yang kering karena nggak mudah memadat ketika dicampur santan. Sehingga bisa mencegah bubur menggumpal.

8. Gunakan santan dengan kekentalan sedang

Kamu bisa menggunakan santan segar atau pun santan kemasan. Perhatikan kekentalannya, karena santan yang terlalu kental membuat bubur jadi berminyak dan menghilangkan tekstur yang lembut.

Bagi sebagian orang, Sarapan Bubur adalah pilihan yang tepat, salah satunya bubur sumsum. Bubur yang terbuat dari tepung beras dan santan ini adalah kuliner legendaris yang banyak ditemukan di pasar tradisional atau ada juga yang

7. Perbandingan tepung dan santan 1:10

Perbandingan ini menjadi kunci kelembutan bubur dan mencegahnya menggumpal saat dimasak. Adonan yang encer membuat tepung larut dengan santan, sehingga ketika matang menjadi lembut dan creamy.

5. Resep bubur sumsum super simpel dan praktis

Gambar Istimewa

Buat kamu yang ingin mencoba membuat bubur sumsum sendiri, yuk coba resep bubur sumsum berikut. Dijamin enak, lembut dan nggak menggumpal. Berikut cara membuat bubur sumsum sederhana ala rumahan:

4. Bahan bubur:

  • 50 gram tepung beras merek apa saja
  • 500 ml santan segar
  • 2 lembar daun pandan yang diremas dan diikat
  • 1/2 sdt garam

3. Bahan saus gula atau kuah kinca:

  • 500 gram gula aren, sisir halus
  • 3 sdm gula pasir
  • 500 ml air
  • 1 lembar daun pandan, remas dan ikat

2. Cara membuat:

  1. Rebus setengah bagian santan bersama daun pandan, tambahkan garam, lalu aduk rata
  2. Sambil merebus, larutkan setengah santan dengan tepung beras, aduk hingga benar-benar larut dan nggak ada yang menggumpal
  3. Setelah santan bagian pertama mendidih, kecilkan api lalu masukkan larutan tepung dan santan kedua
  4. Aduk adonan bubur hingga mengental dan meletup-letup, usahakan terus diaduk tanpa henti supaya teksturnya lembut dan nggak gosong, lalu matikan api
  5. Buat saus gula atau kuah kinca dengan cara merebus semua bahan hingga mendidih
  6. Sajikan bubur sumsum di dalam mangkuk, kemudian siram dengan saus gula

1. Cara membuat bubur sumsum tanpa santan

Gambar Istimewa

Jika kamu nggak menyukai atau nggak bisa mengonsumsi santan terlalu banyak, maka cobalah cara membuat bubur sumsum tanpa santan. Untuk cara pembuatannya persis seperti resep di atas, hanya saja kamu harus mengganti santan dengan air atau susu UHT sesuai selera.

Jika kamu ingin bubur yang gurih dan creamy, maka kamu bisa mengganti santan dengan campuran air dan susu UHT dengan perbandingan 1:1. Tapi ingat, perbandingannya dengan tepung tetap harus 1:10, ya. Misalnya ingin membuat 50 gram tepung, maka airnya 250 ml dan susunya 250 ml.

Baca Juga :  Cara merawat rambut yang sehat

Nah, itulah cara membuat bubur sumsum yang sederhana dan praktis. Bahkan, kamu bisa membuat sendiri untuk sarapan pagi. Perlu diingat juga ya, beberapa tips bubur yang lembut di atas. Selamat mencoba!

 

jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here