Daerah Istimewa Yogyakarta memang mengusulkan beragam destinasi wisata candi yang bisa kamu kunjungi, mulai dari wisata pantai di Gunung Kidul, wisata Gunung Merapi, wisata hutan dan curug di Bantul. Semua destinasi tersebut tidak cukup jika hanya dikunjungi sehari, dua hari saja. Namun tak hanya itu, masih banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikujungi saat berada di kota budaya  Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Nah, salah satu destinasi wisata candi yang tak banyak diketahui oleh para kalangan. Bahkan, ada banyak sekali candi yang berdiri di sekitar wilayah Yogyakarta yang menyimpan sejarah masa lalu negeri ini.

Berikut deretan candi di sekitar wilayah Yogyakarta yang bisa menjadi referensi tujuan wisata kamu:

1. Candi Sambisari

gambar istimewa

Candi ini merupakan candi Hindu peninggalan Wangsa Syailendra yang diperkirakan dibangun sejak awal abad ke-9. Berbeda dengan candi lainnya yang berada di atas permukaan tanah, Candi Sambisari terletak 6,5 meter di bawah permukaan tanah. Dilansir dari perpusnas, candi ini tertimbun oleh pasir dan batu dari letusan Gunung Merapi.

Candi Sambisari letaknya berada di Dusun Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari pusat Kota Jogja, yakni sejauh 15 kilometer ke arah timur laut.

2. Candi Prambanan

gambar istimewa

Destinasi wisata yang kedua ini mungkin kalian sudah sangat familiar di telinga teman-teman. karena destinasi wisata ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi.

3. Candi Ratu Boko

gambar istimewa

Candi Ratu Boko terletak diatas bukit, atau sekitar 3 kilometer ke selatan dari Candi Prambanan.

Kawasan Ratu Boko yang berlokasi diatas sebuah bukit dengan ketinggian +- 195.97 meter diatas permukaan laut. Wilayah ini sebenarnya bukan sebuah candi, melainkan reruntuhan sebuah kerajaan. Di lahan yang cukup luas, situs Ratu Boko ini terdiri atas beberapa kelompok bangunan, di antaranya gerbang, keputren, dan pendapa. Oleh karena itu, candi Ratu Bako sering disebut Kraton Ratu.

4. Candi Ijo

gambar istimewa

Di selatan candi Ratu Boko, terdapat sebuah kompleks candi seluas 0,8 hektar yang bernama Candi Ijo. Letak candi ini berada di Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Diperkirakan, candi ini dibangun sekitar abad ke-10 sampai 11 dengan latar belakang agama Hindu. Bentuk candi ini terdiri atas beberapa kelompok candi induk, candi pengait, dan candi perwara.

5. Candi Banyuniba

gambar istimewa

Kenapa Candi ini dinamakan Candi Banyuniba? Karena Candi sekitar 15 meter di depan bangunan yang mengalir pada sebuah sungai kecil terletak di Desa Cepit, Bokoharjo, Prambanan, Sleman.

Candi Banyuniba bercorak Budha ini terdiri dari satu candi induk yang menghadap ke Barat dan dikelilingi deretan candi perwara berbentuk stupa. Tidak terdapat ruangan di dalam tubuh candi, namun di halaman candi, terdapat sepasang arca lembu dalam posisi duduk.

6. Candi Kalasan

gambar istimewa

Candi Kalasan terletak di Desa Kalibening, Tirtamani, Sleman, sekitar 16 kilometer ke arah timur Kota Jogja. Bangunan candi ini berdiri di atas alas berbentuk bujur sangkar yang membentuk selasar di sekelilingnya. Di setiap sisi, terdapat tangga naik yang dihiasi sepasang kepala naga di kakinya.

Bangunan candinya berbentuk persegi panjang yang terdiri atas ruang utama berbentuk bujur sangkar dan bilik yang menjorok ke luar. Candi Kalasan ini juga memiliki empat buah pintu di keempat sisinya.

7. Candi Sari

gambar istimewa

Sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Jogja yang terletak di sebuah candi bernama Candi Sari. Diperkirakan, candi ini dibangun pada abad ke-8, bersamaan dengan pembangunan Candi Kalasan.

Bangunan ini ditemukan dalam keadaan rusak berat, meskipun sudah dilakukan pemugaran, namun tetap belum berhasil mengembalikan keutuhan bangunan aslinya. Diperkirakan, candi ini aslinya berbentuk bangunan bertingkat yang digunakan untuk kepentingan keagamaan.

Jadi, itulah teman-teman destinasi wisata candi di Yogjakarta yang wajib kalian kunjungi saat liburan bersama keluarga, teman-teman kalian, atau siapa pun itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!