31.3 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Channel E– Salah satu tanaman apotik hidup yang berguna sebagai suplemen dan obat bagi beragam penyakit adalah daun binahong. Jenis tanaman ini berasal dari Tiongkok dengan nama Dhen San Chi. Di antara penyakit yang bisa diobati seperti hipertensi, asam urat, tipes, kolesterol tinggi, nyeri sendi, pegal linu, dan penyakit diabetes.

gambar istimewa

Selain itu daun binahong juga bisa menjadi anti septik alami untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes, luka bekas operasi atau luka bakar. Studi lain juga menyebutkan bahwa ekstrak daun ini dapat meningkatkan fungsi ginjal tikus yang mengalami gagal ginjal.

Dalam catatan dari Journal of Applied Pharmaceutical Science tahun 2018 menemukan potensi manfaat daun binahong sebagai salah satu pengobatan penyakit TBC di masa depan. Hasil penelitian mengemukakan bahwa dua senyawa aktif dalam ekstrak binahong (ursolic acid dan oleanolic acid) dapat meningkatkan efek obat TBC generik untuk melawan perkembangan bakteri penyebab TBC yang khususnya resisten terhadap antibiotik.

Khasiat-khasiat tersebut ditunjang oleh beragam nutrisi seperti kalsium, vitamin C, vitamin A, dan zat besi. Selain itu, daun ini juga memiliki protein yang cukup tinggi, yaitu potasium. lutein, fosfor, dan beta karoten yang berperan penting untuk kesehatan.

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Dari kandungan nutrisi tersebut ada beragam manfaat daun binahong yang bisa menunjang kesehatan dan kecantikan.

Mencegah Diabetes

Manfaat daun binahong yang pertama adala untuk mencegah perkembangan diabetes. Manfaat tersebut dapat diraih dengan merebusnya. Tradisi ini sudah turun-menurun digunakan sebagai obat diabetes di masyarakat. Penelitian mendukung manfaat daun binahong yang satu ini dengan memperlihatkan kemampuannya dalam menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Khasiat ini cukup manjur karena ada kandungan flavonoid, steroid, dan kumarin dalam daun binahong menjadi pemeran utama dalam khasiat ini. Proses kerjanya adalah dengan menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus serta meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin.

Menanggulangi Penyakit Hipertensi dan Mencegah Serangan

Jantung Kandungan dalam ekstrak daun binahong juga memiliki efek menurunkan denyut jantung dan memperbanyak produksi urine. Kedua efek ini sama seperti efek obat hipertensi penghambat beta dan diuretik. Oleh karena itu, ekstrak daun binahong diduga bisa bermanfaat untuk penderita hipertensi.

Manfaat daun binahong tersebut dapat membuat kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah menjadi turun. Gabungan efek antihipertensi dan penurun kolesterol ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, misalnya gagal jantung atau serangan jantung.

Mengobati Asam Urat

Selanjutnya, manfaat daun binahong yakni dapat menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat. Itu karena, pada daun binahong terdapat kandungan flavonoid.

Menyembuhkan Luka Bakar

Manfaat daun binahong dalam mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka bakar, diduga berasal dari kandungan flavonoid, saponin dan taninnya. Saponin dapat berperan sebagai antiseptik, sehingga dapat mencegah infeksi bakteri yang dapat memperlambat penyembuhan luka. Selain itu, senyawa ini juga dapat mempercepat pembentukan kolagen. Dalam khasiat ini sudah terbukti untuk menghentikan produksi nanah, dan menghentikan pendarahan ringan, sehingga luka jadi lebih cepat menutup.

Mengobati Jerawat

Manfaat daun binahong bagi kulit adalah untuk mengatasi jerawat. Penyebabnya daun binahong mampu mengurangi produksi minyak dan mengecilkan pori-pori wajah. Dengan begitu, jerawat bisa dicegah dan diatasi. Untuk mengobati jerawat, gunakan daun binahong.

Untuk mendapatkan khasiat ini harus diolah dengan cara ditumbuk dan kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah seperti masker. Tunggu selama 10 menit dan bilas sampai bersih. Anda juga bisa merebus delapan lembar daun binahong, kemudian minum air rebusannya secara rutin setiap hari sampai kondisi jerawat mereda. Demikian lima manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan. Meski demikian masih perlu konsultasi dokter agar bisa mendapat manfaat daun binahong bagi kesehatan tubuh.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles