Channel E – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki iklim tropis dengan kekayaan alam yang sangat kaya. Tingkat keanekaragaman hayati Indonesia menempati urutan kedua sebagai yang tertinggi setelah Brazil. Terdapat ribuan spesies flora dan fauna yang tersebar di hutan hujan tropis dari Sabang hingga Merauke. namun saat ini keberadaannya mulai sulit untuk ditemukan, bahkan hampir punah.

Dan Indonesia sejak jaman dahulu terkenal dengan kekayaannya yang sangat melimpah dan beragam, salah satunya jenis buah-buahan. Jenis buah-buahan di Indonesia sangatlah banyak, dari yang sudah biasa terdengar, seperti semangka, durian, nangka, pisang, jambu, rambutan dan nanas hingga buah-buahan yang sebagian besar tidak mengetahui namanya.

Banyak faktor yang menyebabkan buah-buahan hamper punah, salah satunya adalah penebangan pohon dan hutan oleh masyarakat atau perusahaan yang tidak bertanggung jawab.

Agar tidak penasaran buah apa saja yang termasuk langka dan hampir punah di Indonesia, simak ulasan selengkapnya.

4. Buah Buni

gambar istimewa

Buah buni memiliki cirri khas yaitu buahnya berada dalam satu tandan dan hampir mirip dengan cranberry. Buah buni muda memiliki warna kekuningan dan menuju merah kehitam-hitaman. Tekstur buah ini saat dimakan adalah sangat berair. Buah buni mengandung pigmen alami yang bisa dijadikan pewarna alami. Biasanya buah buni dijadikan rujak dan juga bisa dijadikan selai.

3. Buah Genitu atau Kenitu

gambar istimewa

Buah Kenitu atau Genitu adalah salah satu buah yang langka, terutama jika tidak pada musimnya. Buah kenitu mempunyai nama ilmiah Chrysophyllum cainito. Orang daerah Lampung sering menyebutnya sawo manila, sedangkan orang Jawa Timur menyebutnya manecu atau sawo hijau. Biasanya pohon buah kenitu bisa tumbuh hingga 30 meter. Buah kenitu ini jika sudah matang bisa langsung di konsumsi atau bisa juga dibuat es krim atau olahan minuman yang lainnya. Jika sudah matang, rasanya sangat manis legit.

Baca Juga :  Beragam Jenis Susu dan Perbedaan Kandungan Nutrisinya

2. Buah Keledang

gambar istimewa

Buah Keledang atau biasa disebut bangsal, binturung, bunon, kayu dadak ini mempunyai nama latin Artocarpus lanceifolius Roxb.  Buak Keledang adalah salah satu jenis buah langka dari wilayah Kalimantan dan saat ini keberadaannya mulai punah dan terlupakan seiring dengan mulai habisnya hutan-hutan alami.

Buah ini tergolong dalam suku nangka-nangkaan (Moraceae) berkerabat dengan nangka, mentawa, cempedak dan lain-lain. Buah Keledang memiliki rasa yang manis, sensasinya seperti kolaborasi rasa nangka dan manggis. Daging buah keledang terpisah dari bijinya seperti nangka. Warna kulit buahnya jingga kemerahan dan berbentuk seperti cempedak.

1. Buah Kemayau

gambar istimewa

Buah Kemayau adalah salah satu buah langka Indonesia, khususnya daerah Kalimantan yang sudah sangat jarang ditemukan akibat semakin menyempitnya hutan alami. Buah kemayau biasa ditemukan di wilayah rimba, namun kita sudah mengetahui sendiri kalau hutan rimba kita sudah hampir punah. Penyebabnya tidak lain tidak bukan adalah ekspansi besar-besaran seperti perkebunan, pertambangan, dan lain-lain telah menghancurkan ratusan hektar hutan rimba.

Cara memakan buah kemayau sangat unik, yaitu dengan direbus selama 2-3 menit. Jika sudah lembek, maka buah ini sudah bisa dimakan. Kulit luarnya yang berwarna hitam dibuang dan dagingnya dimakan. Biasanya paling enak dimakan dengan madu atau gula merah.

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here