Hewan tidak selalu bernapas menggunakan paru-paru. Ada hewan yang punya alat pernapasan lain, misalnya ikan yang bernapas menggunakan insang. Tahukah teman-teman meskipun insang identik dengan alat pernapasan ikan?

Tapi, beberapa hewan yang bukan tergolong ikan juga menggunakan insang sebagai alat bernapasnya. Lalu, kira-kira apa saja hewan-hewan tersebut? Agar tidak penasaran lagi, cari tahu dari informasi berikut ini, yuk!

1. Kepiting

gambar istimewa

Ternyata kepiting juga melakukan sistem pernapasan melalui insang. Letak insangnya sendiri berada di sisi kanan dan sisi kiri tubuhnya. Tepatnya di sisi-sisi kaki mereka. Lalu, bagaimana cara kerja insang pada kepiting? Ketika air laut masuk melalu insang di sisi kanan dan kiri, insang kepiting tentu akan menjadi lembap.

Kandungan oksigen di air segera diproses oleh tubuh kepiting dan diedarkan ke seluruh tubuh. Meskipun Kepiting naik ke darat, kepiting tetap bisa bernapas karena kelembapan insangnya tetap terjaga.

Jadi, kepiting tidak akan kehabisan napas seperti ikan jika diangkat ke darat.

2. Kuda laut

gambar istimewa

Meskipun terlihat bukan seperti ikan karena mempunyai bentuk tubuh yang unik. Namun, sebenarnya kuda laut tetaplah ikan karena organ yang dipunyai adalah organ ikan. Oleh karena itu, kuda laut tetap bernapas dengan insang. Kuda laut juga mempunyai sirip dan gelembung renang untuk membantunya berenang di dalam laut.

3. Udang

gambar istimewa

Udang juga jadi salah satu hewan bukan ikan yang bernapas melalui insang. Hewan ini juga mempunyai sistem peredaran darah terbuka, yaitu peredaran darahnya tidak selalu di dalam pembuluh darah.

Lalu, bagaimana udang menyalurkan oksigennya? Setelah udang mengalirkan air yang mengandung oksigen ke pembuluh insangnya.

Oksigen tersebut akan dialirkan melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh. Sedangkan, karbon dioksida akan dikeluarkan secara menyebar tapi berlawanan arah dengan oksigen.

4. Katak

gambar istimewa

Teman-teman tentu sudah tahu kalau katak bukanlah jenis ikan. Selain itu, katak bisa bernapas dengan paru-paru maupun kulitnya.

Hewan yang bernapas menggunakan dua organ tersebut dinamakan hewan amfibi. Karena itu, katak bisa hidup di darat dan di air.

Bahkan ketika mereka masih berupa katak berudu, mereka akan bernapas menggunakan insang. Insang pada berudu, berupa insang yang halus dan banyak mengandung pembuluh darah.

Setelah semakin besar, insang berudu katak akan berubah menjadi insang luar (berada di luar tubuh). Seiring bertambahnya usia. Fungsi insang tersebut akan berkurang dan lama-kelamaan tidak akan berfungsi lagi. Dan, katak pun akan bernapas menggunakan paru-paru dan kulitnya.

5. Gurita

gambar istimewa

Selain keempat hewan tersebut, gurita juga jadi hewan laut bukan ikan yang bernapas dengan insang. Gurita yang termasuk hewan moluska (hewan bertubuh lunak) dan ahli menyamarkan diri ini, mempunyai insang yang letaknya ada di belakang kepala mereka.

Selain itu, gurita juga mempunyai organ yang bernama siphon. Fungsinya untuk mengambil air yang kaya akan kandungan oksigen dan mengeluarkan air yang mengandung karbon dioksida.

Nah, itulah kelima hewan yang bernapas menggunakan insang. Mulai dari kepiting sampai gurita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!