Kalian tahu nggak si kalau pemerintah memutuskan siaran TV Analog diberhentikan dan beralih ke TV Digital. Nah, migrasi ini akan dimulai secara bertahap mulai April 2022. Pada awalnya, tahap pertama penghentian siaran TV analog ataupun analog switch off (ASO) akan dijadwalkan pada 17 Agustus 2021. Namun, keputusan pemerintah itu ditunda karena ada beberapa alasan.

Penghentian penggunaan TV Digital ini direncanakan akan melalui tiga tahap. Penghentian ini dimulai pada tahap pertama bulan April 2022, tahap dua di Agustus 2022, dan tahap tiga pada November 2022.

Dari sisi kualitas dan fiturnya, Tv Analog dan Tv Digital memiliki sejumlah perbedaan. Setidaknya terdapat empat perbedaan mendasar pada perubahan tersebut.

Penasaran apa saja perbedaan yang mendasar pada perubahannya? Yuk, simak penjelasan di artikel ini.

gambar istimewa

1. Perbedaan TV Analog vs TV Digital

Kualitas gambar

Kualitas gambar pada TV Digital jelas mengungguli Tv Analog. Gambar pada TV digital lebih jernih karena memiliki bandwith yang luas sehingga tontonan akan lebih menarik.

TV digital juga didukung dengan format siaran 16:9 yang memberikan kualitas gambar yang tinggi mulai dari High Definition (HD) hingga 4K.

Sinyal

Sinyal Tv Analog umumnya terbatas pada sinyal antena UHF. Siaran dari tangkapan sinyal ini cenderung kurang begitu baik, seperti suara yang kurang jelas, gangguan pada gambar dan lainnya.

Sedangkan Tv digital dibuat untuk dapat memproses sinyal digital maupun analog. Sehingga kualitas tayangan diperkirakan juga semakin baik.

Jenis Televisi

Televisi Analog umumnya memiliki bentuk yang cukup besar, meskipun saat ini beberapa telah menggunakan televisi yang berbentuk tipis atau layar liquid-crystal display (LCD).

Pada televisi analog, perangkat yang sedikit gendut itu tidak lagi digunakan. Televisi digital memiliki desain yang ramping dan tipis. Di televisi ini juga sudah menggunakan teknologi LCD atau light-emiiting diode (LED).

Fitur

TV digital memiliki layanan interaktif dan jadwal acara yang telah dan akan ditayangkan (Electronic Program Guide). Ini menjadi pembeda utama keduanya.

Kelebihan dan Kekurangan TV Digital

2. Kelebihan dari siaran TV Digital

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari siaran tV digital:

  1. Kualitas sinyal siaran yang lebih stabil dan tahan terhadap gangguan.
  2. Kualitas gambar yang ditampilakn lebih jernih
  3. Mendukung siaran dengan resolusi gambar HD, Ful HD dan UHD 4K.
  4. Kemampuan penyiaran multichannel dan multiprogram dengan pilihan saluran tv yang lebih banyak.
  5. Kemampuan transmisi audio dan videoyang lebih baik.
  6. Dapat ditonton hanya dengan menggunakan tambhan antena UHF biasa.
  7. Untuk menikmati siaran digital tidak perlu berlangganan.
  8. Pada siaran televisi digital tidak perlu berada dekat dengan pemancar untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik.

3. Kekurangan TV Digital

Dari banyaknya kelebihan dari tv digital ternyata juga ada kekurangannya. Berikut ini bebrapa kekurangan dari siaran tv digital:

  1. Untuk perpindahan dari channel satu ke channel lainnya membutuhkan waktu yang agak lama, sekitar 3 sampai 4 detik.
  2. Jika tidak mendapatkan sinyal, maka yang akan tampil pada tv hanya gambar pemandangan (tergantung STB yang di gunakan).
  3. Tidak semua stasiun tv menyediakan siaran digital. Hal tersebut menjadikan jangkauan siaran digital pada setiap daerah akan mengalami perbedaan jumlah channel yang bisa di tonton.
  4. Harga alat siaran digital (STB / Set Top Box) yang agak mahal, berkisar 200rb hingga 500rb.
  5. Bagi sebagain orang awam kemungkinan akan kesulitan untuk installasi STB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!