Untuk mencapai tujuan besar, motivasi diri memainkan peran penting. Akan tetapi, seiring waktu, semangatmu mungkin berkurang dan tekadmu untuk mencapai tujuan mungkin tidak lagi sama seperti di awal. Inilah penting nya menjadi orang self-motivated

Jika berbicara tentang self-motivation atau motivasi diri, yang dimaksud adalah kemampuan untuk menindaklanjuti membuat perubahan positif dalam hidup tanpa menyerah. Cara menjadi orang yang self-motivated akan memberikan alat untuk mengatasi penurunan, mengembangkan ketangguhan mental, meningkatkan fokus pada tujuan, dan membuat kamu tetap di jalur yang stabil menuju kesuksesan.

Yuk, simak pembahasan kita hari ini tentang strategi yang bisa kita lakukan untuk menjadi self-motivated

1. Sederhanakan tujuan

gambar istimewa

Menciptakan lingkungan yang sederhana dalam hal motivasi diri akan menjauhkan kamu dari gangguan yang akan membuat kamu merasa kewalahan, terutama selama masa perubahan. Kesederhanaan memungkinkan ruang di kepala dan hati untuk menjadi kreatif dan tumbuh melalui tantangan tersendiri bagi kalian..

Daripada terobsesi mengejar banyak tujuan sekaligus tapi tidak fokus mengejarnya. maka, buatlah area tujuan yang bikin kamu fokus mengejarnya. Area fokus ini bukan hanya akan membantu menyederhanakan hidup, tetapi juga memungkinkan kamu mengarahkan semua bakat untuk menuju tujuan terpenting.

2. Menata Ekspetasi

gambar istimewa

Ketika kamu tidak melihat kemajuan secepat sama apa yang kamu harapkan atau mengalami hambatan dalam rencana, maka ada kemungkinan kamu akan mulai merasakan yang dinamakan frustasi. Perasaan frustrasi itu sendiri merupakan langkah pertama menuju menyerah. Saat rintangan menumpuk, frustrasi menjadi keputusaan, dan kamu mungkin mulai mengatakan pada diri sendiri bahwa yang menjadi tujuanmu tidak mungkin digapai.

Otak akan terus menghitung apakah usaha yang kamu lakukan sepadan dengan tujuan yang hendak kamu capai atau tidak. Tugasmu untuk menjaga motivasi adalah menemukan cara untuk mengelola stres dan gejolak emosional dari penurunan yang tak terhindarkan. Caranya adalah dengan percaya pada diri sendiri dan pada kemampuanmu.

Baca Juga :  Tips and Trick Cara Mengelola Uang THR Agar Tidak Cepat Habis

3. Selalu lihat sesuatu yang baik dalam setiap hal

gambar istimewa

Saat menghadapi tantangan, kamu tentunya ingin terbiasa menemukan sesuatu yang positif di sana. Bisa menemukan hal baik dalam setiap tantangan penting untuk membangun kekuatan mental.

Selalu mencoba menemukan hal baik dalam berbagai kesempatan bukanlah sesuatu yang instan dan membutuhkan banyak latihan. Semakin banyak kamu belajar, semakin percaya diri kamu dalam memulai setiap tugas.

4. Berlatih bersyukur

gambar istimewah

Saat mengejar tujuan besar mempermudah untuk melihat kekuranganmu, dan kehilangan pengakuan atas pencapaianmu di sepanjang jalan. Sikap negatif ini dapat membunuh motivasi diri. Jadi, belajarlah untuk selalu ingat dan mensyukuri hal-hal yang telah kamu capai sejauh ini.

Latih rasa syukur dengan mencatat apa yang telah terjadi yang berhasil, dan perhatikan perubahan positif, sekecil apa pun itu. Rasa syukur dapat membantu kamu merasa bangga dengan kemajuan yang telah kamu capai sekaligus mengajari kamu cara terbaik untuk maju.

5. Kelilingi diri dengan orang-orang yang mendukung

gambar istimewah

Untuk menjadi orang yang self-motivated, kamu juga perlu mengelilingi diri dengan orang-orang yang bisa mendukung atau memotivasi dirimu. Mendapatkan dukungan dari orang-orang di sekitar kita akan lebih baik daripada mereka yang melakukannya sendiri.

Kita harus memiliki orang-orang yang dapat mendukung kita untuk tetap positif. Saat mengejar tujuan, memiliki orang-orang yang positif dapat membantu kamu membingkai ulang, mengarahkan ulang, dan memfokuskan ulang saat keadaan menjadi sulit. Di sisi lain, berada di lingkungan yang menjatuhkan memicu tekanan psikologis dan fisik yang menggagalkan proses.

 

So, ingatlah bahwa berubah menjadi lebih baik tidak terjadi dalam sekejap. Begitu pula untuk menjadi orang yang self-motivated, tidak bisa didapatkan secara instan. Ketika kamu mulai merasakan penurunan motivasi diri, datangi teman dan dapatkan bimbingan dari orang-orang bijak di sekitarmu dan tetap positif.

Baca Juga :  Tips Ampuh Cara Merawat Ban Mobil Agar Aman Saat Berkendara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here