Channel E – Setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah, teman-teman pasti disuruh untuk sarapan terlebih dulu dan tidak melewatkan sarapan yang sudah disiapkan.

Sarapan adalah makan di pagi hari sebagai sumber energi untuk kegiatan sehari-hari. Sebagian besar teman-teman akan sarapan sebagai kebiasaan. Namun ada juga teman-teman yang sering melewatkan sarapan. Ada beberapa hal yang menyebabkan kita melewatkan sarapan, misalnya terlambat bangun dan tidak merasa lapar saat pagi.

Lantas, apakah melewatkan sarapan bisa berbahaya bagi tubuh? Simak artikel mengenai pentingnya sarapan ini, yuk!

1. Pentingnya Sarapan

gambar istimewa

Ternyata sarapan memang penting. Sebab, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan melalui sarapan. Berikut berbagai manfaat sarapan yang sayang dilewatkan;

2. Memberi Energi dalam Beraktivitas

gambar isttimewa

Sarapan membantu memberikan energi untuk menjalani aktivitas Teman-teman dengan baik. Sarapan adalah sumber energi kita dalam menjalani aktivitas. Melewatkan sarapan akan meningkatkan risiko lemas seharian karena kekurangan energi.

3. Mencegah Diabetes dan Kolesterol

gambar istimewa

Pada pagi hari, hormon insulin yang bertugas memecah gula di saluran cerna sudah siap. Gula akan dipecah menjadi energi untuk beraktivitas.

Jika melewatkan waktu sarapan, lama kelamaan hormon insulin tidak akan diproduksi lagi. Nah, hormon insulin yang tidak diproduksi maksimal ini bisa menyebabkan beberapa penyakit, seperti diabetes dan kolesterol.

4. Menurunkan Risiko Kesehatan

gambar istimewa

Sarapan bisa mencegah teman-teman menderita penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, seperti naiknya asam lambung. Penyakit yang berkaitan dengan gula juga dapat diturunkan dengan memakan sarapan yang sehat dan kaya gizi.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

gambar istimewa

Sarapan adalah sumber energi. Sementara itu, otak membutuh sekitar 20 hingga 30 persen energi untuk berpikir. Jika kekurangan energi, selain tubuh merasa lemas, otak pun tidak bisa berpikir maksimal.

6. Apakah Bahaya Melewatkan Waktu Sarapan?

gambar istimewa

Walaupun sarapan memiliki banyak keuntungan bagi tubuh kita, tapi sesekali melewatkan sarapan tidak serta merta berdampak buruk, kok. Sebab, setiap orang memiliki laju metabolisme sendiri-sendiri. Laju metabolisme adalah percepatan tubuh dalam mengolah makanan menjadi energi.

Sesekali melewatkan sarapan sebenarnya tidak menimbulkan masalah kesehatan jika memang teman-teman bangun di pagi hari tanpa rasa lapar dan tanpa penyakit pencernaan bawaan, Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mendengarkan isyarat tubuh. Jika memang merasa lapar, kita memang harus mengisi tubuh dengan sarapan bergizi.

Jika teman-teman masih merasa kenyang, tak ada salahnya melewatkan sarapan. Namun, jangan melewatkan sarapan hampir setiap hari, ya. Agar mendapat manfaat maksimal dari sarapan, sebaiknya menghindari sarapan dengan makanan yang terlalu manis.

Hindari makanan kemasan seperti biskuit atau snack bar yang dikemas dengan gula, karena makanan tersebut cenderung menyebabkan penurunan energi dan meningkatkan nafsu makan. Sarapan yang baik dan sehat adalah yang mengandung gizi seimbang, dari karbohidrat, lemak, protein, serat, dan vitamin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!