Home Teknologi Inilah! Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan pada Touchscreen

Inilah! Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan pada Touchscreen

0
Inilah! Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan pada Touchscreen
<center>gambar istimewa</center>

Teknologi yang semakin maju hampir semua pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Seperti, komunikasi dengan adanya teknologi diciptakanlah telepon, kemudian semakin berkembang nya teknologi muncullah handphone. Namun, handphone lama kurang efisien karena ukuran yang besar dengan antena panjang membuat para pengguna kesulitan untuk di bawa kemana-mana  dengan seiring berjalannya waktu, teknologi terus berkembang dan berinovasi ukuran handphone pun semakin kecil, semakin tipis, dengan antena yang tidak terlihat lagi, sehingga mudah di bawa kemana-mana.

Handphone pun bisa di masukan ke dalam kantong celana, atau saku. Dulu untuk mengetik pesan saja masih menggunakan keypad, tapi seiring berkembangnya teknologi keypad sudah tergantikan dengan cara layar sentuh.

Touchscreen atau layar sentuh merupakan perangkat input komputer yang bekerja berdasarkan sentuhan tampilan pada layar dengan menggunakan jari atau pena digital. Pemakai atau pengguna  dapat mengoperasikan komputer atau smartphone dengan menyentuh gambar ataupun tulisan yang ada di layar. Teknologi touchscreen sendiri banyak digunakan di berbagai alat komunikasi seperti tablet, handphone, laptop, dan lain-lain.

Sejarah Touchscreen

gambar istimewa

Touch Sensor pertama kali dikembangkan oleh Doktor Sam Hurts pada tahun 1971, ia seorang instruktur di University of Kentucky.

Di tahun 1971 Touch Sensor pertama kali dikembangkan oleh Doktor Sam Hurts, dia seorang instruktur di Universiti of Kentucky. Sensor tersebut dinamakan Elograph dan dipatenkan oleh University of Kentucky Research Foundation. Elograph sendiri bentuknya tidak seperti touchscreen sekarang yang transparan. Bahkan, Elograph menjadi sejarah dalam teknologi touchscreen.

Pada tahun 1974 Doktor Sam Hurst dan Elographics touchscreen paling pertama kali yang sudah dilengkapi  dengan permukaan yang transparan. Lalu, di tahun 1977 Elographics mulai dipatenkan dan dikembangkan dengan teknologi lima kawat resistif. Touchscreen memiliki kelebihan dan kekurangan pada touchscreen loh!

Penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan pada touchscreen? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini ya teman-teman.

Kelebihan Touchscreen

Tampilan layar lebih besar

Pada umumnya, smartphone maupun tablet memiliki ukuran yang kecil karena harus berbagi tempat dengan keypad. Namun, adanya teknologi touchscreen keypad sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga tampilan layar pun lebih besar atau lebih luas.

Dengan tampilan layar yang lebih luas tentunya dapat mempermudah kita mengetik pesan, nonton video, ataupun melakukan aktivitas lainnya.  Layar yang lebih luas juga membuat kita lebih merasa nyaman dan mata kita pun tidak mudah lelah.

Penampilan atau design yang menarik

Penampilan atau design pada handphone maupun tablet yang menggunakan layar sentuh memiliki penampilan yang sangat menarik. Baik dari bentuk, pemilihan bahan, motif serta pemilihan warna yang cocok.  Mak dari itu, tidak heran teknologi touchscreen sekarang banyak yang  memikat.

Kekurangan Touchscreen

Layar yang kurang sensitive

Saat kita menggunakan touchscreen tidak jarang menemukan kendala seperti lambatnya respon dari monitor, bahkan tidak mendapatkan respon sama sekali. Hal ini, tentunya sangat mengganggu disaat kita menggunakannya.

Baterai cepat boros

Tablet maupun handphone yang menggunakan layar sentuh tentu saja memiliki ukuran layar yang luas sehingga bisa mengakibatkan baterai cepat boros.

Ukuran tombol yang terlalu kecil

Pada umumnya, ukuran huruf di tablet maupun handphone yang menggunakan teknologi touchscreen relative kecil. Tidak jarang orang susah untuk menggunakannya terutama pada orang yang memiliki ukuran jari yang besar.

Biaya service yang cukup mahal

Layar sentuh untuk perbaikan atau service memerlukan biaya yang sangat mahal. Maka dari itu , berhati-hatilah ketika kamu menggunakannya jangan sampai jatuh ataupun tergores. Dan, beri perawatan khusus seperti membersihkan layar menggunakan tisu atau kain lembut karena layar sentuh sangatlah sensitive. Apabila tergores atau terjadi kerusakan biaya untuk memperbaikinya sangatlah mahal dikarenakan bahan-bahannya mahal.

Nah, itulah sejarah teknologi touchscreen, kelebihan dan kekurangan dari layar sentuh. Maka, rawatlah handphone, tablet, dan lain lain yang menggunakan layar sentuh karena biaya service sangatlah mahal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here