Assalamualaikum warrahmatullahi wabaraktuh halo sahabat dunia Islam,kali ini kita akan membahas tradisi malam tarawih menarik di bulan ramadhan.

Salat Tarawih merupakan shalat sunnah yang dilaksanakan khusus pada bulan Ramadan. Di Indonesia, salat Tarawih terkadang disebut juga Teraweh ataupun Taraweh dan identik dengan tradisi daerah-daerah setempat. Memasuki bulan Ramadan tentu Toppers yang menjalankan ibadah puasa akan kembali melakukan rutinitas Tarawih. Namun, berbeda tempat, tradisi tarawih juga bisa berbeda, lho.

RAGAM TRADISI TARAWIH DI INDONESIA

TARAWIH DINI HARI – YOGYAKARTA 
TRADISI DINI HARI DI YOGYAKARTA
TRADISI DINI HARI DI YOGYAKARTA

Umumnya di Indonesia, tarawih dilaksanakan seusai shalat Isya. Namun, jika di Masjid Kauman, Yogyakarta, shalat tarawih dilaksanakan pada dini hari, lho! Tepatnya pada pukul 02.00 dini hari. Tradisi tarawih ini bukan tanpa alasan, karena dilaksanakan dengan tujuan memberikan sarana bagi umat yang ingin melaksanakan ibadah tarawih pada sepertiga malam terakhir agar shalat tarawih menjadi lebuh khusyuk. Alasan lainnya adalah karena shalat tarawih dianggap sebagai penutup salat sunnah dalam satu hari sepanjang bulan Ramadhan

SATU SALAT TARAWIH – SATU JUZ

SATU SALAT TARAWIH - SATU JUZ
SATU SALAT TARAWIH – SATU JUZ

Di beberapa wilayah di Indonesia, momen bulan Ramadhan menjadi momen untuk mengkhatam Al-Quran. Hal ini dilakukan dengan cara membaca satu juz penuh setiap salat Tarawih. Hal ini bisa Toppers temuka salah satunya di Masjid Jami, Sungai Jingah, Banjarmasin. Di Masjid Al-Falah Jambi, atau yang dikenal juga sebagai Masjid Agung Seribu Tiang. Tradisi tarawih dengan membaca satu juz setiap satu malam shalat tarawih juga bisa Toppers temui.

TRADISI TARAWIH DI MAROKO

TRADISI TARAWIH DI MAROKO
TRADISI TARAWIH DI MAROKO

Nggak hanya di Indonesia, tradisi unik saat salat Tarawih juga bisa Toppers temui di Maroko, salah satu negara Islam yang menganut madzhab fiqih Maliki. Selain memiliki imam masjid yang hampir semuanya hafal seluruh isi Al-quran, ibadah tarawih pada bulan Ramadhan di Maroko juga dilaksanakan sebanyak dua putaran setiap malamnya. Pada saat satu jam menjelang Adzan Subuh, umat muslim di Maroko akan kembali ke Masjid untuk menunaikan ibadah tarawih untuk kedua kalinya sebanyak 10 rakaat dan menghabiskan separuh juz lebih ayat Al-Quran sebelu ditutup dengan shalat witir.

TARAWIH 100 RAKAAT DALAM SEMALAM DI TARIM, YAMAN

TARAWIH 100 RAKAAT DALAM SEMALAM DI TARIM, YAMAN
TARAWIH 100 RAKAAT DALAM SEMALAM DI TARIM, YAMAN

Berbeda di Maroko, berbeda pula di kota Tarim yang berada di Yaman. Di kota kecil yang memiliki kurang lebih 350 masjid ini melaksanakan shalat tarawih dengan jadwal sendiri-sendiri. Ada masjid yang melaksanakan  shalat tarawih pada jam 9. ada pila yang dimulai dari jam 11.00 , jam 12.00, dan jam 12.30 dini hari, bahkan hingga jam 02.00 dini hari. Karena masing-masing masjid melaksanakan shalat tarawih sebanyak 20 rakaat, Toppers bisa saja melaksanakan hingga 100 rakaat jika kamu melaksanakan shalat tarawih di 5 masjid berbeda yang memiliki jadwal shalat tarawih yang berbeda.

TRADISI URAK WADALAN DI KUDUS 

TRADISI URAK WADALAN DI KUDUS 
TRADISI URAK WADALAN DI KUDUS

Kembali lagi ke Indonesia, tepatnya daerah Kudus. Di kota ini, terdapat tradisi unik yaitu “Urak Wadalan” selepas shalat tarawih. Urak Wadala yang berarti kayu sedekah ini sendiri merupakan tradisi membagi-bagikan jajanan pasar sederhana seusai shalat tarawih. Tradisi tarawih ini memberikan nuansa kebersamaan kepada para jamaah yang tengah menunaikan ibadah shalat tarawih. Dengan mengenal berbagai tradisi shalat tarawih di Indonesia dan manca negara tentu Toppers jadi lebih menghargai tradisi dan semakin semangat menjalankan ibadah-ibadah sepanjang bulan Ramadan, bukan?

Nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalDunia Islam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!