Channel E – Surabaya, Kota Pahlawan ini sangat akrab dengan kisah heroik para pejuang kemerdekaan yang melegenda. Sejarah panjang perang kemerdekaan begitu bergelora di kota ini. Selain itu, ibukota Jawa Timur ini juga terkenal akan kulinernya yang maknyus. Rawon maupun petis jadi andalan kuliner Surabaya. Tak cuma sejarah dan kulinernya saja, ada juga tempat-tempat angker yang berada di Surabaya. Tempat-tempat angker ini diyakini jadi tempat tinggal makhluk halus. Sebagian takut, ada pula yang justru tertarik bertandang ke sana. Lebih-lebih saat malam hari. Hiii, kok pada berani ya.

1. Mister Tukul jalan-jalan pernah menyambangi Pintu Air Jagir yang terkenal angker.

gambar istimewa

Kru Mister Tukul jalan-jalan pernah menyambangi Pintu Air Jagir dan ternyata di tempat itu memang kental nuansa mistis. Mereka mengatakan ada buaya putih di sana dan sering meminta tumbal. Maka tak heran banyak korban yang meninggal di sana. Bangunan yang dibangun pada tahun 1912 ini memang cukup angker. Oh iya, tempat ini juga fotogenic banget. Cocok buat para fotografer mencari spot foto.

2. Suster gepeng suka berkeliaran di Delta Plaza Surabaya.

Delta Plaza Surabaya adalah bekas Rumah Sakit Simpang sejak zaman peperangan kemerdekaan. Konon ada kisah seram yang senantiasa mengiringi megahnya pusat perbelanjaan ini. Jadi, ketika masih menjadi rumah sakit ada suster yang terjepit lift dan akhirnya meninggal. Nah, hantu si suster gepeng karena terjepit inilah yang selama ini jadi mitos yang membayangi Delta Plaza ini.

3. Jembatan Merah Surabaya juga sering tercium aroma anyir darah. Duh ngeri juga ya.

gambar istimewa

Jembatan merah di Surabaya mempunyai kisah sejarah yang cukup panjang. Di jembatan inilah dulu, Brigjen AWS Mallaby tewas tertembak pejuang kemerdekaan. Tapi bukan itu kisah misterinya. Ketika malam hari, kadang tercium bau anyir darah yang bikin bergidik ngeri. Wah jangan jalan kaki di sana pas tengah malam ya.

4. Kampus UNAIR juga terdengar sering mengisahkan cerita-cerita seram. Konon ada pocong di kampus ini.

gambar istimewa

Di Fakultas Kedokteran ada berbagai kisah seram. Ruangan paduan suara adalah ruangan yang cukup angker, apalagi saat malam hari. Konon, ruangan paduan suara dihuni oleh hantu pocong. Beberapa mahasiswa bahkan pernah melihat sesosok bayangan putih seperti pocong bergentayangan di ruangan paduan suara. Jangan-jangan kalau malam ‘mereka’ pada nyanyi.

5. Gedung Grahadi yang jadi rumah dinas Gubernur Jawa Timur ini adalah peninggalan Belanda dan ada makhluk bergentayangan di sana

gambar istimewa

Gedung Grahadi adalah bangunan peninggalan Belanda yang dulunya jadi tempat peristirahatan para pejabat di Belanda. Mitosnya sih ada sesosok makhluk yang berjalan-jalan di lorong saat malam hari. Wajar sih ya namanya bangunan lama, dibangunnya saja sejak 1795. Bangunan lama seperti ini biasanya memang dihuni banyak makhluk astral.

6. Penjara Kalisosok jadi salah satu penjara paling angker di Indonesia. Kok bisa ya?

gambar istimewa

Penjara Kalisosok ini dibangun 1 September 1808 pada saat kepemimpinan Herman Willem Daendels. Saat itu tempat ini bukan hanya sekedar penjara untuk mengurung napi, tapi juga dijadikan sebagai tempat penyiksaan. Maka wajar kalau ada aura mistis di penjara ini. Sering terdengar suara merintih yang seakan kesakitan dari arah dalam penjara. Maka dari itu, warga juga takut jika lewat penjara ini.

7. Kampus ITS juga nggak bisa lepas dari kisah misteri. Konon ada mahasiswa yang bunuh diri di asrama karena tertekan skripsinya nggak jadi-jadi

gambar istimewa

Tak terlalu berbeda dengan Kampus UNAIR (ya wajarlah kampus ada kisah misterinya), Kampus ITS juga punya kisah yang bikin bergidik ngeri. Selain ada mahasiswa bunuh diri karena skripsi, ada pula cerita penampakan kuntilanak di kampus ini. Buat mahasiswa ITS.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!