27.6 C
Jakarta
Sunday, August 7, 2022

BAJAK LAUT DERMAWAN

Assalamualaikum warrahmatullahi wabaraktuh halo sahabat dunia Islam,kali ini kita akan membahas negara Somalia yang merupakan negara Arab yang terlupakan.

SOMALIA

Somalia
Somalia

Somalia negara yang berada di tanduk Afrika bagian Timur, secara geografis Somalia sangat dekat dengan Hijaz yang kini dikenal dengan nama Saudi Arabia ia hanya dibatasi oleh selat sempit bernama bab Almandab yang dalam bahasa Arab berarti pintu air mata di zaman Rasulullah, wilayah ini merupakan bagian dari kekuasaan negara habasyah yang dipimpin oleh seorang raja dengan julukan An-Najasyi serupa dengan sebutan Firaun di Mesir Syiah di Iran atau Kaisar Jepang najasyi waktu itu bernama Al Sahma bin Abahar yang terkenal karena keadilannya dan sikap yang bijaksana dalam memimpin negara yang cukup luas meliputi Somalia RI, Tria, Dijibouti, Ethopia, dan Sudan. Saat ini Najasyi Asama bin Abahar yang beragama nasrani menerima kedatangan para Rasulullah yang membawa ajaran Islam dengan ramah, wilayah ini dikenal dengan sebagai wilayah pertama di Afrika yang mengenal Islam. Masuknya Islam ke wilayah ini diikuti oleh masuknya budaya Arab baik dalam hal pakaian, makanan, bahasa,musik dan sebagainya. Sehingga Somalia dkenal sebagai bagian dari dunia Arab tali-temali perkawinan di antara kedua bangsa sudah berlangsung sebelum kedatangan Islam.

Bilal dan Wahsyi

Bilal bin Wahsyi
Bilal bin Wahsyi

merupakan dua pejuang Islam dari kota Mekah yang hidup di zaman Rasulullah, leluhurnya berasal dari Habasyah, kisah pilu bangsa Somalia dimulai ketika juntan Militer yang dipimpin oleh Siad Bare, mendapat perlawanan dari bentuk pemborantakan di akhir tahun 1980-an. Para pemberontak yang berbasis kabilah, kemudian berhasil menjatuhkan Siad Bare berbagai kelompok kemudian bersaing untuk mengisi kevakuman kekuasaan paling tidak ada kekuasaan politik yang menonjol saat itu sejumlah kelompok menentang kehadiran PBB dan paling utama dan penentang ini adalah kelompok UEC yang dipimpin oleh Jenderal Muhammad Farah Aidid. Pertempuran antara pasukan Aidid melawan pasukan Amerika menggunakan bendera UNESCOM.

Baca Juga :  NEGARA SOMALIA YANG TERLUPAKAN

PERTEMPURAN

Pertempuran
Pertempuran

Kisah pertempuran ini menjadi terkenal karena diangkat ke layar lebar oleh Hollywood, pasukan Aidid berhasil menggagalkan operasi yang diberi Sandi Gothic Serpen yang bertujuan menangkap sang pemimpin. Sejumlah helikopter blackbeard pasukan komando yang mengepung tempat tinggal Aidid kelompok disergap RPG pasukan yang melindunginya. Selama tiga tahun bekerja ternyata PBB gagal menyelesaikan misinya dan memutuskan meninggalkan Somalia pada tahun 1995 sembari menetapkan ini sebagai negara gagal setelah PBB mengangkat kaki Farah Aidid mendeklarasikan diri sebagai Presiden Somalia, sementara di Jibouti sekelompok tokoh yang menjadi rivalnya memilih Ali Mahdi Muhammad akibat perpecahan antara kelompok terus berlangsung. Masyarakat Somalia yang sangat religius kemudian menjadi lahan yang sangat subur masuknya gerakan politik internasional yang bermotifan Islam. Hal ini membuat perang sipil tak terelekkan sejumlah anggota perlemen menetapakan di Mogadishu yang menjadi Ibukota Somalia belakang kantor presiden dipindahkan baidoa yang berjarak sekitar 256 km dari Mogadishu.

Masyarakat internasional juga harus ikut menanggung beban karena menjadi target bajak laut yang jumlahnya tidak terhitung yang beroperasi di sela sempit bak almandak diperkirakan semakin hari jumlahnya semakin banyak dengan modus operasi semakin canggih, misalnya negoisasi untuk membebaskan sandera para pembajak tidak mau bertemu langsung begitu juga saat menyerahkan uang harus dilempar ke laut atau ke tengah gurun yang mereka tetapkan dengan cara memandu sang kurir, mungkin karena dianggap menarik kisah bajak laut Somalia sudah diangkat ke layar kaca Hollywood. Kelompok-kelompok bajak laut ini adalah awalnya para nelayan pencari ikan yang bermetamorfosa menjadi perampok di laut kombinasi dari kemiskinan dan hasil yang menggiurkan ditambah dengan banyaknya para pembajak dan mawan yang membagikan hasil jarahan pada masyarakat miskin di kampungnya membuat banyak anak-anak disana bercita-cita menjadi bajak laut, rata-rata ada penghasilan pertahun setiap kelompok bajak laut beranggotakan kurang dari jumlah jari tangan kita mencapai 146 juta dollar Amerika, sejumlah pelaut Indonesia pernah menjadi sandera dan memerlukan tebusan yang tidak kcil disamping proses yang panjang utuk membebaskannya.

Baca Juga :  Penyebab Umat Muslim Di Armenia Semakin Menyusut

Nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalDunia Islam”

BACA JUGA BANGUNAN SAKRAL ISLAM MODERN DI JERMAN

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,360SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles