Channel E – Sebagian dari teman-teman sudah mengetahui beberapa jenis hewan tercantik di dunia. Deretan hewan tercantik di dunia adalah burung merak, burung cenderawasih, macan kumbang, harimau putih, bunglon hijau, angsa putih, ikan badut dan masih banyak lagi.

Selain terdiri dari hewan unggas, mamalia, ikan yang mendapat gelar hewan tercantik di dunia, ada juga hewan tercantik di dunia yang berasal dari golongan mollusca atau hewan lunak.

Hewan lunak tercantik di dunia ini adalah siput laut yang memiliki banyak corak warna cantik yang disebut dengan Nudibranch. Nudibranch adalah salah satu hewan paling cantik di lautan.

Nudibrach adalah siput laut populer yang menjadi kesukaan para peselancar, fotografer, dan ilmuwan untuk diburu foto-fotonya. Siput Nudibranch memiliki ukuran hanya seujung kuku. Meski begitu, siput Nudibranch memiliki tampilan fisik yang mewah dan mempesona.

Beberapa jenis Nudibranch bahkan memiliki bentuk tubuh yang amat aneh dan rumit, sampai-sampai terlihat seperti makhluk dari dunia fantasi, lho. Oleh karena itu, bertemu langsung dengan Nudibrach saat menyelam disebut sebagai pengalaman berharga bagi peselancar.

Nudibrach juga memiliki kehidupan yang unik. Berikut adalah beberapa fakta menarik siput tercantik selautan ini!

1. Nudibranch Punya Keragaman yang Melimpah

gambar istimewa

Nudibranch memiliki lebih dari 3.000 spesies di seluruh dunia. Masing-masing spesies Nudibranch memiliki bentuk tubuh, rupa, dan warnanya sendiri. Uniknya, setiap spesies juga memiliki cara bertahan hidup yang berbeda-beda. Para ilmuwan yakin masih banyak spesies Nudibranch yang belum diketahui.

3. Nudibrach adalah Karnivora

gambar istimewa

Meskipun tubuhnya amat kecil dan lunak, sebagian besar Nudibranch sebenarnya merupakan hewan karnivora. Nudibranch memakan daging hewan lain seperti spons laut, anemon laut, telur siput laut, dan berbagai hewan laut yang lebih kecil.

Nudibranch mengoyak daging mangsanya dengan lidah bergerigi tajam yang disebut radula. Bahkan, beberapa jenis Nudibranch diketahui sebagai kanibal atau memakan sesama jenis Nudibranch lain.

4. Nudibranch Punya Taktik Untuk Perlindungan Diri

gambar istimewa

Salah satu penampakan cantik Nudibranch berwarna merah dan bertanduk.

Nudibranch punya kemampuan untuk menyerap racun yang ada di tubuh mangsanya, kemudian menggunakan racun tersebut untuk melindungi diri dari predator.

Kemampuan unik lainnya adalah, Nudibranch juga bisa menyerap warna tubuh dari mangsanya. Warna tersebut kemudian digunakan sebagai alat penyamaran dan untuk ‘mempercantik’ tubuh Nudibranch sendiri.

5. Habitat Nudibranch Tersebar Merata

gambar istimewa

Kebanyakan Nudibranch hidup di perairan tropis yang hangat dan dangkal. Namun, Nudibranch juga bisa hidup di berbagai wilayah samudra, bahkan hingga ke perairan Kutub Utara yang sangat dingin.

Habitat Nudibranch sangat luas, selama tempat itu bisa menyediakan makanan untuk mereka. Oleh karena itu, siput cantik ini tidak akan ditemukan di wilayah perairan yang rusak.

Perairan rusak umumnya ditandai dengan karang-karangnya mati karena pemutihan, tercemar polusi limbah manusia, berada daerah pelabuhan dan tambang lepas pantai.

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here