Atasi Ambeien dengan Temu Mangga

0
550

Channel E– Sekilas kalau kita lihat, temu mangga (Curcuma mangga Val. van Zip.) mirip dengan temulawak (Curcuma zanthorrhiza). Memang kedua tanaman obat tersebut termasuk ke dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Temu mangga (Curcuma mangga Val.van Zip.) merupakan famili Zingiberaceae dan tersebar dari Indo-China, Taiwan, Thailand, Pasifik, hingga Australia Utara.

gambar istimewa

Di berbagai daerah penyebutan temu mangga ini berbeda-beda, ada yang menyebutnya temu mangga, kunyit putih, kunir putih, temu bayangan, temu poh (Jawa), temu pao (Madura), temu putih (Melayu), koneng joho, koneng lalap, konneng pare, koneng bodas (Sunda), temu pauh (Malaysia), dan kha min khao (Thailand). Dinamakan temu mangga karena beraroma seperti mangga.

Disebut-sebut kaya antioksidan, apakah benar?

Profesor Dwiyati Pujimulyani, MP., peneliti di Jurusan Teknologi Pangan Universitas Mercu Buana, Yogyakarta, menyatakan bahwa temumangga mengandung senyawa kurkumin, kuersetin, katekin, epikatekin, dan epikatekin gelat. Semua kandungan itu bersifat antioksidan kuat. Lantaran wasir merupakan peradangan akibat oksidasi radikal bebas, maka zat antioksidan mampu menyembuhkannya.

Antioksidan dalam temu mangga memperbaiki jaringan yang meradang, sehingga pulih dari kerusakan dan berfungsi normal kembali. Profesor Dwiyati menyatakan bahwa oksidasi terjadi lantaran pertambahan usia dan pola hidup yang kurang sehat. Untuk mengatasi hal itu, perlu asupan makanan tinggi antioksidan dan memperbaiki pola hidup, terutama menerapkan pola makan yang sehat.

Sapto Waluyo, herbalis di kebun herbal Tanaman Sringanis kota Bogor, Jawa Barat, menjelaskan, temu mangga merupakan tanaman rimpang yang berkhasiat sebagai antiracun, penurun panas, penguat rahim, dan memperbaiki fungsi organ limpa yang mengontrol kinerja otot seluruh tubuh. Kondisi limpa yang baik akan mengoptimalkan kinerja otot tubuh. Tanaman ini juga dapat mengatasi wasir, yang terjadi salah satunya akibat melemahnya otot rektum atau anus.

Cara mengonsumsi temu mangga

Untuk mengonsumsi rimpang temu mangga, bersihkan dahulu baru dimakan. Rasanya sepat, tidak pahit, dan tidak beraroma menyengat. Konsumsi rimpang seukuran 1 ruas jari pada pagi atau sore hari. Tapi bagi yang tidak suka memakan temu mangga ini secara utuh, kini sudah banyak kok kapsul yang terbuat dari temu mangga.

Selain dengan temu mangga, Bapak Sapto menyebutkan bahwa daun wungu (Handeuleum Graptophyllum Pictum) juga dapat mengatasi wasir. Cara mengolahnya yaitu dengan memasukkan 5 lembar daun handeulum dalam 3-4 gelas air, lalu didihkan sampai airnya tinggal separuh. Konsumsi selagi hangat pada pagi dan sore hari. Menurutnya, pemicu wasir antara lain karena kurang serat, terlalu banyak makan pedas, dan sering menahan buang air besar.

Selain mengobati wasir, temu mangga juga mempunyai manfaat lain

Seperti temulawak, tanaman temu mangga juga dapat meningkatkan nafsu makan pada anak-anak. Biasanya ini dibuat dalam bentuk sirup temulawak. Selain itu, temu mangga dapat menghambat dan menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh tanpa merusak jaringan sel yang sehat, sebagai obat alami untuk melancarkan buang air besar (BAB), sapat meningkatkan gairah seksual pada pria atau meningkatkan libido, memiliki antioksidan, dan dapat menurunkan demam.

Jadi, tanaman temu mangga memiliki khasiat yang sangat bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menyembuhkan wasir dan lain-lain. Tetapi keberhasilan dalam penyembuhan tergantung pada diri masing-masing. Jika bijak dalam pemanfaatannya, maka hasil yang didapat pun dapat bermanfaat.

 

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!