26.1 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

99 KUBAH MASJID BERADA DI INDONESIA

Assalamualaikum warrahmatullahi wabaraktuh halo sahabat dunia Islam,kali ini kita akan membahas 99 Kubah Masjid yang ada di Indonesia.

MAKASSAR

Makassar
Makassar

Adalah salah satu dari empat pusat pertumbuhan utama di Indonesia secara demografis kota ini tergolong tipe multietnik atau multikultur dengtan beragam suku bangsa yang menetap di dalamnya. Sebagai ibu kota sekaligus kota terbesar di Indonesia Timur, Makassar menawarkan berbagai destinasi wisata religi untuk menarik minat pengunjung.

PANTAI LOSARI

Pantai Losari
Pantai Losari

Yang berhasil dikenal sebagai ikon adain, pada tepian pantai Losari di Kota Makassar berdiri Masjid unin dan cantik yakni Masjid 99 kubah. Sesuai namanya, masjid ini dipercantik dengan puluhan kubah. Kubah-kubah berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga besar, semua menghiasi bagian atas masjid.Warna masjid ini dominan dengan warna cerah seperti, merah, oranye, dan kuning. Dari kejauhan bangunan ini sudah tampak mencolok. Penampilan masjid ini sakral, monumental, megah dan berkarakter.

MASJID 99 KUBAH

Masjid 99 kubah
Masjid 99 kubah

99 diambil dari Asmaul Husna yang merupakan nama-nama Allah. Masjid rancangan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil terletak di lahan reklamasi pesisir Pantai Losari. Tepatnya berada di Kawasan CPI (Center Point of Indonesia), Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid ini menjadi ikon baru Kota Makassar dan Sulawesi Selatan.

Masjid dengan luas bangunan 72 meter x 45 meter ini bisa menampung sekitar 13 ribu jemaah. Bangunan tepat ibadah umat Muslim ini memiliki tiga bagian yang bisa digunakan jemaah. Ruang sholat dapat menampung 3.880 jemaah, ruang mezzanine dapat menampung 1.005 jemaah. Pelataran suci memuat 8.190 jemaah.

Kelak, masjid yang berada di kawasan Timur Indonesia ini dapat menampung kegiatan ibadah dan syiar Islam. Bangunan ikonik juga diharapkan menjadi tempat rekreasi atau wisata religi bagi para wisatawan lokal atau mancanegara.

Berada di tepi Pantai Losari, Masjid 99 Kubah Makassar sangat cantik dilihat saat momen-momen matahari terbenam. Bangunan ini akan berpadu dengan semburat jingga yang menawan. Warnanya nampak cantik saat malam, kubahnya terlihat megah dengan struktur menawan. Panoramanya pun menakjubkan.

Meski masih dalam tahap pembangunan, namun sangat ramai dikunjungi wisatawan. Terutama pada sore hari, jadi lokasi andalan muda-mudi Makassar menikmati sunset. Para wisatawan yang berkunjung tak ketinggalan mengabadikan keindahan Masjid 99 Kubah Makassar ini.

Pembangunan tahap awal masjid ini pertama dilakukan pada 2017. Dilanjutkan tahap kedua di tahun 2018. Sementara dua tahun berselang tidak dilakukan konstruksi apapun karena adanya audit atau penyelesaian komponen-komponen pengawasan oleh berbagai pihak.

Kini, pembangunan masjid memasuki tahap III. Membetulkan dan menyelesaikan semua area fungsi pemanfaatan masjid. Termasuk area parkir yang bisa dimanfaatkan para santri. Pembangunan masjid ini dijadwalkan rampung tahun mendatang, 2022.

Bentuknya yang unik, Masjid 99 Kubah Makassar akan menjadi 30 masjid terunik di dunia. Masjid terbesar di Sulawesi Selatan ini juga masuk daftar 10 masjid terunik di Indonesia. Saat berkunjung ke Kota Daeng, masjid ini menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan.

Nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “Kanal Dunia Islam”

BACA JUGA TRADISI UNIK IDUL ADHA DI DUNIA

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles