29.9 C
Jakarta
Friday, August 19, 2022

Tak Bisa Minum Susu? Coba Penuhi Asupan Kalsium dari 5 Makanan Ini

Channel E – Susu adalah minuman yang memiliki nutrisi yang beragam dan berguna bagi tubuh. Salah satu nutrisi yang terkandung dalam susu adalah kalsium. Kalsium ini sangat bermanfaat dalam proses penguatan tulang, teman-teman.

Tidak hanya itu, kalsium juga berperan mendukung proses pengiriman pesan dari otak ke seluruh bagian tubuh. Nutrisi ini pun memegang peran yang penting dalam melancarkan aliran darah.

Tapi sayangnya, ada sebagian dari teman-teman yang tidak suka atau alergi pada susu. Apakah kamu salah satunya? Kalau iya, ayo penuhi kebutuhan kalsium harian dari makanan berikut ini.

Sayuran Hijau

gambar istimewa

Sayuran, terlebih sayuran hijau adalah makanan yang kaya akan antioksidan, serat, asam linoleat, vitamin, dan mineral penting seperti kalsium. Jenis sayuran hijau yang mengandung banyak kalsium, yaitu pakcoy (bok choy). Selain mengandung kalsium, pakcoy mengandung magnesium dan vitamin K yang baik untuk kesehatan.

Ada pula sayuran hijau lain yang tinggi kalsium, misalnya brokoli dan bayam. Dalam mengolah sayuran hijau, lebih baik jangan dimasak terlalu lama, ya. Cukup masak atau rebus sebentar sayuran hijau sebelum dimakan. Hal ini bertujuan agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak rusak akibat diolah terlalu lama.

Kacang dan Biji-bijian

gambar istimewa

Pilihan makanan kaya kalsium berikutnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein, lemak sehat, vitamin, serat, dan mineral termasuk kalsium.

Kacang yang memiliki kandungan kalsium tinggi adalah kacang almond dan kedelai. Setiap 15 gram kacang almond, terdapat 40 miligram kalsium. Sementara itu, setiap satu mangkuk kecil olahan kedelai berupa tahu, terdapat sekitar 832 miligram kalsium di dalamnya.

Ikan

gambar istimewa

Pilihan makanan tinggi kalsium kalsium lainnya adalah ikan. kan tinggi kalsium yang paling baik dikonsumsi antara lain tuna, salmon, dan sarden.

Baca Juga :  Cara Mengurangi Mata Minus & Selinder

Tidak hanya kaya kalsium, jenis ikan tersebut juga mengandung protein, vitamin, mineral berkualitas tinggi, serta lemak sehat. Kandungan pada ikan bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan.

Yogurt dan Keju

gambar istimewa

Yoghurt dan keju adalah makanan yang mengandung kalsium tinggi. Tidak hanya kalsium, yogurt dan keju juga kaya protein dan vitamin D.

Vitamin D diperlukan tubuh untuk proses penyerapan kalsium. Selain itu, vitamin D juga bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh, serta menjaga fungsi paru maupun jantung.

Mengolah yogurt dan  keju juga tidak sulit, kok. Teman-teman bisa memakan yogurt dengan buah-buahan segar. Selain itu, keju juga bisa diolah bersama makanan favorit teman-teman atau sebagai campuran roti atau kue. Itulah makanan pilihan kaya kalsium bagi teman-teman yang tidak suka susu.

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles